Soal & Jawaban USBN SD/MI 2018 - Prediksi & Pembahasan

Soal & Jawaban USBN SD/MI 2018 - Prediksi & Pembahasan. Pada kesempatan ini kami akan membagikan berbagai Kumpulan File Soal & Kunci Jawaban USBN SD/MI Tahun ajaran 2017/2018 kepada para pengunjung setia website ini. Persiapan dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang sekolah dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) di tahun 2018 ini semakin hari semakin sedikit, maka dari itu para siswa SD/MI yang sekarang sudah kelas 6 SD harus banyak-banyak belajar mengenai materi-materi yang akan diujiakan pada USBN di tahun 2018 ini. Untuk lebih mematangkan lagi pengetahuan, dan kemampuan dalam mengerjakan soal USBN, para siswa dituntut untuk banyak-banyak latihan mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan pelaksanaan USBN di tahun 2018 ini. Contohnya saja mengerjakan soal-soal USBN tahun lalu atau mengerjakan prediksi-prediksi soal USBN tahun 2018 ini. Syukur kalau saja para siswa memiliki file atau buku prediksi soal USBN yang disertai dengan jawaban serta pembahasan soal USBN SD/MI tahun 2018 ini.

Download Soal & Kunci Jawaban USBN SD/MI Tahun 2017/2018. Pada artikel ini memang sengaja kami bagikan secara gratis kumpulan beberapa file yang telah kami dapat dari beberapa guru dan juga kami dapat dari berbagai sumber di internet. Yang jelas tujuan kami membagikan file soal USBN SD ini adalah ikut membantu para siswa dalam belajar untuk menyongsong USBN tahun 2018 ini. Semoga para siswa dapat dengan lancar, mudah dan mendapatkan nilai yang bagus sehingga nantinya bisa melanjutkan ke Sekolah menengah Pertama yang diidam-idamkan oleh para siswa kelas 6 yang akan lulus tahun 2018 ini. 
ilustrasi : siswa bosan belajar hanya dengan membaca, lebih asyik mengerjakan latihan soal 
Berbicara mengenai prediksi soal yang akan dikeluarkan di setiap mata pelajaran di SD/MI untuk USBN Tahun 2018 ini tentunya kita harus berpatokan kepada kisi-kisi USBN SD tahun 2018 yang sudah resmi dikeluarkan langsung oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pada tahun ajaran 2017/2018 melalui website resminya dan kisi-kisi soal USBN SD/MI Tahun ajaran 2017/2018 tersebut juga bisa anda download pada laman ini. 

Berikut ini beberapa cuplikan dari materi yang akan dikeluarkan pada USBN SD/MI 2018 yang seseuai dengan kisi-kisi.

1. Bahasa Indonesia
Terdiri dari materi Membaca nonsastra, indikatornya peserta didik dapat menentukan makna kata/istilah pada teks, menentukan antonim/sinonim, menggali informasi tersurat teks dan menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas). Untuk materi Membaca Sastra indikatornya yaitu menentukan informasi tersurat pada karya sastra, menentukan unsur intrinsik karya sastra dan menentukan makna kata/simbol/kias.
Untuk materi Menulis terbatas, indikatornya yaitu melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa. Sedangkan untuk materi Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan dan tanda baca indikatornya yaitu menunjukkan keasalhan penggunaan ejaan dan menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca.
untuk kisi-kisi soal lengkapnya anda bisa download pada link donwload yang tersedia.

2. Matematika
Terdiri dari lingkup materi Bilangan, indikatornya peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang operasi hitung bilangan cacah, operasi hitung bilangan bulat, operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga, KPK dan FPB, pecahan dan perbandingan.
Untuk lingkup materi Geometri dan pengukuran, indikatornya yaitu satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volume; waktu, jarak dan kecepatan; keliling dan luas segi empat; keliling dan luas lingkaran; sifat-sifat bangun datar; sifat-sifat bangun ruang; koordinat kartesius dan simetri, pencerminan.
Untuk lingku materi Pengolahan data peserta didik diharapkan mememahami penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang dan diagram lingkaran; rata-rata hitung dan modus.
selengkapnya silahkan download file Kisi-Kisi soalnya.

