JUKLAK / JUKNIS FLS2N SMP Tahun 2018

JUKLAK / JUKNIS FLS2N SMP Tahun 2018. Pada kesempatan ini kami akan membagikan File Buku Pedoman atau Petunjuk Pelaksanaan (JUKLAK) Festival & Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2018 yang dikeluarkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Di dalam JUKLAK itu akan dijelaskan detail mengenai latar belakang, dasar hukum, tujuan dari FLS2N SMP hingga pada hasil yang diharapkan pada Festival lomba seni ini. Anda bisa mengunduh file JUKLAK ini pada link download yang tersedia di bawah artikel ini. Namun Anda juga bisa melihat cuplikan isinya pada artikel ini. 


Berikut ini kami tampilkan cuplikan isi dari file JUKLAK FLS2N Tahun 2018 ini:

KATA PENGANTAR 
Dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing dalam era keterbukaan memandang perlu untuk menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara minimal pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Selain itu berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan juga terus diselenggarakan baik dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun dalam bentuk kegiatan Lomba Festival dan Olimpiade tahun 2018.
Untuk mewujudkan kegiatan dimaksud, khususnya kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018 telah disusun berbagai kebijakan dan strategi yang kemudian dijabarkan dalam bentuk program dan atau kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi, baik di tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Kegiatan di tingkat nasional meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN), Lomba Menulis Esai (LME),dan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP. 
Sedangkan kegiatan di tingkat internasional seperti International Junior Science Olympiad (IJSO), International Mathematics Competition (IMC), Basel Open Master (BOM), dan International Research Exhibition.
Agar program dan atau kebijakan tersebut dapat mencapai target yang telah ditetapkan, maka diterbitkan Buku Petunjuk Pelaksanaan untuk masing-masing jenis kegiatan, baik Lomba, Festival dan Olimpiade yang bersifat nasional maupun bersifat internasional.Melalui buku ini diharapkan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan sekolah dapat menggunakan buku petunjuk pelaksanaan ini sebagai pedoman pelaksanaan, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Akhirnya kami mengharapkan agar semua pihak terkait secara bersama-sama dan bergotong royong menyukseskan pelaksanaan program Lomba, Festival dan Olimpiade. Semoga buku petunjuk pelaksanaan bermanfaat bagi pelaksanaan kegiatan tahun 2018.

BAB I 
PENDAHULUAN 

A.  Latar Belakang
Kesenian merupakan salah satu wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri. Kesenian juga memiliki posisi yang strategis dalam dunia pendidikan. Melalui kesenian, siswa akan mampu mengasah kepekaan hati nurani dan mengaktualisasikan potensi seninya, yang pada akhirnya akan memperhalus budi pekerti dan perilakunya.
Dalam rencana strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 – 2019 adalah “Terbentuknya insan serta ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang berkarakter dengan berlandasan gotong royong”.
Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama berusaha mewujukan program Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui kegiatan seni.
Pendidikan seni dan budaya dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik baik secara organis, neuromuskuler, intelektual, emosional dan sosial, serta meningkatkan daya cipta, rasa dan karya para siswa. Muaranya adalah pada upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya dibidang seni, serta Penguatan Pendidikan Karakter.
Dalam Agenda prioritas pembangunan 8 (Nawa Cita 8) : melakukan revolusi karakter Bangsa Pendidikan sejatinya merupakan hakikat revolusi mental, yang bertumpu pada pembangunan manusia yang berkarakter kuat, berpikiran maju dan berpandangan modern, serta berperilaku baik sebagai perwujudan warga negara yang baik.
Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan pendidikan karakter dan potensi seni peserta didik SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan minat seni peserta didik, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Kegiatan FLS2N tidak hanya berorientasi pada kompetisi peserta didik. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, yaitu menjadikan FLS2N sebagai pengalaman belajar (learning experience). Tidak dipungkiri bahwa dalam FLS2N ini ada aktivitas kompetisi dan unjuk kemampuan. Tetapi satu hal yang harus diingat bahwa FLS2N dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa. Selain itu FLS2N diharapkan juga dapat mengembangkan sikap dan kepribadian, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Oleh karena itu, keberadaan FLS2N Tahun 2018 sangat penting untuk mewujudnya tujuan pendidikan nasional dalam peningkatan mutu pendidikan dan penguatan pendidikan karakter.
Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogramkan kegiatan FLS2N SMP Tahun 2018 yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat sekolah hingga tingkat Nasional. Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2018 terlaksana secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan FLS2N SMP Tahun 2018 sebagai acuan bagi panitia pelaksana kegiatan seleksi di setiap jenjang pelaksanaan.

