Cara Membuat Surat Lamaran yang Memikat - Bagi Lulusan Baru

Cara Membuat Surat Lamaran yang Memikat - bagi Lulusan Baru. Membuat surat lamaran memang bukanlah hal yang tergolong sulit, bahkan Anda bisa mencari referensi mengenai cara membuat surat lamaran di internet, banyak sekali yang memberikan arahan bahkan mereka memberikan dan membagikan file mentah untuk dapat diedit. Namun, yang perlu Anda ketahui sebenarnya bukan tingkat kesulitan membuat sebuah surat lamaran itu sendiri, akan tetapi bagaimana caranya surat lamaran yang anda buat tersebut bisa memikat seseorang yang membacanya dan kemudian dapat mempertimbangkannya. Karena pada saat seorang manajer Personalia membaca ribuat surat lamaran yang dialamatkan kepadanya, sudah jelas kejenuhan dan kebosanan menghinggapinya. Hanya surat lamaran yang baik, unik dan daya pikat tersendiri yang akan dipertimbangkan. Apalagi kalau Anda merupakan salah satu orang yang baru saja lulus dari jenjang pendidikan tinggi misalnya, tantanganya sangat berat sekali karena saat ini banyak sekali lulusan sarjana yang masih menganggur dan mereka semua menunggu pekerjaan baru mereka. 

Menulis Surat Lamaran Menarik dan Memikat

Surat Lamaran yang Memikat bagi Seorang Lulusan Baru. Setelah lulus dari perguruan tinggi, tantangan dan beban sangatlah besar dan itu semua dialami oleh kebanyakan seseorang yang baru lulus. mereka berusaha mencari pekerjaan pertama mereka dan disamping itu mereka juga menanggung beban sebagai lulusan seorang sarjana yang sudah menjadi kebanggan keluarga dan teman-teman terdekat mereka. Jadi, kalau dia sampai saat ini masih belum mendapatkan kerja, maka perasaan malu saat ditanya "Sekarang kerja dimana?.." itu sudah pasti ada dan sudah pasti sangat tidak enak sekali. 
Baca Juga: Langkah Menyiapkan Surat Lamaran yang Baik
Untuk membuat sebuah surat lamaran dan beberapa dokumen yang dibutuhkan sehingga kamu dapat dipanggil untuk wawancara memang tidaklah mudah, tidak hanya mengandalkan IPK saat lulus dan skill yang Anda miliki semata. Namun, dibutuhkan strategi khusus untuk membuat manager personalia yang membaca surat Anda bisa tertarik untuk memanggil anda mengikuti wawancara untuk bertanya lebih lanjut. 

Surat lamaran yang baik dan Memikat itu sangatlah penting. Mengapa demikian ? Karena surat lamaran kerja adalah suatu hal yang mengantarkan kalian menuju gerbang masuk menuju perusahaan yang Anda incar. 

Sebuah Surat lamaran yang efektif dan bagus itu harus memberikan gambaran yang jelas dan nyata mengenai siapa diri Anda sebenarnya dan juga informasi penting terkait pendidikan, keterampilan, dan prestasi Anda. namun dalam membuat surat lamaran bukan hanya harus baik dan efektif saja, Melainkan surat lamaran yang memikat dan menarik sangatlah dibutuhkan untuk mendapatkan kesempatan mengikuti wawancara akhir-akhir ini. Lantas, bagaimanakah caranya untuk membuat surat lamaran yang memikat, berikut ini adalah beberapa tips dan triknya:

Buatlah Kalimat Paragraf Pertama yang Memikat

Sebelum membaca surat lamaran yang jumlahnya tidak sedikit bahkan bisa ribuan, pastinya seseoarang akan mempunyai perasaan bosan, jenuh dan lain sebagainya. Tidak sedikit surat lamaran yang dibuang pada tempat sampah karena pada kalimat pembukanya terlihat biasa-biasa saja dan tidak menarik sama sekali. Padahal sebenarnya orang yang membuat surat tersebut memiliki wawasan yang baik dan skill yang cukup bagus. hanya karena surat lamaran yang dia buat sangat standar dan membosankan dewi fortuna tidak jadi memihak dirinya. 

