Ternyata Lulusan SMA Punya Peluang jadi PNS

Ternyata Lulusan SMA punya peluang jadi PNS. Selama ini, lowongan kerja yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang Indonesia yaitu adalah lowongan kerja untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru. Sejak pergantian presiden baru, Pemerintah belum membuka penerimaan CPNS secara besar-besaran. Namun, pemerintah melakukan upaya penataan kembali para PNS dan lebih mengoptimalkan kinerjanya. Namun begitu, pada tahun 2016 lalu masih ada penerimaan CPNS baru bagi tenaga pendidikan dan kesehatan, meski rekrutmennya tergolong khusus sepeti Guru Garis Depan, Tenaga Kesehatan namun kesempatan itu masih tetap ada. Pada tahun lalu, penuntutan pegawai honorer K2 supaya diangkat menjadi PNS belum menemui titik temu. Lantas bagaimana Kesempatan / Peluang untuk para Lulusan SMA yang ingin menjadi PNS?

Lulusan SMA bisa jadi PNS
ilustrasi: Siswa SMA

Peluang Lulusan SMA Jadi PNS Terbuka Lebar. Pada tahun 2017 ini, ternyata peluang lulusan SMA sederajat untuk bisa menjadi PNS terbuka lebar. Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah memberikan pengumuman mengenai Penerimaan Calon siswa-siswi/taruna-taruni pada Kementerian / Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan pada Tahun 2017 ini. Jadi bagi para lulusan SMA tahun 2017 bisa mendaftar pada Instansi/Lembaga pendidikan kedinasan yang membuka pendaftaran. 

Instansi/Lembaga Kedinasan yang membuka pendaftaran diantaranya adalah Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Perhubungan (STTD), Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim), Badan Intelegen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (STIS), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) dan Lembaga Sandi Negara (STSN). Pendidikan Kedinasan tersebut rata-rata membuka pendaftaran online pada tanggal 9 Maret 2017 sampai dengan 31 Maret 2017 melalui portal www.panselnas.id

Anda bisa mendownload pengumuman resminya DISINI.
Bagi para siswa SMA sederajat yang saat ini masih menduduki kelas XII dan akan lulus pada tahun 2017 ini memiliki kesempatan emas untuk bisa mendaftar dan mengikuti seleksi di salah satu lembaga pendidikan yang memiliki program pendidikan kedinasan tersebut. Satu siswa hanya diperbolehkan mendaftar pada satu Instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan saja, apabila diketahui mendaftar pada beberapa Instansi/Lembaga maka secara otomatis dia akan dinyatakan gugur. 

Setelah melakukan pendaftaran secara online yang terpusat pada website www.panselnas.id Calon siswa/taruna akan mengikuti seleksi secara bertahap pada masing-masing kementerian/lembaga. Tahapan seleksi sudah diatur oleh masing-masing kementerian/lembag. salah satu seleksi masuk pada pendidikan kedinasan yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Jadi, persiapkanlah diri kamu mulai dari sekarang, belajarlah yang rajin dan banyak berdo'a apabila Anda ingin lolos dan diterima, karena jumlah pendaftarnya biasanya sangat banyak sekali dan persaingan sangat ketat. 

KemenPAN-RB juga menghimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati terhadap penipuan yang beraneka ragam, biasanya modus-modus penipuan sering muncul terkait dengan adanya penerimaan calon siswa/taruna di pendidikan kedinasan tersebut. Ada yang menjanjikan akan meloloskan apabila dia mampu membayar sejumlah uang. Hal tersebut sangat tidak dibenarkan. Tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusa dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu. 


Apabila Anda tertarik untuk menjadi PNS melalui jalur ini, Silahkan saja simak informasi Mekanisme pendaftarannya lengkap pada artikel di bawah;

Baca Juga: Mekanisme Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas tahun 2017 dari KemenPAN-RB
Ternyata Lulusan SMA Punya Peluang jadi PNS Ternyata Lulusan SMA Punya Peluang jadi PNS Reviewed by Niko Arisandi on 13:32:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.