Pedoman HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tahun 2018

Pedoman HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tahun 2018.  Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang tepat pada tanggal 17 Agustus 2018 adalah sebuah peringatan akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi merdekanya negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Maka dari itu, pada tahun 2018 ini kita sebagai warga negara yang baik dan tunduk, patuh terhadap Undang-Undang yang berlaku harus ikut serta dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018. Biasanya sudah banyak kegiatan dan lomba-lomba yang disiapkan di berbagai daerah, kecamatan, desan maupun tingkat RT. Namun, ada satu hal yang perlu masyarakat Indonesia ketahui sebelumnya, bahw pada tahun 2018 ini Mensesneg telah mengeluarkan desain logo dan tema resmi Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang disatukan dengan kegiatan Asian Games Tahun 2018.

Download Pedoman HUT RI Ke-73 dan Panduan Desain Logo dan Tema. Pada artikel yang kami tulis ini memang sengaja, kami juga akan membagikan file Pedoman yang terdiri dari pedoman visual, desain turunan (spanduk dan baliho serta desain lannya), font yang dipakai untuk publikasi, beberapa gambar serta desain logo HUT RI ke-73 + Asian Games 2018.  Pada surat Edaran mengenai teman dan logo yang telah dipublikasikan ke masyarakat umum, bahwa logo dan pedoman dapat diunduh melalui website mensesneg, namun link yang terdapat disana jika didownload maka filenya besar, sekitar hampir 1 GB. Jadi, jika anda menginginkan downlad cepat dan perbagian, Anda bisa mengunduh beberapa file tersebut pada website www.bangsaku.web.id, kami membagikan beberapa file ini sumbernya juga dari file yang telah di download dari mensesneg dan kemudian kita bagi-bagi, supaya proses downloadnya tidak lama. 

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari Pedoman Identitas Visual HUT RI ke-73 Tahun 2018.

Tahun 2018 adalah tahun yang istimewa bagi Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI kita juga menyambut ajang Asian Games XVIII dimana Indonesia dipercayakan kembali untuk menjadi tuan rumah setelah 56 tahun.
Pada perayaan 73 tahun Kemerdekaan RI kali ini, terlahir 2 tema utama yang bersinergi yaitu “Energi” dan “Kerja”. Tema “Energi” diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”. Sementara tema “Kerja” merupakan cerminan pemerintahan Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik.
Tema “Energi” dan “Kerja” pun diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar terciptanya semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

"KERJA KITA PRESTASI BANGSA"

Logo 73 tahun Kemerdekaan RI ini terinspirasi dari kata ‘Kerja’ yang berarti adanya pergerakan / aktif. Dan kata 'Energi' yang berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran.

Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah  yang baik bagi dunia.

Logo harus mengacu pada “Logo Grid” yang sudah ditetapkan. Dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan sehingga tercipta komposisi dan proporsi yang baik.
Hal ini dilakukan untuk menjaga konsistensi dan citra karakter, serta menghindari penggunaan logo yang tidak semestinya.

Contoh pengaplikasian logo tersier untuk logo 73 tahun Kemerdekaan RI menggunakan satu elemen warna pada berbagai macam background berwarna solid seperti gambar disamping.
Dalam pengaplikasiannya, ukuran logo sangat bervariasi sesuai dengan medianya. Pada dasarnya logo yang diaplikasikan harus mudah dilihat dan tetap terbaca secara jelas dari kejauhan.
Logo harus ditempatkan dalam area aman di mana ruang di sekeliling logo dibiarkan kosong dari objek lain baik gambar, bentuk, maupun tulisan.

Ukuran logo tidak boleh lebih kecil dari ukuran tinggi minimum yang sudah ditentukan karena akan mengurangi keterbacaan dari jarak tertentu. Sedangkan untuk ukuran lebar harus mengikuti proporsi tinggi logo itu sendiri.

