UNBK 2017 siap digelar di solo, Disdik siapkan tim untuk verifikasi


Pelaksanaan UNBK di Solo - Solo telah mendapatkan data bahwa 57 sekolah menengah pertama (SMP) telah menyatakan siap melaksanakan UNBK 2017. Dari jumlah tersebut Dinas Pendidikan di Solo tidak tinggal diam, mereka menyiapkan tim untuk turun langsung kesekolah-sekolah untuk melakukan verifikasi.

Waliyono, Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMP Disdik Kota Solo mengatakan bahwa pihaknya memang menginginkan agar semua sekolah di kota solo bisa melaksanakan UNBK 2017, tapi juga tidak memaksakan bagi sekolah-sekolah yang tidak bisa melaksanakannya.

Seperti yang dikatakan olehnya berikut pada Rabu (25/01/2017)"Memang dari pemerintah pusat menyarankan untuk UN harus berbasis komputer. Hanya saja untuk Kota Solo tidak ada pemaksaan untuk menyelenggarakan UNBK. Silakan yang siap menyelenggarakan UN dengan komputer ya melaksanakannya. Kalau belum siap dengan komputer ya jangan dipaksa" dikutip dari Okezone.com.

Dia juga menambahkan bahwa secara nasional di jenjang SMP penyelenggara UNBK 2017 bisa mencapai 50% dari jumlah SMP secara keseluruhan. "Untuk Solo, SMP yang nantinya menggunakan UNBK untuk tahun ini diharapkan bisa mencapai 60%-70% sehingga di atas target pusat" tambahnya.

Waliyono mengatakan bahwa Solo telah melaksanakan UNBK 2 kali dan berjalan dengan lancar. Pertama kali sudah melaksanakan UNBK di tahun 2015 yang hanya diikuti oleh 2 SMP, dan yang kedua pelaksanaan UNBK di tahun 2016 yang telah diikuti oleh 20 SMP. Dan di tahun ini sudah dinyatakan bahwa seluruh SMP negeri sudah siap melaksanakan UNBK dan beberapa SMP swasta juga telah menyatakan kesiapannya.

"Jumlah SMP di Solo sekitar 80 sekolah. Kalau 57 SMP tersebut lolos verifikasi berarti penyelenggara UNBK bisa melebihi target pemerintah pusat, yakni sekitar 60%-70%. Semoga tahun depan bisa 100% SMP di Solo menggunakan UNBK" tambahnya lagi.


Waliyono mengatakan bahwa dari seluruh sekolah SMP yang akan melaksanakan UNBK namun sarana dan prasarana tidak memenuhi standart maka disarankan untuk bergabung dengan SMP lain yang melaksanakan UNBK atau SMA/SMK yang juga sedang melaksanakan UNBK 2017.

Waliyono menjelaskan bahwa jadwal UN SMP dan SMA/SMK berbeda, jadi kemungkinan besar bisa mengikuti UNBK di SMA dan SMK yang sedang melaksanakan UNBK.

Tapi untuk hal tersebut dikatakan bahwa Etty Retnowati, Kepala Disdik Kota Solo masih akan mengkoordinasikan lebih lanjut dengan Disdik Provinsi Jawa Tengah terkait UNBK 2017 jenjang SMP yang akan dilaksanakan di sejumlah SMA/SMK yang sedang melaksanakan UNBK 2017 juga.

Terkait dengan pelaksanaanya, pihak Etty Retnowati masih menunggu Prosedur Operasional Standart (POS) UN 2017.
loading...
UNBK 2017 siap digelar di solo, Disdik siapkan tim untuk verifikasi UNBK 2017 siap digelar di solo, Disdik siapkan tim untuk verifikasi Reviewed by Fitria Ningsih on 22:18:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.