Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2017 Bandung

Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2017 Bandung. Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) adalah sebuah program yang masih tergolong baru. FIKSI pertama kali kali diadakan pada tahun lalu dan tahun 2017 sekarang ini merupakan tahun kedua yang rencananya akan dilaksanakan di kota Bandung. Apabila Anda ingin mengikuti festival ini, silahkan mendownload Pedoman Pelaksanaan FIKSI tahun 2017 pada artikel ini. Festival ini juga akan melombakan beberapa bidang kewirausahaan, sama seperti lomba-lomba yang lainnya. Salah satu bidang yang akan dilombakan yaitu Boga, Fashion, Craft (Kerajinan), Desain Grafis, Aplikasi dan Game Digital dan beberapa bidang lainnya. 

Download Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2017 Bandung

Download Pedoman Pelaksanaan FIKSI tahun 2017. Setelah beberapa artikel mengenai pedoman pelaksanaan lomba-lomba kami bagikan, pada kesempatan ini kami akan membagikan Pedoman Pelaksanaan FIKSI tahun 2017. Pada buku Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2017 ini terdapat beberapa penjelasan lengkap dan detail mengenai seluk-beluk lomba. Mulai dari Latar Belakang lomba ini diadakan, Persyaratan Peserta yang dapat mengikuti Festival Inovasi ini, hingga kepada jadwal pelaksanaan Lomba Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia tahun 2017. Anda bisa mendownloadnya pada link download di paling bawah sendiri. Namun, Anda juga dapat melihat cuplikan isi dari buku Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2017 ini. 


PEDOMAN PELAKSANAAN FESTIVAL INOVASI KEWIRAUSAHAAN SISWA INDONESIA (FIKSI) 2017


KATA PENGANTAR

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merintis sebuah program baru dalam bidang kewirausahaan tingkat SMA yaitu Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI). Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) lahir dari suatu pemikiran mendalam mengenai konsep ekonomi kreatif. FIKSI bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan para siswa SMA/MA. Tahun 2017 merupakan tahun kedua pelaksanaan FIKSI. Bidang yang dilombakan pada FIKSI 2017 adalah Bidang Boga, Fashion, Craft (Kerajinan), Desain Grafis, Aplikasi dan Game Digital, dan Bidang Lainnya, yaitu Bidang usaha yang tidak termasuk dalam 5 bidang usaha diatas dapat diajukan dalam kategori bidang usaha, termasuk diantaranya budidaya, pengolahan dan rekayasa. Dapat berbentuk ide dan aktivitas usaha dari lintas sub sektor ekonomi kreatif dengan mengelaborasi basis inovasi, teknologi, media, serta seni dan budaya.

Tema Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2017 adalah “Creativepreneur with Local Value and Modern Spirit” (Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan di Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Sumberdaya Lokal Dalam Kemasan Kekinian). 

Diharapkan hasil karya para peserta dapat diarahkan sesuai tema tersebut. Melalui FIKSI, para siswa bukan hanya dilatih mencari uang dan keuntungan tapi berbicara mengenai pembentukan karakter siswa untuk dapat menantang diri sendiri, berani bermimpi besar, melatih 
diri sendiri menghadapi kegagalan, mengembangkan ide menjadi sebuah inovasi, serta menebarkan kebaikan dengan menjadikan idenya bermanfaat untuk orang lain. Melalui FIKSI, para calon pengusaha muda tersebut juga berkesempatan untuk bertukar inspirasi dengan para pengusaha yang sudah sukses dan berkesempatan untuk memperluas jejaring untuk mengembangkan usaha.
Pedoman ini disusun untuk memandu dan menjadi sumber informasi mengenai kegiatan FIKSI itu sendiri serta memandu para siswa untuk berkesempatan menjadi finalis FIKSI 2017 sesuai kriteria yang diharapkan.

LATAR BELAKANNG

Ekonomi kreatif adalah era ekonomi masa depan yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan keluasan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya (knowledge based economy). 
Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ekspor ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2013 telah mencapai Rp119 triliun (10 miliar dolar AS). 

