Jadwal Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK dan SMP Tahun 2017

Jadwal Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK dan SMP Tahun 2017. Setelah Melaksanakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2017, informasi yang paling ditunggu yaitu Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK maupun SMP Tahun 2017. Maka dari itu, kami ingin membagikan informasi mengenai Jadwal Pengumuman Kelulusan siswa SMA/SMK dan Siswa SMP Tahun 2017 ini. Dimana informasi tersebut bersumber dari Dokumen Prosedur Operasional Standar (POS) UN Tahun 2017 yang telah dikeluarkan olek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Informasi yang akan kami berikan yaitu mulai dari pemindaian Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN), Proses pengiriman LJUN ke Pusat hingga pada tanggal pengumuman kelulusan di setiap tingkatan sekolah (SMP hingga SMA/SMK).

Sebelum mengetahui Jadwal Pengumuman Kelulusan Siswa Tahun 2017 ini, ada baiknya kita ulas kembali perjalanan Pelaksanaan UN sendiri. Pada Tahun ini UN dilaksanakan ke dalam 2 tipe ujian. Yang pertama dilaksanakan menggunakan komputer atau biasa disebut sebagai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan yang kedua dilaksanakan menggunakan model Ujian Tulis seperti pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun mulai pada tahun 2017 ini, bukan hanya UN saja yang dilaksanakan secara bersama-sama serempak di seluruh Indonesia namun sebelum pelaksanaan UN Siswa SMA/SMK dan SMP terlebih dahulu mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). 

Pengumuman Kelulusan Siswa

Pada Tahun 2017 ini, UN tidak menjadi salah satu patokan untuk menentukan kelulusan siswa SMP dan SMA/MK sederajat. Penentuan kelulusan di kembalikan kepada pihak sekolah dengan cara memperhitungkan nilai-nilai raport dan nilai ujian sekolah. Sehingga kejadian siswa bunuh diri karena nilai UN jelek tidak akan terjadi lagi. Siswa yang rajin dan memiliki catatan nilai bagus selama mengikuti beberapa ujian di sekolah akan tetap dapat lulus dengan predikat memuaskan. 
Baca Juga: Jadwal USBN, UNBK dan UNKP SMP dan SMA/SMK Sederajat Tahun 2017
Jadwal Lengkap mengenai Pengumuman Kelulusan Siswa SMP dan SMA/SMK Sederajat bisa anda lihat pada tabel jadwal pengolahan LJUN hingga penentuan kelulusan yang diambil dari POS UN Tahun 2017. Jika Anda adalah seorang siswa SMA yang sudah mengikuti UN pada tahun 2017 ini, maka Anda bisa memperkirakan tanggal berapa pengumuman kelulusan akan diumumkan. Jadi, Anda tidak perlu gelisah galau merana menunggu pengumuman kelulusan dari Sekolah. Anda bisa menggunakan waktu luang selama menunggu pengumuman kelulusan untuk belajar mengenai materi yang akan diujikan saat mengikuti SBMPTN atau Ujian seleksi Masuk ke PTN tertentu yang Anda cita-citakan. 

KEGIATAN
SMA Sederajat
SMP Sederajat
PemindaianSMK/MAK:
4-9 April 2017

SMA/MA:
10-20 April 2017

Susulan
17-20 April 2017
Utama:
3-17 Mei 2017

Susulan:
22-25 Mei 2017
Batas akhir pengiriman nilai kompetensi (SMK/MAK)21 April 2017
-
Batas akhir pengiriman hasil pemindaian ke Panitia UN PusatSMK/MAK:
11 April 2017

SMA/MA:
21 April 2017

Susulan :
21 April 2017
Utama:
18 Mei 2017

Susulan:
26 Mei 2017
Skoring11 – 26 April 201718 – 26 Mei 2017
Pengiriman Data Hasil UN ke Provinsi27 April 201727 Mei 2017
Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan2 Mei 20172 Juni 2017

Itulah tadi Jadwal Lengkap Pengumuman Kelulusan siswa SMP hingga SMA/SMK Sederajat yang dimulai dari Pemindaian Lembar Jawaban UN hingga pada diumumkannya kelulusan siswa oleh pihak sekolah masing-masing. 

Setelah lulus dari satuan pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) sebenarnya masih banyak hal yang perlu disiapkan untuk mengikuti ujian seleksi masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA sederajat ) yang populer di daerah masing-masing. Jadi, sebenarnya jika Anda dinyatakan lulus dari SMP itu bukan merupakan hal yang fantastis dan menghebohkan, namun Anda akan merasa senang jika bisa diterima masuk ke sekolah SMA yang Anda idam-idamkan. 

ilustrasi gambar: tribunnews.com

Begitu juga dengan Siswa SMA yang akan lulus pada tahun ini. Sebaiknya Anda persiapkan waktu sebaik mungkin. Jadi ketika selesai mengikuti UN, Anda bisa memanfaatkan waktu yang kosong untuk mengasah ilmu sebaik mungkin untuk menghadapi seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta yang diidam-diidamkan. Hindari kegiatan yang kurang berguna seperti Coret-Coret Baju Seragam sekolah ketika pengumuman kelulusan, Pesta Miras untuk merayakan pengumuman kelulusan dan hal negatif lainnya. Lebih baik, Anda sumbangkan seragam sekolah Anda yang masih bagus untuk adik-adik kelasnya yang kurang mampu, sehingga lebih bermanfaat.
Baca Juga: Daftar Sekolah Ikatan Dinas PNS Tahun 2017
Bagi siswa yang akan lulus dari jenjang SMA/SMK sederajat yang memiliki keterbatasan kemampuan baik finansial orang tua maupun akademik yang kurang menonjol, Anda tidak perlu berkecil hati. Karena jalur sukses tidak hanya melalui perguruan tinggi. Banyak contoh nyata pengusaha-pengusaha yang sukses lulusan SMA/SMK. Intinya, setelah lulus dari SMA/SMK sederajat, jangan sampai anda menjadi orang yang malas dan disebut sebagai pengangguran. Banyak hal yang bisa dilakukan di negeri ini. Semua itu tergantung orang/pribadinya masing-masing. 

Jika kita mau berusaha, jalan pasti akan terbuka lebar...  
Jadwal Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK dan SMP Tahun 2017 Jadwal Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK dan SMP Tahun 2017 Reviewed by Niko Arisandi on 22:08:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.