Pedoman Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2018

Pedoman Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2018. Kali ini kami akan membagikan informasi mengenai Pedoman/Panduan Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) Nasional Tahun 2018 yang bersumber dari Buku Panduan Pelaksanaan HANTARU 2018 yang telah diterbitkan oleh Panitia HANTARU dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional. Berikut ini merupakan cuplikan isi dari Buku Panduan tersebut: 

Buku panduan HANTARU 2018

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan berkahnya sehingga Buku Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018 ini dapat terselesaikan. 
Tema  yang diusung  dalam pelaksanaan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional  (HANTARU) Tahun 2018,  adalah “Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran”.
Tema tersebut diharapkan dapat menjadi penyemangat dalam rangka  menyelesaikanProgram Nasional, yakni  Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Pengadaan Tanah dan Reforma Agraria  untuk keadilan dan kemakmuran. 
Panduan ini memuat penjelasan tentang rangkaian pelaksanaan HANTARU Nasional 2018  yang akan dimulai pada tanggal  24 September hingga 11 November 2018. 
Akhirnya, kami berharap semoga panduan ini dapat  bermanfaat dan  menjadi acuan dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan HANTARU Nasional 2018.

PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Integrasi Badan Pertanahan Nasional dan  Direktorat Jenderal Penataan Ruang menjadi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sesuai amanat Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan NAsional Nomor 8 Tahun 2015 dan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nomor 38 Tahun 2016.
Integrasi tersebut menjadi awal program nasional besar pendaftaran tanah sistematis lengkap yang bertujuan menyelesaikan pendaftaran tanah terhadap seluruh bidang-bidang tanah di Indonesia, dengan berdasarkan kepada Penataan Ruang yang berkelanjutan.
Reforma Agraria pun menjadi program besar pemerintah  dalam rangka meraih kemakmuran rakyat Indonesia.

Dimulai pada tanggal 24 September 2018 yang diperingati sebagai tanggal terbitnya Undang-Undang pokok Agraria (UUPA), dan diakhiri pada tanggal 8 November 2018 sebagai peringatan terbitnya Keppres  28  Tahun  2013 tentang Hari Tata Ruang  Nasional, perayaan  Hari  Agraria  dan  HariTata  Ruang  (HANTARU)  Nasional2018  dijadikan  dalam satu rangkaian acara, sesuai dengan arahan  Surat  Keputusan Menteri Agraria  dan Tata  Ruang/Kepala Badan  Pertanahan Nasional Nomor 540/KEP-18.1/IX/2018.
Mengusung tema besar yang dipilih  untuk satu rangkaian acara “Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran”, penyelenggaraan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018 diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun Negara. 

LAUNCHING HARI ULANG TAHUN AGRARIA DAN TATA RUANG NASIONAL TAHUN 2018
1. Upacara Hari Ulang Tahun Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2018
2.Upacara di Kantor Wilayah BPN & Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota

Tanggal  :  24 September 2018
Waktu  :   07.30 WIB – Selesai
Tempat  :   - Kanwil Wilayah BPN (gabungan Kantah terdekat)
      -  Kantah Kab/Kota yang berlokasi jauh dari Kanwil (upacara mandiri)
Inspektur Upacara  :   Gubernur/Bupati/Walikota
Peserta    :
- ASN  Kanwil/Kantah.
- Dharma Wanita
- Undangan
- Penerima Satyalencana
- Pegawai Tidak Tetap

Deskripsi Acara:
•  Upacara Bendera.
•  Penghormatan Peserta
•  Laporan Pemimpin.
•  Mengheningkan cipta
•  Pembacaan teks Pancasila
•  Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945
•  Pemberian Tanda Jasa Satyalencana
•  Penyerahan Sertipikat BMN
•  Amanat Pembina Upacara (membacakan Pidato Menteri ATR/K.BPN)
•  Laporan Pemimpin upacara.
•  Penghormatan umum
•  Menyanyikan lagu Mars BPN
•  Do’a
•  Makan Bersama dan Ramah Tamah

Dresscode    :
- Pakaian Sipil Lengkap (PSL Berpeci).
- Pakaian Dinas Harian (PDH)
- Seragam Dharma Wanita
- Disesuaikan
- Pria (PSL, berdasi & berpeci)
- Wanita (PSL, jika berkerudung berwarna putih)
- Putih -  Hitam
Baca Juga: Tema dan Logo Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2018
Berikut ini merupakan potongan file Asli Buku Panduan Pelaksanaan HANTARU 2018, untuk dapat melihat versi lengkapnya, silahkan langsung unduh saja.


Untuk Melihat file utuh dan lengkap, Silahkan langsung Download Buku Panduan Peringatan HANTARU 2018 di bawah ini:

Link Download: 
Pedoman Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2018 Pedoman Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 08:06:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.