Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 ini tidak terasa sudah semakin dekat. Tepat pada tanggal 28 Oktober 2018 nanti, seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 dimana untuk memperingatinya sebelum dan sesudah hari tersebut akan digelar beberapa lomba dan juga akan diadakan juga Upacara peringatan. Dikarenakan pada tanggal 28 Oktober 2018 nanti bertepatan pada hari Minggu, berarti upacara bendera peringatan hari sumpah pemuda ke 90 akan dilaksanakan pada hari seninnya. Selain itu, beberapa instansi diseluruh Indonesia nantinya juga akan memasang spanduk, banner dan juga baliho untuk menyemarakkan hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2018 ini, maka dari itu tema dan logo HSP ke-90 tahun 2018 ini akan kami bahas pada artikel ini. 
desain logo dan tema HSP ke-90

Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 Tahun 2018. Tahun 2018 ini Indonesia menjadi tua rumah pergelaran pesta olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Maka dari itu, Logo yang diambil untuk HSP ke-90 Tahun 2018 ini memiliki kemiripan dengan logo Asian Games dan juga Asian Para Games. Adapun Tema yang diusung untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 adalah " Bangun Pemuda Satukan Bangsa".

Beberapa penjelasan mengenai logo Hari Sumpah Pemuda (SHP) ke-90 Tahun 2018:
  1.  Perbedaan digambarkan dengan 4 warna dasar (merah, biru, hijau dan kuning) yang jika keempatnya harmoni menjadi satu akan menghasilkan warna Putih (damai, suci).
  2. Warna yang lembut atau lebih muda adalah simbol perekat yang tentu saja bermakna bahwa perbedaan harus bisa direkatkan dengan cara2 yang lemah lembut.
  3. Warna putih di tengah dengan kepalan tangan bermakna bahwa dengan kerja keras dan kerja nyata kita akan bisa bersatu dan harmoni (putih/damai/suci) dalam keberagaman.
  4. Lingkaran pada sisi luarnya membentuk lingkaran tidak utuh mengandung makna dan simbol pengakuan kita bahwa selalu saja ada kekurangan pada diri setiap manusia. Dan kita yakin bahwa kesempurnaan sesungguhnya hanya milik Sang Pencipta.
  5. Angka 9 di ambilkan dari setiap patahan luar . Dan angka 0 di ambilkan dari lingkaran tengah yang terdapat pada logo. Kemudian diberi tulisan “Tahun” pada lingkaran sebagai Identitas Usia.


Makna Logo: 
Kita mengakui dan menerima perbedaan, kita sekaligus juga punya keyakinan bahwa akan selalu ada yang merekatkan kita, walaupun tidak selalu utuh dan sempurna karena kesempurnaan hanya milik Sang Pencipta

Perlu diingat oleh para kaum muda di seluruh Indonesia bahwa dalam peringatan hari sumpah pemuda terdapat tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi  muda  untuk  memenangi  “pertarungan”  masa  depan  sekaligus  dalam mewujudkan mimpi Indonesia. Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas  integritas  yang  tinggi,  Kedua,  kapasitas  keahlian  dan  intelektual  yang cukup mumpuni, Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional. 

Gagasan ini untuk mengimplementasikan komitmen ini berpedoman pada nilainilai  nasionalisme  dan  kebangsaan  melalui  sebuah  manifestasi  sikap  pemuda Indonesia untuk mengisi serta menjawab berbagai peluang dan tantangan bangsa Indonesia  saat  ini  dan  yang  akan  datang.  Pada  perspektif  yang  sama,  UndangUndang juga menggaris bawahi peran pemerintah/masyarakat dalam pelayanan kepemudaan  untukmenciptakan  Pemuda  yang  maju,  berkarakter,  berkapasitas dan berdaya saing.

Itulah Tadi berapa penjelasan singkat mengenai Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018 ini. Semoga file yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna bagi masyarakat indonesia. Anda dapat mengunduh file Logo yang berupa psd, pdf dan lain sebagainya pada link download yang sudah kami sediakan di bawah ini, Sekian Terimakasih. 

Link Download: 
Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 01:45:00 Rating: 5

2 comments:

  1. gmn cara download spanduknya Gan

    ReplyDelete
  2. didownload kenapa tidak bisa? bagaimana caranya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.