Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018

Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018. Pada kesempatan ini kami akan membagikan file Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018. Sesuai dengan Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 yang telah dikeluarkan tanggal 25 Mei 2018 bahwa upacara akan dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 1 Juni 2018. Informasi mengenai pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan diadakan selama peringatan hari lahir pancasila akan kami sajikan pada artikel ini. Selain itu, Anda juga dapat langsung mengunduh filenya pada link download yang telah disediakan di bawah artikel ini. 

Download Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018. Pada artikel ini, sengaja kami sampaikan cuplikan isi dari file Pedoman tersebut, supaya Anda dapat melihat beberapa informasi yang dirasa penting, namun apabila anda tidak punya waktu untuk membacanya, anda bisa langung mengunduhnya lewat link download yang sudah kami sediakan. 


Berikut ini merupakan cuplikan isi Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 yang resmi dikeluarkan oleh Mensesneg.

I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Presiden Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 1 Juni s ebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadi Hari Libur Nasional, mulai tahun 2017. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa 1 Juni 2016.
Ketetapan di atas berdasar pada penyelidikan yang mendalam atas naskah otentik risalah sidang “Badan Oentoek Menyelidiki Oesaha-oesaha Persiapan kemerdekaan” yang mencatat bahwa pada 1 Juni 1945, Ir Soekarno yang mencetuskan untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar Negara. Ketetapan ini bertujuan menetapkan asal-usul dan perkembangan hidup berbangsa dan menegaskan tumpuan utama kehidupan bernegara Republik Indonesia.
Dengan merayakan hari lahirnya Pancasila, bangsa ini hendak mengenang peristiwa yang dihasilkan melalui percakapan yang sedemikian mendalam dan demokratis dari “founding fathers and mothers” bangsa kita. Para pendiri bangsa ini secara terbuka dapat menerima berbagai pikiran dan gagasan, dan meramunya menjadi konsensus dasar bernegara. Dengan penetapan Pancasila selanjutnya disusun Undang-Undang Dasar negara RI yang secara substantif dibuat demi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Dengan latar belakang sejarah seperti itu, layaklah bangsa ini merayakan hari lahir Pancasila setiap tahun, dan merasakan bahwa Pancasila membuat bangsa ini bersatu, dan menjadi motivasi untuk berbagi, sekaligus memberikan semangat bagi putra-putri bangsa ini untuk leluasa menikmati kehidupan yang sejahtera, yang menjadi basis munculnya prestasi yang sebaik-baiknya. Perayaan yang sedemikian akan membuat peringatan 1 Juni menjadi momentum untuk menegaskan komitmen bersama sebagai berbangsa, yang dalam kesatuannya berkomitmen membangun kemandirian bangsa. Dengan merayakaan hari lahir Pancasila, bangsa Indonesia berkomitmen untuk mengarusutamakan Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Komitmen itulah yang dapat memandu bangsa ini untuk bersama-sama meraih cita-cita yang gemilang.
Melalui peringatan hari lahir Pancasila, bangsa ini diharapkan dapat menghayati dengan mendalam makna kesatuan dan persatuan, dimana warganya dengan latar belakang yang majemuk dapat bertemu, saling memahami dan bersepakat. Merayakan hari Pancasila berarti kita menguatkan fondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi untuk mencapai cita-cita bangsa.
Peringatan hari lahir Pancasila pada tahun 2018 ini juga diharapkan dapat menunjukkan cara-cara khas berbagi dalam peri kehidupan sehari-hari anak-anak bangsa. Peringatan hari lahir Pancasila perlu ditandai dengan semangat gotong royong, terutama dalam persiapan dan penyelanggaraannya. Dengan semangat gotong royong perayaan ini menjadi milik bersama Dengan semangat persatuan dan gotong-royong di atas, peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 ini juga dimaksudkan untuk menampilkan prestasi-prestasi yang muncul karena didukung oleh semangat kebersamaan dan saling menunjang. Dengan demikian masyarakat dapat melihat bahwa Pancasila telah menjadi inspirasi untuk berprestasi

II. PENYELENGGARAAN
A. TEMA
Peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2018, mengambil tema :
“Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”

Sub Tema :
1. Memperkokoh Pemahaman Pancasila, Menumbuhkan Kecerdasan Rakyat;
2. Mengamalkan Pancasila, Mewujudkan Kerukunan Sosial;
3. Mengamalkan Pancasila Mewujudkan Keadilan Sosial;
4. Memperkokoh Keteladanan Pancasila Diruang Publik;
5. Pancasila dan Inspirasi Berprestasi;
6. Pancasila Pemersatu Bangsa;
7. Mengamalkan Pancasila Menumbuhkan Semangat Berbagi.

