Pak Muhadjir Effendy Jadi Dalang di Padepokan Seni Kirun

Pak Muhadjir Effendy jadi dalang di padepokan Seni Kirun. Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy pada hari Sabtu Malam (22/10) sempat menjadi dalang dalam acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Padepokan Seni Kirun di Kabupaten Madiun. 

Pak muhadjir jadi dalang wayang semalam suntuk
Muhadjir Effendy menjadi dalang pembuka. (foto: republika.co.id)
Mendikbud Jadi Dalang di padepokan Seni Kirun. Dalam acara tersebut Bapak Muhadjir ditemani oleh sinden Yati Pesek, bintang tamu Gogon, dan pelawak mohamada Syakirun (Kirun) selaku tuan rumah. Dalam pagelaran wayang kulit dengan lakon Wiratha Parwa, Bapak Muhadjir memang bukan menjadi dalang penuh di seluruh acara, namun Beliau sempat tampil di panggung sebentar pada saat membuka acara. 

Acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut ditayangkan stasiun televisi lokal Madiun yaitu Sakti TV. Pada saat tampil mengisi acara pembuka, Bapak Muhadjir terlihat terampil memainkan lakon wayang. Dalang sebenarnya pada pagelaran tersebut adalah Arief Sarjono, dia mengisi setelah acara pembukaan yang disajikan oleh Bapak Muhadjir selesai.

Bapak Muhadjir juga menjelaskan bahwa kegiatan pagelaran wayang seperti ini memang patut diapresiasi dan didukung agar kebudayaan lokal dapat kembali bergairah. Hal ini sesuai dengan program Tri Sakti yang telah dicetuskan oleh Bapak Proklamator Indonesia Bung Karno, dengan mengembalikan kepribadian bangsa Indonesia di bidang Budaya. oleh karena itulah Pak Menteri sangat mendukung segala langkah untuk melestarikan budaya lokal. 

"Acara seperti ini menggairahkan kembali kehidupan budaya di daerah. Sesuai dengan program Kemendikbud terkait pendidikan Karakter, budayawan dan seniman harus mau datang ke sekolah, menularkan kemahirannya agar anak peserta didik terinspirasi dan terdorong melestarikan budaya masing-masing daerah," kata Muhadjir seperti dilansir di Republika.co.id
Pak Muhadjir Effendy Jadi Dalang di Padepokan Seni Kirun Pak Muhadjir Effendy Jadi Dalang di Padepokan Seni Kirun Reviewed by Niko Arisandi on 19:59:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.