UMM targetkan tiga besar untuk mobil listrik ciptaannya


Mobil listrik UMM targetkan tiga besar - Tim Singhasari Super Mileage Universitas Muhammdiyah Malang (UMM) menciptakan mobil listrik dengan yang disebut purwapura (prototype) mobil listrik hemat energi yang menggunakan penggerak motor listrik BDC dengan daya 250 W dan rpm maksium 300 rpm.

Iis Siti Aisyah, Dosen pembimbing dari teknik mesin menjelaskan mobil ini didesain aerodinamis, stylish, ringan, dan dilengkapi sistem transmisi khusu. Sistem transmisi adalah sistem rancangan khusu sprocket dan rantai.

Chasis menggunakan welded aluminium yang dipadukan dengan bodi fiberglass."Bodi mobil didesain ringan berbahan dasar fiberglass agar hemat energi" jelasnya lagi ketika ditemui di Malang, pada Jumat (17/02/2017), dikutip dari Republika.co.id. 

Sumber tenaga primer yang dibutuhkan mobil listrik didapat dari baterai Lifepo4 yang memiliki daya 48 volt dan kapasitas 10 Ah. Untuk baterai penunjang menggunakan baterai Lithium Polimer yang memiliki daya 12 volt dan kapasitas 5,6 Ah.

Karya inilah yang membuat Tim Singhasari Super Mileage UMM sudah diap diadu di kotes mobil hemat energi Internasional yang diselenggarakan di Singapura. Tim dari Singhasari adalah mahasiswa dair jurusan teknik mesin dan teknik elektro yaitu Abdul Qowi sebagai manajer tim, Yudho Terial Panji, Intan Maharani, Ali Mahfud, Fikri Akbar, dan Afriansyah.

Dukungan yang mereka dapat tidak hanya dari Kampus Universitas Muhammadiyah Malang saja yang memberiakan dukungan penuh pada Tim Singhasari Super Mileage UMM tapi mereka juga mendapat sponsor dari LazisMu. Dan Tim Singhasari akan berangkat ke Singapura pada 14 Maret 2017, sedangkan untuk perlombaan akan berlangsung pada tanggal 15-19 Maret 2017.

Baca juga Dosen asal Jepang kagum pada mobil listrik karya mahasiswa UNY 

Abdul Qowi mengatakan bahwa tim yang menjadi saingan terberat dari Tim Singhasari adalah tim dari Cina dan Singapura untuk memperebutkan posisi juara. Dia juga mengatakan dengan optimis "Target tim kita bisa masuk ke tiga besar".

Kompetisi yang mereka ikuti adalah Shell Eco Marathon Asia, ajang ini adalah ajang bergengsi kompetisi tahunan yang mendapatkan sponsor dai Shell. Dan di tahun ini ada 100 tim dari Asia yang mengikuti kompetisi ini. Dari Indonesia ada 34 tim yang mengikuti kompetisi ini.
UMM targetkan tiga besar untuk mobil listrik ciptaannya UMM targetkan tiga besar untuk mobil listrik ciptaannya Reviewed by Fitria Ningsih on 07:35:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.