Peran Perguruan Tinggi untuk mengurangi pengangguran


Peran Perguruan Tinggi untuk Mengurangi Pengangguran. Peningkatan sumber daya manusia yang kreatif lebih penting untuk mengurangi tingkat pengangguran. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang yang lebih mengutamakan mahasiswanya untuk menjadi mahasiswa yang mampu berpikiran kreatif.

Sperti yang dikatakan oleh Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji Prof Syafsir Akhlus pada Minggu (13/11/2016) "pihak kampus terus-menerus membidik mahasiswa berprestasi dan kreatif agar setelah lulus dapat membuka usaha" dikutip dari okezone.com.

Tambahnya lagi "Kami ingin menciptakan mahasiswa yang kreatif, cerdas, rajin dan berani berusaha sehingga ketika lulus dapat memiliki usaha sendiri sehingga mengurangi angka pengangguran".

Baca Juga: Persiapan saat Melamar Kerja yang Sering Dilupakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak mahasiswa yang lebih ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih banyak dari pada mahasiswa yang ingin membuka peluang usaha untuk orang lain. Dan kemungkinan besar keinginan besar mereka tidak bisa terealisasi dengan baik karena rata-rata jumlah ASN yang diterima tidak banyak. 

Syafsir tidak pernah menyalah keinginan dan harapan dari para mahasiswanya yang memutuskan ingin menjadi seorang ASN, tapi dia pernah mengatakan semua keinginan harus disesuaikan dengan keadaan. Karena para mahasiswa telah diajarkan tentnag bagaimana berfikir kreatif untuk menetukan masa depan mereka yang lebih cerah.

Para mahasiswa sudah memiliki pilihan untuk menetukan masa depan mereka ketika sudah lulus kuliah. Karena ketika kuliah mereka sudah diajarkan banyak hal terutama diajarkan gimana caranya bisa mendapatkan penghasilan dari kreativitas yang mereka miliki.

Syafsir mengatakan "Untuk mengatasi permasalahn itu, pihak Umrah memperkuat basis akademik, dan menggerakkan mahasiswa untuk lebih inovatif. Setiap mahasiswa yang cerdas dan kreatif diberi ruang untuk mengembangkan bakat".

Penguatan dibidang pengetahuan dan kreativitas harus diiringi dengan ketersediaan tenaga pendidik yang kompeten dan peralatan akademik yang memadai.

Tambahnya "Sampai saat ini kami mempersiapkan fasilitas yang menunjang kemajuan kampus dan mahasiswa yang siap membuka usaha setelah lulus kuliah".

loading...
Peran Perguruan Tinggi untuk mengurangi pengangguran Peran Perguruan Tinggi untuk mengurangi pengangguran Reviewed by Fitria Ningsih on 05:23:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.