Pemilu Elektronik di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali


Pemilu elektronik di untuk pemilihan HMJ PTI Undiksha - Pemilu yang sering dilakukan menggunakan kertas ternyata bisa dilakukan menggunakan media elektronik, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali telah menerapkan sistem pilihan umum elektronik (e-vote) untuk melakukan pemilu raya di kampus. Hal ini dicetuskan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Fakultas Teknik Kejuruan (FTK) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali.

"Sistem pemilihan dengan e-vote lebih praktis daripada pemilihan secara manual yang memerlukan banyak biaya dan waktu" jelas Aini Fitri, Ketua Panitia Pemilu Raya PTI, di Singaraja, dikutip dari Okezone.com.

Sistem pemilu elektronik ini sangat memperkecil terjadinya mahasiswa yang golput karena mahasiswa yang tidak memilih dapat dengan mudah diketahui.

Sistem ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk seluruh mahasiswa yang masih aktif untuk tetap memilih. Sistem ini juga bersifat komprehensif yang menimbulkan suasana transparan dan lebih aman baik melakukan pengawasan pada para peserta maupun penjagaan pada data pemilu.

"Sistem ini juga mudah digunakan, karena mahasiswa calon pemilih dapat mengaksesnya dengan nama dan kata kunci akun sistem informasi akademik (SIAK) Undiksha" ujarnya.

Mahasiswa aktif PTI harus ikut berpartisipasi dalam menetukan HMJ PTI untuk kedepannya. Pemilu bisa dilakukan dengan mengakses link berikut hosting.undiksha.ac.id/evoting/panel/.

Link tersebut hanya bisa diakses oleh mahasiswa semester VII keatas, sedangkan untuk mahasiswa semester VI kebawah akan menggunakan hak suaranya disuatu ruangan yang digunakan sebagai tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga Download Silabus OSN SMP Tahun 2017 

"Di TPS itu sudah disediakan bilik-bilik yang di dalamnya dilengkapi dengan layar komputer" tambahnya.

Calon Ketua HMJ PTI adalah Putu Wisnu Eko Putra, Eka Suprianta, dan Gede Agus Supriadi. Pemilu ini diikuti oleh 498 mahasiswa yang memiliki hak suara untuk memilih.
loading...
Pemilu Elektronik di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali Pemilu Elektronik di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali Reviewed by Fitria Ningsih on 04:58:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.