Peran PTS dalam pemerataan pendidikan tinggi


Peran penting PTS dalam pemerataan pendidikan tinggi - Prof Herry, Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau mengatakan bahwa PTS (Perguruan Tinggi Swasta) memberikan peran penting untuk melakukan pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia.

Seperti yang dikatakan olehnya pada Senin (27/03/2017) "Ada 4 ribu lebih perguruan tinggi di Indonesia, sebagian besar merupakan PTS," dikutip dari Okezone.com.

Dia juga memberikan pernyataan bahwa hanya ada 200-an perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, dari jumlah PTN tersebut dikatakan bahwa tidak bisa memenuhi pendidikan tinggi di lebih dari 17 ribu pulau di Indonesia.

maka disinilah peran PTS di kota/kabupaten kecil yang tidak dapat dijangkau oleh PTN agar para siswa lulusan SMA bisa melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi tanpa harus meninggalkan daerahnya.

"Dengan tujuan dan sasaran yang sama, PTS dapat menjaring banyak lagi mahasiswa dari daerah, khususnya 3T tertinggal, terdepan, dan terluar," tambahnya.

Karena masih banyak siswa dari daerah yang tidak mampu bersaing dengan siswa di kota besar untuk bisa mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi favorit.

Tidak hanya itu masih banyak lagi siswa yang tidak bisa mendapatkan pendidikan diperguruan tinggi karena beberapa faktor, buktinya hanya sekitar 7 juta jiwa yang terdaftar dalam perguruan tinggi dengan jumlah penduduk Indonesia lebih dari 250 juta jiwa.

Maka dari itu pemerintah daerah, swasta sedang melakukan perombakan untuk memperbaiki kualitas PTS di daerah.

"Dengan berkualitasnya ribuan PTS tentu akan menjamin terciptanya jutaan lulusan berdaya saing yang berimplikasi meningkatnya kualitas sumber daya manusia secara keseluruhan," tambahnya.

Baca juga Beasiswa S-2 dari University of Westminster

Dan akan menambah jumlah PTS baru untuk daerah sesuai dengan persyaratan dair Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Sedangkan pernyataan dari Mohammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menegaskan bahwa sumber daya unggulan akan diciptakan melalui pemerataan pendidikan tinggi yang akan lebih diprioritaskan.

Dia juga mengatakan bahwa pekerjaan rumah dari pemerintah pusat yang paling besar adalah melakukan perkuatan dan pemerataan pendidikan tinggi di daerah 3T dan berusaha memberikan pendidikan untuk warga dengan ekonomi yang kurang mencukupi.
loading...
Peran PTS dalam pemerataan pendidikan tinggi Peran PTS dalam pemerataan pendidikan tinggi Reviewed by Fitria Ningsih on 04:03:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.