Panduan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018

Panduan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018. Pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi mengenai Peringatan Hari Kesehatan nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2018. Informasi yang kami bagikan ini berdasakan Buku panduan Peringatan HKN Ke-54 Tahun 2018 yang telah dibagikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Anda juga dapat mengunduh file yang berbentuk pdf tersebut pada link download yang sudah kami sediakan pada artikel ini. Segala hal yang berkaitan dengan peringatan HKN Tahun 2018 ini juga akan kami sertakan dalam artikel ini. 


Berikut ini merupakan isi dari Cuplikan Buku Panduan Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 tahun 2018:

Sambutan Menteri Kesehatan RI 
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenan-Nya kepada Bangsa Indonesia untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 pada tahun 2018.
Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Tema yang diangkat adalah“Aku Cinta Sehat”, dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”
Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 
Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). 
Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat dibutuhkan baik di pusat maupun daerah.
Saya mengharapkan kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan programprogram kesehatan guna mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran Pemerintah pusat dan daerah.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkati dan melindungi upaya kita dalam mewujudkan Bangsa Indonesia yang sehat-sejahtera.
Salam Sehat, Sehat Indonesia !


Tujuan dan Sasaran
Tujuan:
Momentum Hari Kesehatan ke-54 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. 
Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatanMasyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya. 

Sasaran
•  Pemerintah pusat dan daerah
•  Petugas kesehatan
•  Organisasi Masyarakat dan Profesi
•  Dunia Usaha
•  Media Massa
•  Masyarakat Umum

Tema dan Subtema: 
Tema: Aku Cinta Sehat
SubTema: Ayo Hidup Sehat, Mulai dari kita

RANGKAIAN KEGIATAN HKN DI DAERAH

A. Kegiatan HKN di daerah yang serentak dilakukaan bersama dengan tingkat pusat:
Upacara dan Tabur Bunga
Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 12 Nopember, serentak di Pusat dan daerah. Kegiatan upacara di tingkat Nasional akan diselenggarakan di Kantor Kementerian Kesehatan dengan peserta semua jajaran kesehatan, institusi Pendidikan kesehatan, organisasi profesi dan juga undangan lainnya. 
Inspektur upacara adalah Menteri Kesehatan. Sedangkan di daerah dengan peserta seperti di pusat, dengan inspektur upacara Gubernur/Bupati/Walikota. Pada saat upacara akan diberikan penghargaan masa bakti bagi pegawai jajaran kesehatan dan juga pemberian hadiah lomba-lomba yang diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional.
Tabur Bunga merupakan kegiatan dalam rangka menghormati para pahlawan kesehatan yang telah meninggal, dengan acara mengunjungi taman makam pahlawan atau pemakaman orang-orang berjasa di bidang kesehatan, diantaranya: 
Dr. J.Leimena, Dr. Moh. Alie Lie Kiat Teng, Dr. Suwardjono Surjaningrat, Prof. Dr. dr. Sujudi, Dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, dr. H. Asri Ainun, Prof. Dr. Gerrit A. Siwabessy, Dr. Surono dan Dr. Hidajat. Tabur bunga dilaksanakan di dua lokasi yaitu TMP Kalibata, Jakarta Selatan dan SanDiego Hill, Karawang. Acara diawali dengan sambutan pimpinan upacara, dilanjutkan doa dan diakhiri tabur bunga.
1. Upacara Peringatan HKN ke 54 pada hari Senin, 12 Nov 2018
2. Gerakan pasar tradisional sehat pada tanggal 19 Oktober 2018 dengan kegiatan:
Melakukan gerakan kebersihan di pasar tradisional, senam bersama, deteksi dini Peyakit Tidak Menular, Penyakit Menular (Hepatitis) dan Kesehatan Jiwa.

B. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh daerah sesuai dengan kondisi masing-masing yaitu :
1. Kegiatan forum ilmiah
2. Kegiatan dalam acara puncak
3. Kegiatan pengabdian masyarakat
4. Kegiatan pameran
5. Kegiatan olahraga dan lomba
6. Upacara dan tabur bunga
7. Publikasi dan penghargaan
C. Kegiatan spesifik lokal yang mengacu pada tema dan sub tema HKN ke-54

Demikian tadi beberapa cuplikan isi dari Buku Panduan Peringatan Hari Kesehatan Naisonal, Untuk mengetahui isi lebih lengkapnya dan informasi lebih detail lagi, Anda bisa langsung mengunduhnya pada link download yang sudah kami sediakan di bawah ini: 

Link Download: 
Panduan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018 Panduan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 23:26:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.