C.  Tujuan
1.  memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa dan guru pembina dalam pelestarian seni dan budaya;
2.  menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia yang tersebar di 34 provinsi di seluruh wilayah NKRI;
3.  membina dan meningatkan kepedulian peserta didik terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa;
4.  mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global;
5.  memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam berbakat dibidang seni.

D.  Pengertian
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang seni antar siswa SMP atau yang sederajat dalam lingkup wilayah atau tingkat lomba tertentu.

E.  Hasil yang diharapkan
1.  Terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah, dan antar provinsi di bidang kesenian;
2.  Mengembangkan penguatan pendidikan karakter di bidang seni budaya melalui kreativitas siswa;
3.  Terwujudnya rasa cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
4.  Terwujudnya sikap toleransi dan cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa; dan
5.  Terwujudnya rasa ke bhinekaan yang semakin kuat.

F.  Sasaran
Siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat.

BAB II
MEKANISME PENYELENGGARAAN
A.  Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta FLS2N adalah siswa SMP, MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai berikut :
1.  Bukan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, dan Penyaji Terbaik FLS2N SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya;
2.  Siswa kelas VII atau VIII yang masih berstatus sebagai siswa SMP dan masih aktif saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;
3.  Siswa yang terpilih sebagai peserta terbaik dari setiap jenis/cabang lomba yang dilombakan di Tingkat Provinsi;
4.  Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di data pokok peserta didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

B.  Cabang yang dilombakan
Cabang yang dilombakan pada FLS2N 2018 terdiri atas 5 (lima) jenis cabang seni sebagai berikut :
1.  Festival Kreativitas Tari;
2.  Festival Kreativitas Musik Tradisional;
3.  Lomba Gitar Solo;
4.  Lomba Menyanyi Solo; dan
5.  Lomba Desain Poster
C.  Pelaksanaan Lomba
Lomba diselenggarakan secara bertingkat, yaitu:
1.  Tingkat sekolah
2.  Tingkat kabupaten/kota
3.  Tingkat provinsi
4.  Tingkat nasional

D.  Jadwal Kegiatan
Jadwal pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Siswa (FLS2N) SMP Tahun 2018 dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional direncanakan sebagai berikut :


E.  Jumlah Peserta
Jumlah peserta setiap cabang seni yang dilombakan dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SMP tahun 2018 sebagai berikut :


F.  Pendaftaran Peserta
Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018, Dinas Pendidikan Provinsi mendaftarkan kepada sekretariat FLS2N SMP, Direktorat Pembinaan SMP, dengan ketentuan sebagai berikut:
1.  Mengirimkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Pemenang FLS2N Tingkat Provinsi dan SK Penetapan peserta FLS2N Tingkat Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi ke Direktorat Pembinaan SMP melalui surat elektronik (surel) ke bakatprestasi.psmp@kemdikbud.go.iddan tembusan ke olimpiade.ditpsmp@gmail.com.
2.  Melakukan pendaftaran daring (registrasi online) bagi peserta FLS2N SMP Tingkat Nasional pada laman ditpsmp.kemdikbud.go.id enter peserta didik dengan memilih menu REGISTRASI, (sesuai dengan petunjuk teknis pendaftaran daring yang dapat diakses pada laman dimaksud).
3.  Keikutsertaan Provinsi dalam FLS2N SMP Tingkat Nasional dapat diinformasikan pada tanggal 1 Juni - 1 Juli 2018.
4.  Pendaftaran peserta FLS2N Tingkat Nasional dapat dilakukan dengan menggunakan password (kata kunci) yang diberikan Panitia Pusat.
5.  Batas waktu pendaftaran daring peserta paling lambat pada tanggal 14 Juli 2018.

H.  Penghargaan Pemenang
Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta lomba sebagai motivasi untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar dan kegiatan lainnya di sekolah. Pengaturan hadiah dan penghargaan untuk para pemenang yakni:
1.  Mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
2.  Para peserta FLS2N SMP tingkat nasional yang memenuhi persyaratan yang ditentukan Direktorat Pembinaan SMP akan mendapatkan Beasiswa Bakat dan Prestasi SMP tahun 2018 sebesar Rp3.000.000 (tiga juta rupiah)

* Demikianlah tadi beberapa cuplikan dari file JUKLAK FLS2N tingkat SMP Tahun 2018 yang berbentuk pdf, untuk melihat lebih jelasnya lagi, silahkan saja langsung klik link download yang sudah kami sediakan dibawah ini: 

Link Download: 
JUKLAK / JUKNIS FLS2N SMP Tahun 2018 JUKLAK / JUKNIS FLS2N SMP Tahun 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 20:15:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.