Beginilah Proses Pelaksanaan Ujian CAT SKD CPNS 2017

Beginilah Proses Pelaksanaan Ujian CAT SKD CPNS 2017. Pelaksanaan Ujian SKD berbasis CAT di setiap wilayah/daerah masing-masing memang sangatlah menegangkan bagi pelamar CPNS Tahun 2017. Pada tahun 2017 ini Passing Grade (nilai ambang batas) telah mengalami kenaikan dari Test CAT tahun-tahun sebelumnya. Tentunya beberapa persiapan sebelum mengikuti Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sudah dimatangkan mulai dari alat transportasi menuju ke tempat pelaksanaan Ujian CAT SKD hingga pakaian yang akan digunakan untuk mengikuti Ujian CAT SKD CPNS Tahun 2017 ini. Berikut ada penjelasan mengenai rangkaian kegiatan dari Proses Pelaksanaan Ujian CAT SKD dari salah satu peserta yang telah mengikuti CAT SKD CPNS Kemenkumham di wilayah Jawa Timur Tahun 2017 ini. 

Persiapan Pelaksanaan Ujian CAT SKD CPNS 2017. Beberapa hari sebelum pelaksanaan Ujian, Pelamar wajib mempersiapkan segala persyaratan untuk mengikuti Ujian secara matang, diantaranya adalah Kartu Peserta Ujian yang sudah dicetak dan KTP. Selain itu Pelamar juga sudah harus mempersiapkan kemeja yang nantinya akan dipakai, peserta Ujian CAT diwajibkan memakai kemeja putih tanpa orak, celama panjang hitam, sepatu pantofel (bagi yang berkerudung, memakai kerudung hitam). Dan diusahakan peserta Ujian harus sudah hadir di tempat 90 menit sebelumnya. 

Cerita Pelaksanaan Ujian CAT dari salah satu Peserta Ujian CAT:

"Karena jarak tempuh di tempat ujian yang tergolong jauh, jadi saya memilih untuk berangkat malam hari dan sampai di tempat ujian sekitar pukul 04.00 WIB" kata Ahmad, salah satu peserta Ujian CAT Kemenkumham yang telah mengikuti ujian pada tanggal 14 September 2017 lalu di Surabaya. Wanita yang akrab disapa Ahmad tersebut juga menceritakan bahwa sudah banyak para peserta yang mengantri di depan lokasi Ujian pada jam 4 pagi. 

Para peserta baru diperbolehkan memasuki area Ujian CAT sekitar pukul 05.00 WIB, padahal ujian CAT yang gelombang pertama baru dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB.

Tahap pertama sebelum mengikuti Ujian CAT, para peserta diwajibkan untuk melegalisir Kartu Pesera Ujian CAT. Sebelum peserta mengantri untuk legalisir, peserta mengumpulkan barang bawaan (tas) di dalam sebuah ruangan penyimpanan khusus (ruang penitipan yang disediakan panitia). Peserta tidak diperbolehkan membawa tas, alat tulis, Handphone, perhiasan, jepit rambut dan peralatan lain. Yang dibawa ketika legalisir kartu Ujian CAT adalah Kartu Peserta Ujian (yang sudah ditempel 2 foto ukuran 4x6) dan KTP Asli. Pada saat legalisir, para peserta nantinya juga akan diberikan PIN yang digunakan untuk membuka aplikasi Ujian CAT. 


Karena proses antri yang begitu lama, peserta dianjurkan mempersiapkan kesehatan tubuhnya dengan baik. "Ketika mengantri legalisir Kartu Ujian, rasanya saya ingin pingsan" ujar Ahmad. Karena pada saat melakukan legalisir, peserta juga diburu oleh waktu. 


Setelah Kartu Peserta dilegalisir oleh panitia, para peserta ujian mengantri di tenda tunggu sebelum masuk ke ruang Ujian CAT SKD CPNS Kemenkumham 2017. Sebelum masuk, para peserta dicek terlebih dahulu oleh panitia, mulai dari ujung rambut sampai pada ujung kaki. Bahkan kerapian pakaianpun juga diperhatikan oleh panitia. "Pada saat itu ada salah satu peserta yang lengan kemejanya di lipat kedalam, ternyata setelah diperiksa oleh panitia, terdapat gulungan kertas contekan", kata Ahmad. 

Sebelum memulai Ujian, panitia pelaksanaan CAT memberikan pengarahan mengenai pengoperasian Ujian CAT diantaranya adalah cara mengerjakan soal CAT, informasi kelulusan (Passing Grade) dan juga membacakan peraturan Ujian. Setelah memasuki Aplikasi CAT, peserta diarahkan untuk mencocokan kembali Nama Peserta dan NIK apakah sudah sama apa belum. 


Ujian CAT SKD berlansung selama 90 menit. Nilai Akhir Ujian akan muncul secara otomatis setelah peserta Ujian meng-klik tombol "Selesai" atau ketika waktu Ujian sudah habis. "Saya kaget dan merasa terharu, karena tiba-tiba waktu habis dan muncul informasi di layar bahwa nilai memenuhi Passing Grade", ujar Ahmad. 

Setelah mengikuti Ujian CAT, peserta juga masih bisa melihat hasilnya pada Area Live Score CAT yang menampilkan nilai-nilai ujian peserta. Apabila ingin melihat nilai yang sudah diranking oleh panitia, maka Anda harus menunggu pihak panitia menempelkan pengumuman di papan pengumuman nilai di samping layar live score kira-kira kurang lebih 30 sampai 60 menit. "Setelah ujian saya tidak langsung pulang, tetapi menunggu hasil yang ditempel oleh panitia sekitar 1 jam setelah ujian untuk memastikan lagi", kata Ahmad. 

Itulah tadi, beberapa informasi yang telah dicerikan oleh Ahmad, salah satu peserta Ujian CAT dari Jawa Timur. Semoga informasi di atas dapat berguna bagi para peserta yang akan mengikuti CAT sesi selanjutnya (CPNS KemenkumHAM lulusan SLTA dan CPNS 2017 Periode 2). Adapun saran untuk calon peserta Ujian CAT yaitu Sering-seringlah untuk mengerjakan latihan soal CAT di beberapa website yang menyediakan simulasi CAT gratis dan juga persiapan mental dan fisik serta banyak-banyak berdo'a.
loading...
Beginilah Proses Pelaksanaan Ujian CAT SKD CPNS 2017 Beginilah Proses Pelaksanaan Ujian CAT SKD CPNS 2017 Reviewed by Niko Arisandi on 08:14:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.