Petunjuk Pendaftaran CPNS 2018 melalui SSCN

Petunjuk Pendaftaran CPNS 2018 melalui SSCN. Berkaitan dengan dibukanya pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Tahun 2018 yang pendaftarannya secara online melalui portal sscn.bkn.go.id maka dari itu kami turut membagikan informasi mengenai tatacara dan panduan proses pendaftaran CPNS 2018. Informasi yang telah kami bagikan ini berdasarkan pada Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) Tahun 2018 yang telah resmi dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada bulan September tahun 2018. 


Dalam Buku Petunjuk Pendaftar SSCN Tahun 2018 tersebut telah dijelaskan detail mengenai Alur pendaftaran CPNS 2018, mekanisme pendaftaran di SSCN 2018, Hal-hal yang harus disiapkan untuk proses mendaftar di SSCN hingga tatacara pendaftaran online CPNS melalui portal SSCN 2018. Berikut ini kami juga akan tampilkan sedikit cuplikan informasi mengenai petunjuk pendaftaran online CPNS 2018 dalam buku yang dikeluarkan BKN tersebut. 


I. ALUR PENDFATARAN CPNS 2018
1. Calon pendaftar membuka laman https://sscn.bkn.go.id 
2. Membuat Akun SSCN 2018. Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS 2018 melalui portal SSCN. Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Registrasi. Pelamar mengisikan: NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga. Pelamar mengisikan alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan dan Pelamar mengunggah pas photo dengan ukuran minimal 120 kb maksimal 200 kb dengan format JPG, JPEG dan setelah itu Pelamar mencetak KARTU INFORMASI AKUN SSCN 2018

3. Setelah memiliki akun di SSCN, pelamar Login ke portal SSCN menggunakan NIK dan PASSWORD yang telah didaftarkan.

4. Pelamar Mengunggah foto diri pemegang KTP dan Kartu. Informasi akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran Pelamar melengkapi Biodata. Pelamar memilih Instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan (pelamar hanya dapat memilih 1 jabatan pada 1 formasi dan satu instansi). Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia. Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi. Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form Resume dan Pelamar cetak KARTU PENDAFTARAN SSCN 2018

II. HAL-HAL YANG HARUS DISIAPKAN
Sebelum mendaftara ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari:
1. Kartu Keluarga (KK)
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas Foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan Instansi yang akan dilamar

II. TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2018
Gambaran Umum proses pendaftaran di SSCN adalah sebagai berikut:


1. Buat Akun di portal https://sscn.bkn.go.id (seperti yang sudah dijelaskan di atas)
2. Login ke https://sscn.bkn.go.id Gunakan NIK dan Password yang ditelah didaftarkan
3. Upload Foto Selfie. Upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya
4. Lengkapi Biodata. Isi biodata dengan lengkap dan sesuai
5. Pilih Instansi, jenis informasi dan jabatan. Pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan
6. Cek Resume. Pastikan bahwa data telah terisi semua dengan benar dan Pastikan instansi, formasi dan jabatan yang diplih sudah benar.
7. Kirim Data. Klik Simpan data yang telah dicek di Resume dan pastikan bahwa data tersebut terisi dengan lengkap dan benar.
8. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018. Ceak dan Simpan dengan baik Kartu Pendaftaran SSCN 2018, Kartu Pendaftaran SSCN 2018 digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Demikianlah tadi beberapa gambaran umum mengenai Tatacara Pendaftaran Online CPNS 2018 melalui portal SSCN 2018 BKN. Untuk melihat tatacara membuka website dengan jelas dan detail, Anda bisa langsung mengunduh buku Petunjuknya yang telah resmi dikeluarkan oleh BKN melalui link download berikut ini: 

Link Download: 
Petunjuk Pendaftaran CPNS 2018 melalui SSCN Petunjuk Pendaftaran CPNS 2018 melalui SSCN Reviewed by Niko Arisandi on 05:55:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.