Pembangunan Sekolah SLB di seluruh Tanah Air


Pembangunan 11 SLB di seluruh Indonesia - Pemerindah akan membangun 11 sekolah luar biasa (SLB) untuk anak-anak berkebutuhan khusus di tanah air melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Hal ini dilakukan agar anak berkebutuhan khusu bisa mendapatkan pelayanan pendidikan untuk mereka.

Seperti yang dikatakan oleh Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) berikut "Kami harus memastikan anak-anak berkebutuhan khusus dapat mengembangkan potensinya agar berkembang, mandiri, dan diterima masyarakat. Oleh sebab itu Kemdikbud akan memberikan prioritas percepatan dan perluasan akses untuk anak-anak berkebutuhan khusus" dikuti dari okezone.com.

Dia juga mengatakan bahwa harusnya pendidikan untuk semua kalangan dan tidak boleh ada diskriminasi didalamanya dengan alasan adanya sekolah umum dan sekolah berkebutuhan khusus.

Tapi anak berkebutuhan khusus tidak harus menempuh pendidikan di SLB mereka juga bisa bersekolah di sekolah umum seperti biasa agar tidak tergantung pada SLB. Dengan demikian sekolah umum yang memiliki murid berkebutuhan khusus akan menerima insentif dari Kemendikbud sebagai inklusi anak berkebutuhan khusu sekolah di sekolah umum.

Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) juga mengatakan "Pemerintah akan memberikan insentif bagi sekolah umum yang menyelenggarakan sekolah inklusi ini".

Dia menyebutkan bahwa ada 31.724 sekolah inklusi yang terbesar di Indonesia.

Baca juga JUKNIS Bantuan Fasilitas Laboratorium Seni Budaya Tahun 2017 

Untuk jenjang SD sebanyak 23.195 sekolah, SMP 5.660 sekolah dan jenjang SMA 2869 sekolah. Dan dari seluruh jenjang tersebut ada sekitar 159.002 anak berkebutuhan khusu yang sudah menempuh pendidikan di sekolah iklusi.
loading...
Pembangunan Sekolah SLB di seluruh Tanah Air Pembangunan Sekolah SLB di seluruh Tanah Air Reviewed by Fitria Ningsih on 15:03:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.