3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Untuk mata pelajaran IPA terdiri dari lingkup materi yang pertama adalah Makhluk Hidup dan Lingkungannya yang indikatornya yaitu peserta didik memahami tentang hubungan antar mahluk hidup dengan lingkungannya, penyesuaian diri mahkluk hidup dan  pelestarian lingkungan.
Untuk materi Struktur dan Fungsi Mahluk hidup indikatornya yaitu bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya, daur hidup hewan, alat gerak dan fungsinya, sistem pernafasan pada manusia/hewan, sistem pencernaan pada manusia, sistem peredaran darah pada manusia, perkembangbiakan mahluk hidup dan perkembangan pertumbuhan manusia.
Untuk materi Benda dan sifatnya indikatornya yaiitu tentang sifat benda dan perubahan wujud benda sedankan untuk materi Energi dan Perubahanya indinatornya yaitu gaya dan gerak, bentuk energi dan perubahannya, suhu dan kalor, bunyi dan cahaya, serta listrik dan magnet. Adapun materi yang terakhir yaitu Bumi dan Alam Semesta yang memiliki indikator tentang sumber daya alam, daur air dan sistem tata surya .

Untuk melihat kisi-kisi lengkapnya silahkan download kisi-kisinya disini: Download Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI 2017/2018 

Selain kisi-kisi, kami juga akan memberikan sedikit cuplikan soal dan pembahan USBN SD/MI di bawah ini:
Soal Bahasa Indonesia
1. Bacalah kutipan pengumuman berikut ini!
Pengumuman
"Pada hari senin, 9 April 2018 akan diadakan kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah akan dimulai setelah jam istirahat di raung UKS SD Matahari. Semua siswa yang hendak mengikuti kegiatan donor darah diharuskan mendaftarkan diri paling lambat tanggal 7 April 2018 kepada wali kelas masing-masing."
Isi cuplikan pengumuman tersebut adalah...
A. rapat pembentukan anggota tim kesehatan di SD Matahari
B. kewajiban mengikuti donor darah bagi setiap siswa SD Matahari
C. kegiatan donor darah di SD Matahari pada tanggal 9 April 2018
D. penyuluhan kesehatan di SD Matahri pada tanggal 7 April 2018

pembahasan:
Jawaban: C  - terdapat di dalam kalimat pertama.

2. Matematika
Ayah mengalirkan air ke dalam sebuah ember menggunakan selang. Dalam kurun waktu 30 menit, ember tersebut sudah terisi penuh. Jika volume ember 15 liter, debit air yang mengalir ke dalam ember tersebut adalah ... liter/jam.
A.  24   C. 28
B.  26    D. 30

Jawaban: D
Pembahasan;
Pertanyaannya adalah berapa kecepatan air mengalir dalam hitungan liter/jam?, maka kita harus ubah dulu waktu yang digunakan untuk mengisi ember hingga penuh ke dalam satuan jam. 30 menit = 0,5 jam.
Jadi, 15 liter / 0,5 jam = 30 liter/jam

Untuk mengetahui lebih detailnya beberapa kumpulan soal latihan beserta prediksi USBN SD/MI Tahun ini, silahkan langsung klik link download di bawah ini:

Link Download: 

PREDIKSI SOAL USBN SD 2018
Soal paket A 



Soal Paket B 



LATIHAN SOAL USBN SD/MI 2018

Soal USBN SD Matematika 

Soal USBN SD  Bahasa Indonesia

IPA 

USBN SD lain-lain  atau Paket C 

Latihan 2 USBN SD 2018
Soal & Jawaban USBN SD/MI 2018 - Prediksi & Pembahasan Soal & Jawaban USBN SD/MI 2018 - Prediksi & Pembahasan Reviewed by Niko Arisandi on 08:35:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.