Faktor Penghambat dalam Bekerja

penyebab seseorang tidak fokus kerja

Faktor Penghambat dalam Bekerja. Banyak hal dan faktor yang menyebabkan seseorang tidak bisa dengan cepat menyelesaikan pekerjaannya. Selain faktor yang datang dari dalam dirinya sendiri, ternyata ada juga faktor penghambat yang datang dari luar sehingga mempengaruhi mood dan semangat bekerja. Dengan mengengetaui faktor-faktor penghambat dari luar, kita bisa menyesuaikan kondisi tempat kerja supaya dapat bekerja dengan nyaman dan cepat. 

Berikut ini ada beberapa penelitian yang telah dilakukan di Cornell University yang mengungkapkan bahwa suara bising yang datang dari percakapan dari rekan kerja lain di kantor merupaka distraksi terbesar yang dapat membuat seseorang hilang fokus pada saat bekerja. 

Ternyata bukan hanya penelitian dari Cornell University yang mengungkapkan hal tersebut. University of Sydney juga melakukan penelitian yang sama dan hasilnya juga menunjukkan hasil yang sama, seperti dilansir dari wtop.com


Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa suara keras dan temperatur pada kantor bisa mempengaruhi fokus seseorang dikala bekerja. Jad, ketika banyak suara bising dari para rekan kerja, atau temperatur kantor yang terlalu panas dapat membuat seseorang tidak bisa fokus pada kerjaan dengan baik. 

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memasang sesuatu yang dapat meredam suara yang datang dari luar ruangan, seperti yang diungkapkan oleh Desainer interior Ernest Miranda. Menurut Dia, peredam suara yang digunakan adalah furnitur berlapir atau dengan menaruh tanaman pada ruangan kerja. 

"Menaruh tanaman dan firnitur berlapis di kantor bisa membantu menyerap suara bising di kantor," kata Miranda seperti disitat dari liputan6

Selain itu, dengan menggunakan headphone saat bekerja juga dapat meredam suara bising dari luar. Namun, jika memakai headphone terlalu lama juga membuat kepala khususnya bagian telinga menjadi tidak nyaman, apalagi headphone dipasang kemudian menghidupkan musik, hal tersebut dapat membuat kesehatan telinga kita terganggu jika terlalu sering dilakukan. 

Cara yang paling baik dalam menangani hal tersebut adalah dengan tetap menjaga sikap dan perilaku saat bekerja. Miranda juga menambahkan jika suara bising dari percapakan tersebut telah mengganggu konsentrasi kerja, maka tidak ada salahnya jika dikonsultasikan lansung dengan atasan mengenai aturan tersebut. 

"Bagaimanapun kondisinya, kenyamanan karyawan merupakan salah satu kunci dalam sebuah produktifitas bekerja," tuturnya. 

Faktor Penghambat dalam Bekerja Faktor Penghambat dalam Bekerja Reviewed by Niko Arisandi on 07:23:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.