Kendala, Masalah dan Solusi Daftar CPNS 2017 Periode 2

Kendala, Masalah dan Solusi saat Daftar CPNS 2017 Periode 2 dari Kemendagri. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2017 telah resmi dibuka. Pada periode pertama, lowongan CPNS yang dibuka adalah untuk instansi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Mahkamah Agung. Sedangkan untuk Periode ke-2 ada sekitar kurang lebih 61 intansi/lembaga pemerintahan baik dari lembaga kementerian maupun lembaga non kementerian. Proses pendaftaran semuanya dilakukan secara online pada website www.sscn.bkn.go.id yang sudah bibuka sejak tanggal 11 September sampai dengan tanggal 25 September 2017. Berkaca pada saat proses pendaftaran CPNS Periode 1, dimana terdapat beberapa masalah saat proses pendaftaran di website sscn.bkn.go.id maupun masalah yang berkaitan dengan berkas-berkas persayratan yang dimiliki. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas atau memberikan solusi dari masalah-masalah yang muncul saat proses pendaftaran. 


Kendala dan Solusi dari Permasalahan saat proses pendaftaran CPNS 2017 Periode 2. Banyak sekali masalah yang timbul saat proses pendaftaran CPNS secara online. Masalah yang timbul mulai dari proses pendaftaran pada website sscn.bkn.go.id (pembuatan akun), proses memasukkan berkas, hingga kesesuaikan berkas administrasi yang kita miliki seperti kecocokan antara data di Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Lahir, hingga pada Kartu Keluarga (KK). Apalagi pada saat inin mengurusi perbaikan data kependudukan dibutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak bisa langsung jadi dalam hitungan hari saja. 

Berikut ini beberapa Masalah, Pertanyaan dan Solusinya saat Proses pendaftaran CPNS Tahun Anggaran 2017 Periode 2 (September):

Website pendaftaran Online (sscn.bkn.go.id) Sulit dibuka / lama dibuka / erorr
Terkadang, website pendaftaran online sscn.bkn.go.id memang sulit sekali dibuka. Bahkan pada saat proses pendaftaran / pengisian data sulit sekali untuk loading. Sebenarnya itu semua tergantung pada koneksi internet masing-masing pendaftar. Disarankan pada saat mendaftar secara online pastikan koneksi internet lancar dan bebas hambatan. Gunakan tempat yang menyediakan koneksi lancar dan cepat, seperti di Hotspot area milik telkom yang biasa disediakan untuk umum, atau Anda bisa menggunakan warnet yang memiliki dan sudah terbukti memiliki akses internet cepat. 
Satu lagi yang harus diperhatikan pada saat mendaftar online yaitu apabila Anda ingin proses pendaftaran berjalan lancar, gunakan waktu mendaftar pada saat malam hari saat semua orang tidur. Karena pada waktu siang hari, banyak sekali yang membuka. Bahkan kebanyakan orang di seluruh wilayah di Indonesia telah membuka website pendaftaran CPNS online tersebut. 


Permasalahan Data Kependudukan berkaitan dengan Pendaftaran CPNS 2017 dan Solusi dari Kemendagri 

Dengan hormat kami sampaikan bahwa berkenaan dengan pendaftaran CPNS tahap Ke II yang sedang berlansung, berikut beberapa kendala dalam pendaftaran yang telah teridentifikasi dan solusi yang perlu disampaikan kepada penduduk, sebagai berikut: 
1. Kendala
  1. Penduduk telah memiliki Nomor Kartu Keluarga (KK) Baru namun masih mendaftar menggunakan nomor KK lama; 
  2. Penduduk Pindah datang tidak melapor dan tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku; dan 
  3. NIK tidak ditemukan, sedangkan yang bersangkutan telah memiliki KTP Elektronik
2. Solusi
  1. Penduduk agar memasukkan NIK dan Nomor KK baru atau NIK dan NIK Kepala Keluarga
  2. Apabila masih terdapat kendala, maka penduduk dapat menguhubungi: Call Center Dirjen Dukcapil (1500537); WA/SMS ( 08118005373); email: callcenter.dukcapil@gmail.com dengan menyertakan nomor handphone/nomor yang dapat dihubungi
  3. Berdasarkan pelaporan kendala dimaksud pada huruf b, Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri Memfasilitasi Penyelesainnya dalam Kerangka Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Kemudian Tim akan menginformasikan kepada yang bersangkutan untuk mendaftar kembali apabila masih terdapat kendala, dapat menghubungi Tim kembali. 
Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. 
a.n Menteri Dalam Negeri
Direktur Jenderal Kependudukan Pencatatan Sipil 
Download File Aslinya DISINI

Berapa Batas Usia Pendaftar CPNS 2017 Periode 2 ini?
Batas usia para pendaftar CPNS 2017 Periode 2 ini disesuaikan dengan pengumuman rekrutmen masing-masing Instansi. informasi ini sudah terdapat pada file pengumuman yang bisa Anda lihat lagi pada link dibawah ini: 

Bagaimana jika Data Kependudukan dan Catatan Sipil pendaftar tidak sesuai dengan Ijazah?
Apabila terjadi perbedaan data kependudukan, sesegera mungkin hubungi Kantor DUKCAPIL sesuai alamat KTP yang aktif untuk melakukan perbaikan data hingga sesuai dengan dokumen resmi milik pendaftar.

