Pentas Seni Karawitan di Yogyakarta yang diisi mahasiswa internasional


Pentas Seni Karawitan - Pada Minggu 4 Desember 2016 di Sleman diadakan pertunjukan yang dihadiri oleh 44 siswa internasional yang mengenakan busana adat jawa dan memainkan karawitan (alat musik jawa). Walaupun mereka mahasiswa asing tapi terlihat kompak ketika memainkan alat musik jawa tersebut (karawitan) di acara Gebyar Gangsa Agung Prambanan di Panggung Kinari-Kinari Ramayana Ballet Prambanan.

44 siswa internasional yang memainkan alat musik dari jawa itu (karawitan) berasal dari 22 negara yang sedang melaksanakan pendidikan di Yogyakarta. Berikut negara asal mereka : Australia, Bulgaria, Kamboja, Republik Ceko, Denmark, India, Italia, Korea Selatan, Mexico, Polandia, Rusia, Slovakia, Spanyol, Taiwan, Tanzania, Thailand, Timor Leste, Tiongkok, Ukraina, USA, Venezuela, dan Vietnam.


Dan ke-44 mahasiswa itu tidak berada dalam satu kampus mereka berasal dari 4 kampus berbeda yang ada di Yogyakarta. Mereka berasal dari kampus-kampus ternama di Yogyakarta seperti Universitas Gajah Mada, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan yang terakhir adalah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Even yang baru digelar pertama kali ini disambut baik oleh I Gde Pitana Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata berharap agar even yang diselenggarakan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ini bisa digelar secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengunjung dari tiga kompleks candi tersebut.

Seperti yang dia katakan "Kami berharap setelah mereka lulus nanti dan kembali ke negara asalnya, bisa menjadi duta wisata untuk Indonesia karena mempromosikan seni budaya, khusunya budaya jawa" jelasnya, dikutip dari Okezone.com.

ke 44 siswa internasional ini telah dilatih selama 10 hari sebelum acara ini berlangsung secara profesional oleh Anon Suneko, Dosen Karawitan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kata Edy Setijono, Direktur PT TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

"Nanti setelah penampilan perdana ini, mereka akan tampil pada tanggal 17 dan 18 Desember di Candi Borobudur" jelas Edy Setijono.

Sebagai kota terbanyak yang memiliki mahasiswa asing, Yogyakarta memiliki sekitar 2.500 mahasiswa dan mahasiswi asing di Kota Gudeg Yogyakarta. 2.500 mahasiswa ini sedang menempuh pendidikan di 17 perguruan tinggi di Yogyakarta baik swasta maupun negeri.

Penentasan yang sama juga dimiliki oleh mahasiswa asal Indonesia yang juga sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang berada di Yogyakarta. Seperti dari Psikologi UGM, UNS Surakarta, dan UNY.
loading...
Pentas Seni Karawitan di Yogyakarta yang diisi mahasiswa internasional Pentas Seni Karawitan di Yogyakarta yang diisi mahasiswa internasional Reviewed by Fitria Ningsih on 05:10:00 Rating: 5

1 comment:

  1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG
    PALING MISKIN
    DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN
    DAN 10 TAHUN ITU
    KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN
    TULANG BERSAMA,SUAMI SAYA
    UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP
    KELUARGA SAYA..AKHIRNYA
    AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU
    SEMUA TIDAK PERNAH
    MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
    MEMBERIKAN NOMOR,
    (MBAH JOYO RATMO) ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,
    (MBAH JOYO RATMO). DAN
    AKHIRNYA,(MBAH JOYO RATMO , MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D... DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI
    SAYA SANGAT
    BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA
    TERIMAH KASIH SAYA KEPADA
    MBAH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.(MBAH JOYO RATMO) BAGI ANDA YANG
    INGIN MERUBA NASIB
    SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI (MBAH JOYO RATMO) DI NO 085-242-474-478-
    DEMI ALLAH LANGIT DAN BUMI PASTI TEMBUS 100%

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.