Kenapa paragraf pertama sangatlah penting dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan? Karena paragraf pertama itu adalah kunci supaya pembaca surat lamaran tersebut mau membaca tulisan tersebut lebih banyak lagi, sehingga semua surat lamaran dan berkas dokumen yang Anda kirim dapat diamati dengan baik. 

Buatlah Surat Lamaran yang Menonjol

Kalau berbicara yang menonjol-menonjol pasti banyak anak cowok yang suka. khahaha... namun kali ini bukan menonjol-menonjol yang itu. Memang sih, untuk menarik perhatian yang menonjol-menonjol juga sedikit diperlukan, wkwkwkk... Oke kita serius sedikit ya.. Dalam pembuatan surat lamaran ternyata yang kata atau kalimat yang menonjol itu juga diperlukan loo.. Tulislah sebuah kalimat mengenai diri Anda dan kelebihan anda dengan kalimat yang berbeda dan menarik. Misalnya saja jika anda memiliki skill di atas rata-rata, salah satunya yaitu dapat mengentri data (mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard dengan cepat ), Maka tonjolkanlah kemampuan Anda tersebut. Pasti yang membaca akan merasa tertarik dan penasaran ingin bertemu dan menguji kemampuan yang Anda miliki. 

Perhatikan Ejaan 

Buatlah surat lamaran yang seseumpurna mungkin, Jangan sampai terdapat kesalahan penulisan kata atau ejaan. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari penggunaan bahasa-bahasa daerah yang sulit untuk dimengerti oleh kebanyakan orang. karena belum tentu yang membaca surat lamaran Anda adalah orang yang sedaerah dengan Anda. Penataan bahasa yang baik dan rapi merupakan salah satu apakah surat lamaran yang Anda buat akan dibuang di tempat sampah atau tidak. Jadi, untuk menghindari beberapa kesalahan penulisan kata atau ejaan, lakukan pengecekan secara berkala. Dan kalau bisa mintalah orang tua atau teman Anda untuk membaca surat lamaran yang kamu buat, supaya mereka juga bisa mengecek. 

Memintalah untuk Diundang Wawancara

Setelah Anda menuliskan kalima-kalimat yang sangat memikat pada paragraf pertama dan menonjolkan keahlian atau kelebihan Anda pada surat lamaran tersebut. Jangan lupa, pada penutup surat berikan sentuhan magis supaya si pembaca surat semakin tertantang untuk memanggil anda untuk mengikuti wawancara dan penasaran tentang diri Anda. 

Buatlah sebuah permintaan untuk mengikuti wawancara pada paragraf penutup surat lamaran Anda. sebab, tujuan dari surat lamaran itu sendiri adalah sebuah panggilan kerja yang akan berlanjut ke tahap seleksi berikutnya. 
Baca Juga: Penyebab Pelamar Kerja Tidak Mendapatkan Panggilan Kerja
Salah satu contoh kalimat permohonan untuk mengikuti wawancara yang dapat Anda gunakan pada paragraf penutup surat lamaran tersebut seperti ini: " Saya akan sangat senang bila mendapat kesempatan kerja di (Perusahaan yang Anda lamar) dan Saya dengan senang hati bersedia diwawancara melalui telepon. Saya juga bersedia datang mengikuti wawancara." 

Jangan lupa pada bagian akhir surat menuliskan ucapan terikasih. 
Selamat Mencoba...
Downoad: Surat Lamaran Kerja Baik dan Sudah Terbukti
Cara Membuat Surat Lamaran yang Memikat - Bagi Lulusan Baru Cara Membuat Surat Lamaran yang Memikat - Bagi Lulusan Baru Reviewed by Niko Arisandi on 08:48:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.