Doa Upacara HUT RI ke-73 Tahun 2018

Doa Upacara HUT RI Ke-73 Tahun 2018. Menjelang diperingatinya Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertepatan pada hari Jum'at, 17 Agustus 2018, kami akan membagikan file contoh naskah Doa upacara bendera untuk peringatan HUT RI. Naskah yang telah kami bagikan ini dapat digunakan dalam upacara HUT RI. Biasanya, Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan doa upacara bendera untuk detik-detik proklamasi. Jika Kemenag telah resmi mengeluarkan doa upacara untuk Peringatan HUT RI ke-73 maka link downloadnya akan kami sertakan juga pada laman website ini. 

Download Naskah Doa Upacara HUT RI ke-73 Tahun 2018. File Naskah Doa Upacara yang telah kami susun ini diambil dari beberapa naskah doa tahun lalu dan kemudian disunting ulang. Sehingga naskah doa upacara tersebut juga dapat dipergunakan untuk upacara tahun ini.  Ada beberapa contoh model doa upacara HUT kemerdekaan RI yang telah kami bagikan disini. Anda dapat mengambilnya beberapa dan menambahkannya sesuai dengan kebutuhan atau misalnya ada beberapa hal yang ingin disampaikan dalam doa tersebut maka tinggal di edit saja. 


Berikut ini adalah cuplikan isi doa upacara HUT RI ke 73 yang telah kami bagikan:

DOA PADA UPACARA
DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ * الحمدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ * حَمْداً شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِئُ مَزِيْدَهُ * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ  * اللّٰهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah, Tuhan Sang Maha Segala
Kami adalah bangsa Indonesia
Bangsa Besar yang Engkau jadikan penuh keberagaman
Bangsa yang menghirup udara Pancasila berjiwa keagamaan
Bangsa yang hidup dari tanah yang menumbuhkan benih dan buah persaudaraan

Hari ini, kami berhimpun di sini
Mensyukuri 73 tahun kemerdekaan NKRI
Sebagai upaya kamilebih meneguhkan diri
Merajut kemajemukan dalam jalinan perssaudaraan sesama anak negeri
Mencegah permusuhan, pertikaian, dan perpecahan yang harus dihindari

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Menguatkan
Kuatkanlah ikatan antarkami agar saling menyemai kedamaian
Saling menjaga kerukunan, saling menyokong kemajuan
Eratkanlah tali silaturahmi antarkami agar saling merawat persaudaraan
Sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran

Ya Allah, Tuhan yang berkahNya selalu dinanti
Engkau telah memberkati kami kemerdekaan yang amat berarti
Bimbinglah kami agar ikhlas merawat kemerdekaan dengan sepenuh hati
Mampukanlah kami untuk mengisi kemerdekaan dengan sepenuh hati
Mampukanlah kami untuk mengisi kemerdekaan ini
Dengan kekuatan iman dan kemuliaan akhlak terpuji
Dengan kerja bersama mewujudkan kesejahteraan yang merata di seluruh negeri

Ya Allah, Tuhan Penebar Cinta
Satukanlah pikiran, perasaan, dan hati seluruh anak bangsa ini dengan ikatan cinta
Cinta para pemimpin kepada segenap rakyatnya
Cinta segenap rakyat kepada para pemimpinnya
Cinta sesama saudara sebangsa
Cinta sesama umat manusia

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ * وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ * بِفَضْلِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ   عِلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Doa versi kedua. 


Teks Doa Upacara HUT Kemerdekaan RI


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ * الحمدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ * حَمْداً شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِئُ مَزِيْدَهُ * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ  * اللّٰهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,
Di pagi yang berkah ini, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh mempersembahkan puji syukur ke hadirat-Mu. Engkau Maha Pencipta alam semesta, Engkau jualah yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang telah membebaskan bangsa kami dari penjajahan. Perkenankanlah kami, seluruh bangsa Indonesia, pada pagi hari ini memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, untuk mensyukuri nikmat agung anugerahMu: nikmat kemerdekaan.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,
Jadikanlah peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah kami dari perselisihan, permusuhan, dan perpecahan. Kuatkan ikatan di antara bangsa kami agar senantiasa saling menyemai kedamaian, saling menjaga kerukunan, saling menampakkan keramahan, dan saling menyokong kemajuan. Eratkan tali seluruh anak negeri agar senantiasa saling menjaga persaudaraan sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,
Engkau telah menganugerahi kami dengan kekayaan bumi, air, dan udara. Bukalah pikiran kami agar bijaksana memanfaatkan anugerah-Mu demi kejayaan negeri. Lapangkan nurani kami agar senantiasa bersih dan suci dalam meraih kenikmatan. Kuatkan kaki dan tangan kami agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Jadikan kami bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung sikap jujur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur.

......................
dan seterusnya....  (untuk melihat versi lengkapnya, silahkan langsung download filenya saja..)
Download Juga: Sambutan/Pidato Upacara HUT RI ke 73 Tahun 2018
Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari Teks/Naskah Doa upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 yang dapat digunakan untuk upacara bendera di masing-masing daerahnya. Jika Anda ingin mengambil Sambutan dari Mendikbud atau Menristekdikti, kami juga akan menyediakan link downloadnya. Namun, biasanya dibagikan ketika malam hari menjelang pelaksanaan upacara. Anda bisa mengunduh file Doa upacara HUT RI ke 73 tahun 2018 di bawah ini: 

Link Download: 


Doa Upacara HUT RI ke-73 Tahun 2018 Doa Upacara HUT RI ke-73 Tahun 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 21:19:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.