Apakah boleh melamar lebih dari 1 (satu) instansi ?
Pada rekrutmen CPNS Tahun Anggaran 2017 Periode 1 dan Periode 2 ini setiap pelamar CPNS hanya dapat melamar pada 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftara. 

Para pendaftar CPNS Periode 1 yang sudah dinyatakan GAGAL/Tidak Lolos apakah boleh mendaftar Pada CPNS Periode 2 tahun ini?Jawabannya adalah boleh-boleh saja. Pendaftar tidak perlu membuat akun baru lagi pada website sscn.bkn.go.id namun langsung memilih formasi jabatan pada suatu instansi.

Apakah boleh melamar lebih dari 1 (satu) jabatan ?
Jawabannya adalah setiap pelamar CPNS Periode 2 Tahun anggaran 2017 Periode 2 ini hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) formasi jabatan pada (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran CPNS.

Apalah yang dimaksud dengan Periode Pendaftaran?
Periode pendaftaran adalah satu kurun wktu tertentu dimana ada beberapa instansi yang membuka pendaftaran pada saat yang bersamaan. 

Bagaimana jika Pendaftar mengalami kendala pendfataran pada instansi yang menggunakan portal mandiri ?
Solusinya adalah silahkan langsung menghubungi call center atau customer care Instansi. 

Apakah yang dimaksud dengan Portal Mandiri?
Portal Mandiri adalah web pendaftaran CPNS Online yang dimiliki oleh intansi yang membuka pendftaran CPNS

Bagaimana Jika kode Captcha tidak terbaca atau tidak Tampil ?
Solusinya adalah segera lakukan clear history kemudian reload browser (aplikasi yang digunakan untuk mengakses website pendaftaran) Anda dengan cara Tekan tombol (Ctrl + F5).

Bagaimana Jika data tempat lahir Pendaftar tidak ada di referensi ?
Solusinya adalah gunakan Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kabupaten / Kota) pada saat Anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang Anda ketikkan benar. Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka Anda dapat melakukan permintaan penambahan data Tempat Lahir dengan meng-klik link Ttombol HelpDesk.

Pada saat Login sscn.bkn.go.id, Muncul Konfirmasi "User Tidak ditemukan", Bagaimana Solusinya?
Silahkan Cek kembali kartu Informasi akun sscn Anda, pastikan username yang Anda ketik sesuai dengan username pada Kartu Tersebut. Jika masih muncul informasi "User tidak ditemukan" maka Anda dapat menghubungi HelpDesk sscn.bkn.go.id 2017

Pada saat login sscn.bkn.go.id, Muncul konfirmasi "Password Salah", bagaimana solusinya?
Silahkan langsung Cek kembali kartu informasi akun sscn untuk memastikan lagi Username dan Password yang sudah terdaftar ke sscn. Silahkan menuju HelpDesk SSCN 2017.

Sudah melakukan pendaftaran akun SSCN 2017, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?

Setelah Pelamar melakukan pendaftaran Akun di SSCN, maka dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK dan Password yang sudah dibuat.

Dapatkah Pelamar mengganti/membatalkan instansi yang telah Dipilih?
Pelamar tidak dapat mengganti instansi yang telah dipilih apabila sudah menekan tombol Kirim.

Apakah Bisa / Boleh memperbaiki data yang sudah dikirim?
Pelamar TIDAK DAPAT memperbaiki data yang sudah dikirim, sehingga agar Pelamar Berhati-hati dalam mengisi data. Apabila tenyata masih ada data yagn perlu diberbaiki setelah dikirim maka data tersebut dapat diperbaiki pada saat setelah LULUS Ujian dan saat akan proses pemberkasan untuk penetapan NIP

Bagaimana cara mengubah pilihan instansi Pendaftaran ?
Jika pelamar belum melakukan penyimpanan (klik tombol "Simpan"), maka Pelamar masih dapat merubah pilihan instansi yang dilamar, namun jika Pelamar telah selesai melakukan pendaftaran, maka TIDAK DAPAT MERUBAH pilihan instansi yang dilamar.

Itulah tadi beberapa Pertanyaan atau masalah-masalah yang sering muncul pada saat Proses Pendaftaran Online CPNS di website sscn.bkn.go.id tahun 2017 Periode 2 ini. Semoga beberapa informasi di atas dapat membantu pada calon pendaftar yang mengalami beberapa kesulitan dalam proses pendaftaran CPNS 2017 ini. Tetap semangat dan optimis bisa lolos dan diterima menjadi PNS pada tahun 2017 ini. 
sumber: sscn.bkn.go.id
loading...
Kendala, Masalah dan Solusi Daftar CPNS 2017 Periode 2 Kendala, Masalah dan Solusi Daftar CPNS 2017 Periode 2 Reviewed by Niko Arisandi on 06:09:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.