Negara Paling Unggul dalam Penelitian di Tahun 2017

Negara Paling Unggul dalam Penelitian di Tahun 2017. Penelitian adalah suatu kegiatan yang dapat memajukan sebuah bangsa, karena dari hasil penelitian tersebut ditemukan ilmu-ilmu baru, masalah baru dan solusi dari sebuah baru yang muncul. Di negara Indonesia, penelitian tidak terlalu difokuskan bahkan masih terasa asing. Pemerintah sendiri juga kurang mendukung dan memfasilitasi secara maksimal. Kebanyakan hasil penelitian yang sering dijadikan sebagai acuan adalah penelitian dari laboratorium di luar negeri. Tahukah Anda, kira-kira negara mana yang tergolong paling unggul dalam hal penelitian?.

Penelitian di Lab. Ilustrasi: shutterstock

Negara Rangking Pertama Dalam Hal Penelitian. Siapa yang sangka, bahwa negara yang mendapat sebutan sebagai negeri Gingseng yaitu Korea Selatan ternyata berhasil menempati posisi pertama sebagai negara yang unggul dalam penelitian riset dan pengembangan. Di kutip dari University Wold News, Selasa (24/1) bahwa Korea Selatan sangatlah berkonsentrasi terhadap penelitian, termasuk pengembangan teknologi. Hal itu kemudian menjadi dasar penilaian dari Bloomberg Innovation Index, yang juga melihat dari segi faktor ekonominya. 

Intensitas riset dan pengembangan di negara Korea Selatan juga menduduki posisi pertama jika dilihat dari linkup Internasional. Tidak hanya itu saja, mereka juga telah gencar mengembangkan manufaktur yang bernilai tambah dan meningkatkan paten. 

Di negara Korea Selatan, Konsentrasi pada bidang riset dan pengembangan sangat didukung penuh oleh Pendidikan Tinggi di sana. Bahkan dalam peningkatan produktivitas, saat ini Korea selatan berada di urutan ke-32 di dunia. 

Selain Korea Selatan, ada juga beberapa negara lain yang mendapatkan posisi bagus dalam hal penelitian. Pada pertarungan ide dan inovasi antarnegara ini, Swedia telah berhasil mengalami sebuah peningkatan. Swedia berhasil menduduki posisi kedua setelah. Selain itu, Finlandia juga berhasil naik dua peringkat menjadi posisisi kelima, hal tersebut dikarenakan Perkembangan sejumlah perusahaan teknologi di Finlandia. 

Lantas, Kapan Indonesia akan masuk dalam 10 besar rangking top dunia dalam hal penelitian? padahal banyak sekali hal atau sumber daya alam yang dapat diteliti dari negara yang bercirikan nusantara yang daerahnya terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Negara Indonesia ini menunggu anak-anak muda yang kreatif dan fokus akan dunia pendidikan, semoga saja mereka semua dapat terlahir dan membanggakan negara kita yang tercinta ini... 

Salam pendidikan Indonesia.
Negara Paling Unggul dalam Penelitian di Tahun 2017 Negara Paling Unggul dalam Penelitian di Tahun 2017 Reviewed by Niko Arisandi on 17:02:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.