Materi MOS/ Pengenalan Lingkungan Sekolah Baru 2018/2019

Materi MOS/ Pengenalan Lingkungan Sekolah Baru 2018/2019. Pergantian tahun ajaran memang menyisakan liburan yang sangat panjang. Akan tetapi bagi siswa yang akan naik ke tingkat/jenjang pendidikan selanjutnya pergantian tahun menjadi salah satu harapan agar bisa masuk ke sekolah yang dianggap favorit dan nomor satu. Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah berlangsung dan hampir ditutup untuk masing-masing sekolah. Setelah masa PPDB berakhir, tiba saatnya para siswa akan masuk ke sekolah lagi. Dan bagi peserta didik baru tentunya akan menjalankan masa orientasi di sekolah, kalau jaman dahulu orang menyebutnya Masa Orientasi Siswa (MOS), namun semenjak tahun 2016 lalu pemerintah mengubah nama tersebut menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Nama tersebut diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat tentang seramnya Masa Orientasi di sekolah, karena MOS jaman dahulu identik dengan kegiatan peloncoan siswa, saling mengerjai siswa baru dan lain sebagainya. Lantas, untuk MPLS ini kegiatan apa saja yang akan diberikan kepada peserta didik baru di tahun 2018 ini? simaklah informasi pada artikel ini dengan tuntas, kami juga akan membagikan file Materi MPLS yang dapat digunakan sebagai bahan MPLS tahun ini. 


Download Materi MOS/MPLS Tahun ajaran 2018/2019. Pada tahun ajaran 2018/2019 mendatang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah masih tetap akan dijalankan oleh masing-masing sekolah untuk peserta didik baru. Untuk menyambut kegiatan tersebut, para panitia, guru dan pihak-pihak lain yang terlibat tentunya sedang sibuk-sibuknya menyiapkan bahan-bahan untuk mengadakan MOS / MPLS tahun ajaran ini. Apabila Anda masih bingung tentang materi apa saja yang akan diberikan kepada peserta didik baru, kami memiliki beberapa file materi yang dapat anda unduh pada komputer masing-masing dan selanjutnya diberikan kepada anak didik baru pada kegiatan MPLS tahun 2018/2019 ini. 

Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai materi-materi yang diberikan kepada peserta didik baru dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2018/2019 ini;

1. Wawasan Wiyata Mandala
Peserta didik akan diberikan pengetahuan mengenai arti dan makna wawasan wiyata mandala itu sendiri, unsur-unsur wiyata mandala juga dibahas lengkap pada materi tersebut. Selain itu, pemateri juga akan memberikan pengetahuan mendalam mengenai Sekolah dan Fungsinya, supaya peserta didik faham tujuan mereka berangkat ke sekolah setiap hari itu untuk apa saja. Hal tersebut berguna untuk mengurangi tingkat kemalasan peserta didik dan membuat peserta didik memiliki tujuan yang jelas ketika mereka berangkat ke sekolah.

2. Pramuka
Peserta didik akan dikenalkan lebih luas dan mendalam mengenai pentingnya mengikuti kegiatan pramuka di sekolah. Karena hal tersebut merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang harapan akhirnya dengan mengikuti kegiatan pramuka ini akan membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur dan menjadi warga negara yang berjiwa pancasila setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.

3. Kesadaran Berbangsa dan bernegara
Pada materi ini peserta didik akan diberi pemahaman mengenai pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara, karena pengaruh globalisasi akhir-akhir ini dan juga panasnya suhu politik di negara indonesia banyak orang yang lebih mementingkan dirinya sendiri dan golongannya daripada bangsa dan negaranya. Maka dari itu, seorang peserta didik yang baik yang disiapkan untuk memajukan bangsa dan negaranya sendiri harus memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang baik sehingga kelak dapat berguna bagi bangsa dan negara.

4. Belajar Efektif
Pada tahap ini peserta didik juga akan diberikan materi mengenai cara belajar yang baik dan benar. Jadi mereka tidak bosan untuk membaca buku pelajaran dan mengerjakan tugas. Karena canggihnya teknologi pada saat ini, banyak siswa yang malas untuk belajar, mereka lebih suka nonton video online atau main game di android. Sudah bukan hal yang istimewa lagi, zaman sekarang anak SD saja sudah banyak yang dibelikan HP android sendiri oleh orang tuanya, bahkan terkadang lebih bagus dari gurunya sendiri.

5. Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter perlu ditegakkan di lingkungan sekolah. Hal tersebut sudah ditetapkan oleh Permendikbud no.20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal. lantas, apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter itu sendiri. Penguatan Pendidikan karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental.

6. Tata Krama Siswa
Materi ini sangatlah penting untuk diberikan kepada siswa. Mengingat saat ini banyak akhlak peserta didik yang sudah mulai merosot dan luntur, maka tata krama siswa kepada temannya, kepada gurunya dan kepada orang tuanya sangatlah penting untuk ditegakkan kembali. Jangan sampai kejadian siswa memukul gurunya sendiri terulang kembali seperti pada berita-berita di media nasional yang telah beredar belakangan ini.

7. Pengenalan Kurikulum Pendidikan (Kurikulum 2013)
Peserta didik akan mendapatkan penjelasan mengenai kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum yang masih baru yang diterapkan oleh pemerintah di semua jenjang satuan pendidikan. pada kurikulum 2013 ada perubahan besar-besaran mengenai materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa. ada beberapa materi yang telah dirampingkan dan ada juga yang ditambahkan. Salah satu materi yang dirampingkan adalah Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Adapun materi yang ditambah porsinya adalah Matematika. Untuk matematika sendiri disesuaikan dengan pembelajaran standar Internasional.

dan seterusnya...

Demikianlah tadi beberapa ulasan singkat mengenai beberapa Materi MOS/ Masa Pengenalan Lingkungan 2018/2019 yang dapat diberikan kepada peserta didik baru. Sehingga peserta didik baru lebih semangat dalam belajar di lingkungan sekolah baru dan juga nantinya kelak menjadi generasi yang dapat memajukan bangsa dan negara, kelak berguna bagi bangsa dan negara dan kelak dapat sukses untuk dirinya sendiri. Amiiin. 

Link Download: 

Materi MOS/ Pengenalan Lingkungan Sekolah Baru 2018/2019 Materi MOS/ Pengenalan Lingkungan Sekolah Baru 2018/2019 Reviewed by Niko Arisandi on 21:01:00 Rating: 5

2 comments:

  1. link downloadnya gak nyambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. diikuti saja proses downloadnya, kalo bingung silahkan baca 'cara download' pada menu di atas.

      Delete

Powered by Blogger.