Beberapa hal yang melatarbelakangi munculnya ekonomi kreatif adalah hal-hal sebagai berikut.

  • Kreativitas dan Kewirausahaan anak Muda
  • Kekayaan Budaya dan Kemajuan Teknologi
  • Pesatnya akses terhadap Informasi dan Komunikasi
  • Meningkatnya Pengguna Media Sosial


TUJUAN DARI FIKSI

  1. Membangun semangat dan jiwa kewirausahaan siswa SMA/MA;
  2. Memberikan pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat mengakselerasi wirausahanya;
  3. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan di sekolah menengah; 
  4. Menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda kreatif secara berkelanjutan;
  5. Menjadi media sosialisasi hasil karya wirausaha muda kreatif kepada masyarakat; 
  6. Mengaktifkan empati, membangun rasa tanggung jawab, dan kemandirian sosial sampai dengan ekonomi;
  7. Membiasakan kerja sama tim.

Baca Juga: Download Pedoman Lomba Penelitian SMA OPSI 2017
SASARAN
Siswa SMA/MA se-Indonesia yang memiliki minat dan bakat untuk mengembangkan kemampuan wirausaha melalui pembuatan rencana usaha. Rencana usaha disusun secara individual dan/atau kelompok, dengan mengatasnamakan SMA/MA tempat siswa sekolah.

PERSYARATAN / KRITERIA PESERTA FIKSI 2017

  1. Siswa berkewarganegaraan Indonesia.
  2. Siswa SMA/MA negeri ataupun swasta maupun home school kelas X atau XI di Indonesia (yang dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/Paspor/KTM) dan surat pengantar dari sekolah atau surat dari lembaga/instansi/dinas terkait), baik perorangan maupun kelompok, maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok.
  3. Rencana usaha yang diajukan harus merupakan gagasan sendiri dan atau pengembangan dari ide yang sudah ada yang dikelola sendiri dan/atau merupakan pengembangan dari usaha yang dikelola koperasi sekolah.
  4. Rencana usaha belum pernah menang dalam lomba di Tingkat Nasional atau lebih tinggi, yang dinyatakan dalam surat pernyataan resmi.
  5. Finalis tidak boleh digantikan oleh siswa lain.
  6. Peserta Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia yang melakukan penyusunan rencana usaha secara berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.
  7. Setiap peserta/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul rencana usaha pada 1 (satu) bidang.
  8. Produk atau jasa yang memenangkan FIKSI 2016 tidak diperkenankan untuk mengikuti FIKSI 2017.
  9. Produk atau jasa hanya boleh didaftarkan pada 1 (satu) bidang lomba dalam FIKSI 2017.
  10. Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika: Diragukan Hak Atas Kekayaan Intelektual, Sedang dalam sengketa, atau Mendapatkan klaim dari pihak lain, Tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam setiap tahapan seleksi FIKSI 2017.
  11. Keputusan Panitia FIKSI 2017 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  12. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat yang akan diinformasikan dalam surat pemberitahuan kemudian.


TEMA LOMBA FESTIVAL INOVASI FIKSI 2017
Tema Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2017 adalah:
“Creativepreneur with Local Value and Modern Spirit”
(Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan di Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Lokal dalam Kemasan Kekinian).

PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN LOMBA FIKSI 2017



Baca Juga: Download Pedoman OSN SMA 2017 | Pedoman Olimpiade Olahraga O2SN 2017
Informasi selengkapnya, Anda bisa langsung mendownload Pedoman Pelaksanaan Lomba FIKSI tahun 2017 pada link download di bawah ini. Semoga file yang kami bagikan bisa bermanfaat dan berguna bagi calon peserta maupun pembimbing di sekolah. Selamat berjuang, semoga sukses dan mendapatkan juara. 

Link Download: 
loading...
Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2017 Bandung Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2017 Bandung Reviewed by Niko Arisandi on 17:25:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.