Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah 2017

Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah Tahun 2017. Berdasarkan Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi di Seluruh Indonesia Perihal Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Menengah Tahun 2017. Para Guru yang mengajar di Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan dapat mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran dengan cara mengirimkan proposal yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. Untuk lebih jelaskan mengenai pedoman lombanya, Anda bisa simak informasi dibawah ini. 

lomba inovasi pembelajaran 2017

Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2017. Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang bermutu, kreatif dan inovatif, maka diperlukan berbagai upaya dari guru untuk selalu mengembangkan diri dalam menciptakan pembelajaran yang bermutu. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017 akan menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Menengah (Inobel) sebagai ajang bagi guru untuk melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) agar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.

Itulah Pembuka dari Surat Edaran mengenai Lomba Inovasi Pembelajaran. Berkaitan dengan hal di atas, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

Kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pengiriman Proposal paling lambat tanggal 31 Maret 2017
  2. Pengumuman Seleksi Proposal tanggal 15 April 2017
  3. Workshop Pendampingan yang dilaksanakan pada bulan April 2017
  4. Seleksi Laporan Hasil Penelitian pada bulan Oktober 2017
  5. Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah pada bulan Oktober 2017
Persyaratan Peserta lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah sebagai berikut:
  1. Guru SMA dan SMK, baik PNS atau bukan PNS
  2. Memiliki NUPTK
  3. Guru yang belum pernah menjadi Pemenang Lomba Inobel pada tahun-tahun sebelumnya.
  4. Mengirimkan Proposal yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. File dalam bentuk pdf dan dikirim melalui www.kesharlindungdikmen.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah proposal penelitian tersebut. Apabila ada video pembelajaran melaui email : kesharlindung.dikmen@gmail.com 

PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN MENENGAH TAHUN 2017

Guru sebagai tenaga professional berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warganegara yang demokratis dan bertanggungjawab. Guru diwajibkan melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan agar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.

Guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan inovasi guru dalam pembelajaran maka diperlukan berbagai upaya.Salah satu upaya yang dapat meningkatkan motivasi guru untuk selalu mengembangkan diri melalui Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2017.

Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2016 ini disusun sebagai acuan pelaksanaan lomba. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan pedoman ini.

PENGERTIAN Lomba Karya Inovasi Pembelajaran
Inovasi Pembelajaran adalah suatu gagasan, praktik, strategi, metode, teknik, bahan, model pembelajaran, teknologi tepat guna, karya seni, danperangkat pembelajaran yang baru dan/atau memiliki kebaruan, serta mampu memecahkan persoalan pembelajaran.

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran adalah kegiatan lomba yang diikuti oleh guru SMA dan SMK untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.


PENYELENGGARA
Penyelenggara dalam lomba inovasi pembelajaran bagi guru SMA dan SMK tingkat nasional tahun 2017 ini, diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah. Panitia pelaksana lomba inovasi pembelajaran bagi guru SMA dan SMK tahun 2017 disesuaikan dengan kemampuan dan tingkat kewenangan masing-masing. 

Berkas pedoman lengkap bisa DiUnduh di Link Ini.
Untuk Surat Edaran mengenai Lomba Inovasi Pembelajaran juga bisa diUnduh di Link Ini.
Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah 2017 Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah 2017 Reviewed by Niko Arisandi on 18:57:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.