Universitas harus lebih unggul dari SMK di bidang Pengembangan Teknologi


SMK dinilai lebih unggul dari Universitas di bidang Pengembangan Teknologi - Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) mengatakan bahwa Universitas memiliki peran yang penting sebagai pusat riset dan inovasi. Harusnya keduanya mampu berkontribusi dalam pembangunan perekonomian Indonesia.

Untuk jaman seperti sekarang teknologi tepat guna sangat dibutuhkan untuk menggerakkan pembangunan desa. Maka dari itu Puan meminta agar pembangunan, penelitian, dan penerapan iptek harus diprioritaskan dan fokus walaupun alokasi dana yang dianggarkan masih terbatas.

Seperti yang dijelaskan olehnya ketika menghadiri Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2017, pada Kamis (02/02/2017), "Saat saya ke Boyolali kemarin mendampingi Presiden Joko Widodo, banyak sekali SMK yang telah mampu membuat peralatan-peralatan berteknologi maju yang juga dibutuhkan kalangan industri" dikutip dari Okezone.com.

Dari hal tersebut Puan berharap universitas bisa lebih mampu menciptakan teknologi, terutama yang dibutuhkan untuk proses industri. Dari kunjungan yang dilakukan oleh Puan ternyata sudah banyak peralatan modern yang diciptakan oleh anak-anak SMK dari pada dari kalangan mahasiswa.

"Untuk itu, kita harus fokus menetapkan dan menghadirkan peralatan berteknologi tinggi namun sejalan dengan kebutuhan saat ini dan jangka panjang" jelasnya.

Baca juga FKIK UIN Alaudin Makassar mengangkat dua dosen dari Belanda

Dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia Puan berpesan agar konferensi tersebut mampu menghasilkan formula riset dan inovasi yang bisa digunakan untuk percepatan pembangunan nasional di masa mendatang.

Acara tersebut tidak hanya di hadiri oleh Menko-PMK tapi juga dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir dan Menteri Kelauta dan perikanan Susi Pudjiastuti.
Universitas harus lebih unggul dari SMK di bidang Pengembangan Teknologi Universitas harus lebih unggul dari SMK di bidang Pengembangan Teknologi Reviewed by Fitria Ningsih on 00:45:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.