SBMPTN lebih dipercaya oleh banyak Perguruan Tinggi Negeri


Perguruan Tinggi Negeri lebih percaya pada SBMPTN - Kuota Penerimaan mahasiswa baru untuk masing-masing perguruan tinggi adalah 30 persen untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sedangkan untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah minimal 30 persen, dan 30 maksimal 30 persen untuk Ujian Mandiri (UM). Acuan kuota itu yang kemudian dijadikan untuk menetukan alokasi kuota penerimaan mahasiswa baru dari setiap PTN.

Dari ketentuan tersebut, dijadikan acuan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) yang membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dengan 6.291 kursi untuk program program sarjana. Dan untuk jalur SNMPTN diberi jatah 30 persen dari jumlah mahasiswa yang akan diterima, untuk jalur (SBMPTN) akan menerima sebesar 50 persen dan sisanya 20 persen akan diterima dari jalur Ujian Mandiri (UM).

Sutarno, Wakil Rektor I UNS menjelaskan alasan pemangkasan porsi SNMPTN dilakukan karena kenyataannya kualitas rekrutmen dari jalur SBMPTN lebih baik dari yang mengikuti rekrutmen jalur SNMPTN.

Seperti yang dikatakannya olehnya berikut "Kami melakukan serangkaian penelitian, dan ternyata kualitas mahasiswa yang diterima lewat jalur SNMPTN ini kualitasnya tidak sebagus dari mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN. Untuk itulah, kuota mahasiswa dari jalur SBMPTN dinaikkan" jelasnya pada Selasa (31/01/2017), dikutip dari Okezone.com.
Baca juga Pendaftaran Terakhir Sekolah UNBK
Dia juga mengatakan bahwa akan memberlakukan seleksi yang tepat untuk mereka yang mendaftar melalui jalur SNMPTN. Apalagi, sekolah-sekolah boleh mendaftarkan siswanya sesuai dengan akreditasi yang dimiliki, sekolah yang memiliki akreditasi A boleh mendaftarkan muridnya sebanyak 50 persen dari jumlah siswa kelas 3, akreditas B sebanyak 30 persen dan akreditasi C boleh mendaftarkan muridnya sebanyak 10 persen.

"Sebenarnya secara mendasar masih sama dengan tahun lalu, hanya memang ada beberapa bagian yang berbeda untuk meningkatkan kualitas seleksi" tambahnya.

Baca Juga: Persiapan Menghadapi SMBPTN 2017
loading...
SBMPTN lebih dipercaya oleh banyak Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN lebih dipercaya oleh banyak Perguruan Tinggi Negeri Reviewed by Fitria Ningsih on 03:49:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.