44 medali dari World Scholars Cup untuk Indonesia


World Scholars Cup - 12 orang yang dikirim untuk mengikuti lomba debat Bahasa Inggris Internasional atau WSC (World Scholars Cup) yang diadakan oleh Universitas Yale, Amerika Serikat mampu membawakan 44 medali untuk Indonesia. Hal yang membanggakan karena dari sini dapat dinilai bahwa sebenarnya Indonesia bisa menyamakan derajat pendidikan dengan negara-negara yang ada diluar negeri baik negara berkembang maupun negara maju.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Global Sevilla Indah yang berada di Jakarta adalah salah satu sekolah yang mengirimkan muridnya untuk menjadi bagian dari Tim Indonesia yang dikirim untuk mengikuti World Scholars Cup di Amerika.

Fitri Krisnawati Kepala Sekolah dari Global Sevilla Puri Indah Jakarta menjelaskan bahwa dia tidak pernah mengira hal ini bisa terjadi, seperti yang dikatakannya berikut "Kami tidak pernah mengira bisa membawa pulang medali. Awalnya kami hanya menarjetkan satu atau dua medali saja" dikutip dari Antaranews.com.

Lomba yang diadakan tersebut tidak hanya menguji kecakapan berbahasa inggris saja tapi juga menguji wawasan dari setiap siswa yang berasal dari 44 negara yang mengikuti lomba ini, tidak hanya itu lomba ini juga terbagi menjadi beberapa tahap mulai dari debat lisan dan tulisan yang dilakukan secara induvidual dan grup.

Fitri kembali menambahkan bahwa prestasi ini bisa membuktikan kepada dunia bahwa bahasa inggris juga mampu dikuasai dengan sangat baik oleh Indonesia. Dia juga mengatakan "Kemampuan bahasa asing menjadi hal yang tidak bisa dielakkan lagi".

Berikut rincian peraih 44 medali yang dibawa pulang ke Indonesia oleh 12 orang yang dikirim dalam lomba ini adalah Julius Owen Suherman 12 medali, Alexandra Annika 5 medali, Otto Suherman 4 medali, Morgan Thomas Coomes 4 medali, Adler Edsel 4 medali, Angelica Marta 3 medali, Bianca Evangelista Tjahjadi 3 medali, Evan Haryowidyatma 3 medali, Wirayuda Hendro Gunawan 2 medali, Vidyani Sidin 2 medali, Yasa Danavira Tjoe 1 medali dan Kenny Kusnadi 1 medali.

Julius Own Suherman peraih 12 medali yang terdiri dari 8 emas dan 4 perak adalah salah satu siswa yang dinobatkan menjadi siswa terbaik nomor 1 dari Indonesia, dan Own juga yang mampu menjadikan Indonesia meraih peringkat 14 di Lomba debat tersebut yang sudah dilaksanakan dari 2007.

World Scholars Cup adalah salah satu lomba debat bahasa inggris tingkat internasional yang tiap tahunnya slalu menguji pesertanya dengan tema-tema yang unik kali ini tema yang digunakan adalah Imperfect World dan Unlikely World.

Julius Own Suherman sempat menjelaskan apa yang membuatnya bisa meraih banyak medali, berikut kata-kata Own "Saya termotivasi untuk meraih banyak medali, karena pada tahun sebelumnya gagal meraih medali" ujarnya.

Baca juga Beasiswa Kuliah di Macquarie University Australia

Own juga berbagi tips untuk bisa berbahasa Inggris dengan berlatih berbicara dengan bahasa Inggris tidak hanya di sekolah tetapi dirumah juga berbicara menggunakan bahasa Inggris dan terbukti Own dapat membawa pulang 12 piala di lomba debat bahasa Inggris tersebut.

Tidak hanya itu Own juga menjelaskan bahwa WSC adalah lomba yang membutuhkan banyak kemampuan otak karen lomba ini menguji wawasan dari pesertanya dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Kami ingin siswa tidak hanya jago kandang melainkan bisa bertarung dengan siswa terbaik dari seluruh negara" hal ini dikatakan oleh Direktur Global Sevilla Robertus Budi Setiono yang juga menjelaskan bahwa pihaknya ingin memberikan peluang kepada anak didiknya untuk lebih melihat dan mengenal dunia oleh sebab itu dia mengikuti WSC. Selain itu dia juga menambahkan bahwa hal ini bisa membantu mereka untuk mempermudah masuk ke perguruan tinggi bergengsi yang mereka inginkan.
loading...
44 medali dari World Scholars Cup untuk Indonesia 44 medali dari World Scholars Cup untuk Indonesia Reviewed by Fitria Ningsih on 07:19:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.