Kumpulan Silabus K13 SMA Revisi Terbaru 2017/2018

Kumpulan Silabus K13 SMA Revisi Terbaru 2017/2018. Pada kesempatan ini kami ingin membagikan Kumpulan file Silabus Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru 2017/2018 jenjang SMA/MA yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Materi pembelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator yang terdapat dalam silabus tersebut sudah sesuai dengan buku K13 terbaru revisi 2017 yang dijadikan acuan pembelajaran setiap sekolah SMA/MA di tahun ajaran 2017/2018 ini. Jadi, bagi para guru yang sedang dalam penyusunan perangkat pembelajaran ataupun sedang menyusun sebuah soal Ujian maka mereka harus melihat acuan silabus untuk menentukan soal-soal materi apa saja nantinya yang akan dikeluarkan pada saat ujian berlangsung. 


Download Kumpulan Silabus K13 SMA Lengkap Semua Mapel. Pada artikel ini sengaja kami bagikan link khusus yang bisa anda klik dan nantinya akan tertuju pada file Silabus yang tersimpan dalam google drive, jadi anda tinggal langsung mendownloadnya dengan gratis disitu. pada artikel ini ada beberapa silabus yang dapat anda download, diantaranya adalah Silabus Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, PPKn, PKWU, Penjaskes, Seni Budaya, Agama, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi, Ekonomi dan lain sebagainya. 

Berikut ini merupakan contoh penjelasan singkat mengenai Silabus PPKN dan rata-rata hampir semuanya harus sama ada komponen-komponen berikut ini

Berdasarkan  perrmendikbud  No.  22  tahun  2016  tentang  standar  proses,  silabus  dan  RPP  merupakan  bagian  dari  kegiatan  perencanaan  pembelajaran.  Perencanaan  pembelajaran  dirancang  dalam  bentuk  Silabus  dan  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  yang  mengacu  pada  StandarIsi .  Penyusunan  Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Perencanaan  pembelajaran  meliputi  penyusunan  rencana  pelaksanaan  pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran,dan scenario pembelajaran. Silabusmerupakanacuanpenyusunankerangkapembelajaranuntuk setiap bahan  kajian  mata  pelajaran.  Berdasarkan  perrmendikbud  No.  22  tahun  2016  tentang standar proses, komponen silabus meliputi:

a.  Identitas Mata Pelajaran
(1)  Identitas Mata Pelajaran; tulislah mata pelajaran PPKn
(2)  Identitas Sekolah; tulislah nama sekolah saudara dan kelas,
(3)  Program Studi; tulislah nama program studi yang akan disusun silabusnya.
(4)  Kelas/semester;  tulislah  kelas  dan  semester  dimana  silabus  ini  akan dikembangkan.

b.  Kompetensi Inti
Kompetensi  Inti  Sekolah  Menengah  Atas/Madrasah  Aliyah  (SMA/MA) merupakan  tingkat  kemampuan  untuk  mencapai  Standar  Kompetensi  Lulusan (SKL)  yang  harus  dimiliki  seorang  peserta  didik  SMA/MA  pada  setiap  tingkat kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain  itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula. Kompetensi  inti  bisa  dikutip  dari  permendikbud  No.  21/2016  atau  permendikbud No. 24/2016 lampiran 20. 

c.  Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus  dimiliki  oleh  siswa  atau  kemampuan minimal  yang  harus  dapat  dilakukan atau ditampilkan oleh  siswa dari standar kompetensi untuk suatu mata pelajaran. Demikian  pula  kompetensi  dasar  PPKn  adalah  kemampuan  minimal  mata pelajaran  PPKn  yang  harus  dimiliki  oleh  siswa  atau  kemampuan  minimal  yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa dari Kompetensi Inti. Kompetensi  dasar  mata  pelajaran  PPKn  bisa  dilihat  dalam  permendikbud No. 24/2016 lampiran 20. Kompetensi dasar PPKn terdiri dari kompetensi dasar aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.

d.  Materi Pokok dan Uraian materi
Adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari oleh siswa sebagai sarana pencapaian Kompetensi Dasar atau tujuan pembelajaran. Dalam pengembangan materi PPKn hendaknya memperhatikan karakteristik kompetensi dasar Materi pembelajarannya. Materi  pokok  harus bemuat fakta,konsep,prinsip,prosedur,dan  metakognitif yang  relevan,dan    ditulis  dalam  bentuk  butir-butir  sesuai  dengan  rumusan indikator pencapaian kompetensi

e.  Kegiatan Pembelajaran atau Pengalaman Belajar
Pengalaman  belajar  adalah  kegiatan  fisik  maupun  mental  yang  perlu dilakukan oleh siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan materi pokok.  Kegiatan pembelajaran  yaitu kegiatan yang dil akukan  oleh  pendidik  dan  peserta  didik  untuk  mencapai  kompetensi  yang diharapkan. Berbagai  alternatif  pengalaman  belajar  dapat  dipilih  sesuai  dengan  jenis kompetensi  serta  materi  yang  dipelajari.  Dengan  demikian  pengalaman  belajar menunjukkan  aktivitas  yang  dilakukan  siswa  dalam  berinteraksi  dengan  obyek belajar untuk mencapai kompetensi dasar.

f.  Penilaian 
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan  pencapaian  hasil  belajar  peserta  didik.  Bentuk  penilaian  berbasis kelas  dapat  dilakukan  melalui  tes  maupun  non  tes.  Bentuk  penilaian  tes  dapat dilakukan  secara  lisan,  tertulis  dan  perbuatan,  sedangkan  bentuk  penilaian  non tes  dilakukan  dengan  menggunakan  jurnal,  lembar  observasi,  skala  sikap,  cek list, kuesioner, observasi, studi kasus dan portofolio . 

g.  Alokasi Waktu
Alokasi  waktu  pembelajaran  suatu  kompetensi  dasar  tertentu diperhitungkan  berdasarkan  analisis  dan  atau  pengalaman  penggunaan  jam pelajaran  untuk  mencapai  suatu  kompetensi  dasar  di  kelas.  Jadi  alokasi  waktu berisi perkiraan alokasi waktu yang akan digunakan dalan mencapai kompetensi yang diharapkan.
Download Juga: Kisi-Kisi Soal USBN SMP, SMA/SMK
h.  Sumber Belajar
Dalam  proses  belajar  mengajar,  sarana  pembelajaran  sangat  membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sarana pembelajaran dalam uraian ini lebih ditekankan pada sarana dalam arti media/alat peraga.

Link Download:
Kumpulan Silabus K13 SMA Revisi Terbaru 2017/2018 Kumpulan Silabus K13 SMA Revisi Terbaru 2017/2018 Reviewed by Niko Arisandi on 23:13:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.