Jika ukuran logo sangat kecil, slogan akan dihilangkan sebagai pertimbangan teknis untuk setiap tampilan monitor, kebutuhan multimedia, dan media cetak.

Elemen grafis utama yang digunakan untuk seluruh aplikasi turunan diambil dari beberapa komponen utama dalam logo 73 tahun Kemerdekaan RI. Komponen tersebut diubah menjadi format bergaris membentuk kesatuan elemen dinamis.

Elemen grafis utama bisa digunakan dalam 2 format; terpotong sudut (primer) dan terpotong tengah (sekunder). Untuk pengaplikasian di setiap media dianjurkan untuk menggunakan format primer untuk hasil visual yang maksimal. Apabila media yang digunakan tidak memungkinkan / hasil visual tidak maksimal dapat menggunakan format sekunder sebagai alternatif.

Berikut ini adalah panduan penggunaan grafis yang benar untuk semua media yang akan digunakan. Logo 73 tahun kemerdekaan RI harus selalu berseberangan dengan elemen grafis utama. Logo dan elemen grafis utama dapat diaplikasikan bersamaan atau salah satu saja sesuai dengan kebutuhan.


Berikut ini adalah panduan proporsi logo yang benar untuk semua media yang akan digunakan dalam bentuk portrait.
Untuk menentukan ukuran logo 73, tinggi “X” harus dihitung berdasarkan ukuran tinggi media yang dibagi menjadi enam baris. Sementara untuk logo Asian Games dihitung berdasarkan sepertiga dari “X”. Ukuran margin yang ideal adalah 1/3X kali 1/3X.

Berikut ini adalah panduan proporsi logo yang benar untuk semua media yang akan digunakan dalam bentuk portrait.
Untuk menentukan ukuran logo 73, tinggi “X” harus dihitung berdasarkan ukuran tinggi media yang dibagi menjadi enam baris. Sementara untuk logo Asian Games dihitung berdasarkan sepertiga dari “X”. Ukuran margin yang ideal adalah 1/3X kali 1/3X.

Berikut ini adalah panduan penggunaan slogan yang benar untuk semua media yang akan digunakan.
Untuk penggunaan di setiap media dianjurkan untuk menggunakan format primer (slogan selalu berdampingan di bawah logo) untuk hasil visual yang maksimal.
Apabila media yang digunakan tidak memungkinkan / hasil visual tidak maksimal dapat menggunakan format sekunder (logo dan slogan terpisah) sebagai alternatif.


Logo 73 tahun Kemerdekaan RI dan Asian Games 2018 sebaiknya disusun berdampingan secara horizontal agar terlihat lebih rapi. Garis pembatas digunakan untuk memberikan penegasan antara logo Kemerdekaan dan logo Asian Games.
Logo HUT RI 73 dan Asean Games 2018 tidak harus selalu digunakan secara bersamaan,tergantung dari jenis media yang digunakan. Jika kedua logo tersebut berdampingan, logo HUT RI 73 harus menjadi fokus utama dibandingkan logo Asian Games.
dan seterusnya..... silahkan langsung download file aslinya saja... 

Demikian tadi beberapa pedoman dalam penggunaan identitas visual seperti logo, slogan yang dipakai dalam media visual untuk perayaan HUT RI ke-73 Tahun 2018 ini. Semoga file tersebut dapat bermanfaat. Anda dapat mengunduh file aslinya langsung pada link download yang tersedia di bawah ini: 

Link Donwload: 
Pedoman HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tahun 2018 Pedoman HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tahun 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 21:55:00 Rating: 5

3 comments:

  1. Setelah saya download dan ketika dibuka linknya gak ada ya? kenapa tidak di embed saja.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link Aktiv.
      mungkin baca artikel "cara download" nya dulu aja. Biar faham.

      Delete
  2. https://youtu.be/E5nvje4BR9s


    (dialog kebangsaan untuk mengmbalikn ke jati diri bangsa) Mohon koreksinya.. sumber sudah jelas..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.