Siswa SMK di Blora menciptakan alat deteksi gempa

Keren, siswa smk bisa menciptakan alat deteksi gempa dengan alat sederhana - Sebagai negara dengan jumlah gunung aktif paling banyak Indonesia adalah salah satu negara yang sering mengalami bencana alam gempa bumi, entah karena aktivitas gunung berapi atau karena terjadinya pergeseran lempeng bumi di dalam laut. Dengan terjadinya peristiwa ini maka gempa bumi sering kali menimbulkan korban yang jumlahnya tidak sedikit. Bahkan Indonesia adalah negara dengan tingkat rawan gempa yang cukup tinggi, karena berada di pertemuan tiga lempeng aktif dunia.
Dengan ini banyak orang yang berusaha menciptakan alat-alat untuk bisa mendeteksi terjadinya gempa, salah satunya adalah tiga siswa SMK Negeri 1 Blora yang telah menciptakan detektor gempa sederhana yang telah dipasang dirumah-rumah di daerah tersebut.

Alat detektor ini diciptakan oleh Nova Milga bersama dengan dua temannya yaitu Suluh Nuswantoro dan Ahmad Junaedi, mereka berasal dari jurusan teknik kendaraan ringan dan alat detektor tersebut dibuat dengan alat sederhana yaitu pralon bekas. Pralon tersebut diberi bandul besi yang akan bergetar akibat guncangan gempa.

Alat ini akan sangat membantu ketika terdeteksi ada getaran gempa, apalagi ketika getaran yang dihasilkan cukup besar maka bandul yang telah dipasang tersebut akan menyentuh lempengan yang  berbentuk lingkaran (ring) tersebut yang juga dipasang di dalam pralon dan akan menimbulkan suara serta lampu LED yang telah dirancang akan mengeluarkan cahaya.

Baca juga Aku Untuk Indonesia (menggali potensi Indonesia) 

Nova menjelaskan bahwa alat ciptaannya bisa mendeteksi gempa dari 2 skala richter (SR). Alat ini tidak hanya bisa mendeteksi bencana gempa saja tapi juga bisa mendeteksi bencana lain seperti tanah longsor dan bencana yang lainnya juga.

Alat ini sedang disempurnakan oleh ketiga penciptanya untuk disesuaikan dengan kondisi percepatan tenaga pada suatu bencana. Tidak hanya itu untuk kedepannya mereka bertiga juga berniatan untuk mematenkan hasil karya mereka agar bisa digunakan untuk semua orang. 
loading...
Siswa SMK di Blora menciptakan alat deteksi gempa Siswa SMK di Blora menciptakan alat deteksi gempa Reviewed by Fitria Ningsih on 03:00:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.