Sistem penerimaan siswa baru akan diubah menjadi Zona


Sistem Rayon akan diganti menjadi sistem Zona - Sistem penerimaan siswa baru yang akan diubah menjadi zona bukan rayon hal ini sedang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Muhadjir Effendi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sistem itu akan dipertimbang dimana penerimaan siswa baru akan menggunakan pertimbangan seberapa jauh jarak anak dari sekolah. Dan dengan berlakunya sistem ini akan dihapus juga kastanisasi sekolah.

"Kalau sekarang, banyak sekolah favorit yang jadi rebutan. Dengan ini, tidak ada lagi istilah sekolah favorit atau tidak favorit" kata Muhadjir Effendi (Dikutip dari Republika.co.id).

Berlakunya aturan ini memaksa sekolah untuk menerima siswa yang pintar ataupun bodoh. Naun konsep ini belum bisa dijelaskan secara rinci karena sistem ini masih dalam perumusan.

"Ini pemerataan hak, tak boleh ada diskriminasi" tambahnya.

Sistem ini akan menerima siswa baru berdasarkan jarak dan waktu yang ditempuh seorang siswa dari rumah ke sekolah setiap harinya, Penjelasan dari Hamid Muhammad Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan menengah Kemendikbud.

Baca juga UNEJ persiapkan Mobil Listrik untuk maju ke SEM 2017

Ini yang dikatakan oleh Hamid Muhammad "Saat ini kan mempertimbangkan nilai. Kalau ini, yang penting anak mudah menjangkau sekolah".

Untuk jarak tempuh dan waktu yang akan digunakan sebagai ukuran penerimaan siswa baru ini akan diserahkan kepada pemerintah daerah. Ditentukan oleh pemerintah daerah karena kepadatan penduduk dari tiap daerah berbeda-beda.

Sistem ini akan diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan baik SD, SMP Sederajat, SMA Sederajat. Kemendikbud menargetkan sistem penerimaan siswa baru ini akan segera diterapkan pada tahun 2017 berbarengan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
loading...
Sistem penerimaan siswa baru akan diubah menjadi Zona Sistem penerimaan siswa baru akan diubah menjadi Zona Reviewed by Fitria Ningsih on 03:23:00 Rating: 5

1 comment:

  1. Assalamualaikum sebelum'nya perkenal'kan nama saya drs manire kepala sekolah SD Nrgeri 30 Ambon NPSN 601002080 alamat jl sultan babullah kel.silale kec. Nusaniwe kota ambon prov.Maluku, mohon maaf sebelum'nya saya ingin berbagi cerita kepada jajaran kepala sekolah yang lain mengenai perjuangan pembangunan sekolah saya, alhamdulillah sekolah saya sekarang sudah sementara renovasi, pembangunan dan melengkapi isi ruang perpustakaan berkat dana bantuan dari pusat, mulah'nya saya sangat sedih melihat kondisi sekolah saya dan saya pun beberapa kali mengirim berkas proposal ke pemerintah setempat namun tidak ada sama sekali respon dari pemerintah setempat, tapi saya tidak pernah menyerah dalam menghadapi masalah ini dan setiap ibadah aku selalu memohon doa dan petunjuk, alhamdulillah suatu hari itu saya ke dinas pendidikan provensi untuk meminta perhatian kepada kepala dinas, namun kadis prov tidak ada respon juga, alhamdulillah ada salah satu krabat saya yang kebetulan dinas di depdiknas ambon maluku, krabat saya memberikan arahan untuk melapor'kan hal ini ke pusat mendiknas jakarta dan beliau pun juga memberikan nomor ponsel 0853-9845-2015 kepala biro umum bpk DR.SUTANTO S.H.,M. A. beliau menjabat di kemendiknas pusat jakarta, setelah satu minggu kemudian saya memberikan diri menghubungi beliau dan meminta bantuan dalam masalah sekolah saya dan waktu itu saya sempat curhat masalah kondisi sekolah saya dan alhamdulillah beliau ada respon memberikan arahan untuk mempersiapan proposal untuk di kirim ke pusat, alhamdulillah setelah proposal saya tiba di jakarta beliau menghubungi saya untuk menutupi segera pos pos adimistrasi pengurusan berkas'nya, setelah saya ikuti arahan beliau satu minggu kemudian saya mendapat tlp dari beliau dan beliau menyampai'kan bahwa dana'nya sudah masuk ke rekening sekolah, waktu itu saya langsun ke bank BPD kota ambon untuk cek rekening sekolah dan setelah saya serah'kan buku rekening tabungan kepada teller bank dan teller bank menyampaikan dana sudah masuk senilai 250.000.000,00 alhamdulillah saat itu saya tidak sadar'kan diri sujud di depan teller bank, alhamdulillah kini sekolah saya sudah sementara proses pembangunan berkat bantuan bpk DR.SUTANTO S.H.,M.A. beliau selaku kepala biro umum di kemendiknas pusat jakarta, terima kasih kepada bpk dr sutanto moga sukses selalu dan di beri umur panjang amin.

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.