Pidato Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober ke-90 2018

Pidato Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Pada tanggal 28 Oktober tiap tahunnya, seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan cara mengadakan kegiatan Upacara. Pada tahun 2018 ini, Hari Sumpah Pemuda jatuh pada hari Minggu. Berbagai macam kegiatan seperti lomba pidato juga biasanya digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober ke-90 Tahun 2018 ini.  Dimana pada peringatan hari sumpah pemuda tahun ini mengusung tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia". Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi juga menyambut baik dengan memberikan sambutan secara tertulis yang dapat dijadikan sebagai patokan pada Penyelenggaraan upacara bendera. 

monumen sumpah pemuda

Sambutan Menpora pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Pada lampiran surat tersebut juga disertakan mengenai sambutan Menpora pada peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini. Sambutan tersebut dapat dijadikan bahan untuk berpidato ketika melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Berikut merupakan Contoh Pidato /  Sambutan dari Menpora tahun ini dan tahun lalu.

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-90 TAHUN 2018

Assalamualaikum wr. wb
Salam Sejahtera
Om Swasti astu
Namo Budhaya

"PEMUDA INDONESIA BERANI BERSATU"

Para Pemuda Indonesia dan Hadirin sekalian yang kami hormati...
Delapan Puluh Sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalnaan sejaran bangsa Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945.

Sumpah pemuda dibacakan di arena kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia. Secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah.
Dari belahan barat Indonesia, teradat nama Mohammad Yamin. Seorang pemuda kelahiran Sawah Lunto Sumatera Barat yang mewakili organisasi pemuda Sumatera, Jong Sumatranen Bond. Dari belahan Timur Indonesia, kita menemukan pemuda bernama JOhannes Leimena, kelahiran kota Ambon Maluku, mewakili organisasi pemuda Jong Ambon. Ada juga Katjasungkana dari Madura, ada juga Cornelis Lefran Senduk, mewakili Organisasi pemuda Sulawesi, Jong Celebes.

Para pemuda Indonesia dan hadirin sekalian yang kami banggakan...
dan seterusnya...

Untuk lebih jelasnya silahkan download File lengkapnya dan Surat Edaran dari Kemepora pada link download di paling bawah

SAMBUTAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA REPUBLIK INDONESIA PADA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA 

Assalamu'alaikum Warahmatulllahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua
Om swasti astu 
Namo Budaya

Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018. 

Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia. 

Hadirin Peserta upacara yang saya hormati dan Pemuda Pemudi harapan Bangsa. 
Hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema "BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA". Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. 

Revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapa kita jadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat. 

Hadirin Peserta Upacara yang kami hormati, khususnya para Pemuda yang kami banggakan. 
Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di Kancah Asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia, dan berhasil menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games para atlet kita berhasil menduduki peringkat ke-5. Ini adalah sejarah baru kebangkitan olaharaga Indonesia. Serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi diberbagai bidangnya.

Dan seterusnya... 

Itulah tadi isi dari pidato atau sambutan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dapat dijadikan materi pidato pada pelaksanaan Upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Semoga isi pidato atau sambutan ini bisa bermanfaat dan mengunggah semangat jiwa pemuda dan pemudi di seluruh tanah air Indonesia. Semoga negara Indonesia bisa maju dan tetap berjaya.

Link Download: 
Pidato Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober ke-90 2018 Pidato Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober ke-90 2018 Reviewed by Niko Arisandi on 13:03:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.