B. LOGO

III. PROGRAM DAN KEGIATAN
Program dan kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila di kemas dalam kegiatan BULAN PANCASILA, yang dimulai pada awal Mei 2018 dan berakhir sampai bulan Agustus 2018. Peringatan hari lahir Pancasila hendaknya tidak bersifat seremonial belaka, melainkan diisi dengan berbagai praktik kebajikan Pancasila sebagai wujud Implementasi kelima sila Pancasila dalam laku hidup diberbagai bidang.
Berbagai kegiatan bisa dilaksanakan oleh aparatur Negara dan masyarakat di seluruh tanah air, terutama dalam menguatkan simpul-simpul persatuan dalam keragaman, menggalang semangat berbagi, dan bermitra usaha melintasi batas-batas identitas dan golongan, serta memberikan apresiasi terhadap praktik-praktik baik dan prestasi anak-anak bangsa diberbagai bidang sebagai wujud pengamalan Pancasila

IV. KETENTUAN DAN PELAKSANAAN
A. Umum
Peringatan Hari Hari Lahir Pancasila diselenggarakan secara nasional di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Perwakilan RI di luar negeri. Peringatan Hari Lahir Pancasila wajib diselenggarakan oleh lembaga pemerintah dan non pemerintah, organisasi kemasyarakatan, LSM, lembaga pendidikan dengan berpedoman pada buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dikeluarkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
Peringatan Hari Lahir Pancasila diselenggarakan secara terarah dan terpadu dengan membentuk panitia pada setiap tingkatan, dimulai dari tingkat Pusat sampai tingkat Kecamatan antara lain;

  1. Panitia Nasional Peringatan Hari Hari Lahir Pancasila dibentuk melalui Surat Keputusan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.
  2. Panitia Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan dibentuk melalui Surat Keputusan Gubernur, Bupati/Walikota dan Camat setempat.
  3. Panitia Perwakilan RI diluar negeri dibentuk melalui Surat Keputusan Kepala Perwakilan RI setem pat.
  4. Kepanitiaan yang diselenggarakan oleh organisasi atau lembaga non pemerintah, dibentuk oleh pimpinan organisasi yang bersangkutan

B. Khusus
Upacara Bendera
1. Acara pokok peringatan Hari Hari Lahir Pancasila dipusatkan dalam bentuk Upacara Bendera dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Sifat Upacara : Khidmat, sederhana dan tertib
b. Hari, Tanggal : Jum’at, 1 Juni 2018
c. Pukul : Jam 08.00 (waktu setempat) sampai selesai
d. Inspektur Upacara : Bapak Presiden RI
e. Tempat : Gedung Pancasila
f. Peserta Upacara : TNI/Polri, ASN, Pelajar, Mahasiswa, Pemuda, Pramuka, PMR, Unsur, Masyarakat, dan lain-lain.
g. Pakaian : - Pria : Pakaian Tradisional Formal
- Wanita : Pakaian Tradisional Formal
- TNI & Polri : Menyesuaikan
- Tokoh Agama : Pakaian Kebesaran Agama

Urutan Kegiatan Upacara Bendera :
a. Pasukan upacara memasuki lapangan upacara
b. Komandan upacara memasuki lapangan upacara dan mengambil alih pasukan
c. Laporan perwira upacara kepada Inspektur Upacara (Presiden RI)
d. Inspektur upacara tiba ditempat upacara
e. Salam kebangsaan
f. Penghormatan kebesaran
g. Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara
h. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur upacara
i. Tanda kebesaran buka
j. Pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI
k. Tanda kebesaran tutup
l. Pembacaan Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 oleh Ketua DPR RI
m. Sambutan Inspektur Upacara
n. Pembacaan Do’a Oleh Menteri Agama RI
o. Andhika Bhayangkari
p. Laporan Komandan Upacara Kepada Inspektur Upacara
q. Penghormatan Kebesaran
r. Salam Kebangsaan
s. Inspektur upacara meninggalkan tempat Upacara
t. Laporan perwira upacara kepada Inspektur Upacara
u. Komandan upacara membubarkan pasukan
v. Upacara selesai

Demikian isi cuplikan dari file Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 yang telah dikeluarkan oleh Mensesneg RI bulan Mei 2018 ini. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, amiiin. Anda dapat mengunduh file Aslinya pada link donwload yang sudah tersedia di bawah ini. 

Link Dowload: 

Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 20:39:00 Rating: 5

15 comments:

  1. Replies
    1. Sambutan resminya baru sore hari di update.
      terimakasih sabar menunggu.

      Delete
  2. pidato upacara belum ada....besok sudah upacara..bagaimana nich....

    ReplyDelete
  3. yg punya teks amanat pembina upacara, tolong dishare ke email saya

    ReplyDelete
  4. Sambutan/amanat upacara untuk bsok mohon utk segera dipost. Terima kasih

    ReplyDelete
  5. semua nunggu teks pidato Presiden RI

    ReplyDelete
  6. hari ini sudah adakah sambutan Presiden ?

    ReplyDelete
  7. saya butuh juga naskah sambutannya

    ReplyDelete
  8. sudah ada teks sambutannya belum ya?

    ReplyDelete
  9. Mana teks sambutannya utk kami di daerah2

    ReplyDelete
  10. Mana teks sambutannya utk kami di daerah2

    ReplyDelete
  11. Mohon teks sambutan presiden bisa disampaikan secepatnya doang, apalagi kami di ujung timur Papua barat ini, lagi menunggu hingga hari sudah malam ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sore hari kami update.
      terimakasih atas perhatiannya.

      Delete
  12. Password file rar nya apa yah?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.