Syarat Mendapatkan Beasiswa, Pintar Saja Tidak Cukup

Syarat Mendapatkan Beasiswa, Pintar Saja Tidak Cukup - Beasiswa Kuliah adalah salah satu hal yang paling diidam-idamkan oleh kalangan pelajar di Indonesia maupun Internasional. Karena jika seseorang bisa mendapatkan beasiswa, yang jelas secara status sosial mereka akan lebih dikenal di kalangan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya dan juga teman-teman sekolah yang lama. Banyak kelebihan yang akan didapatkan jika Mereka bisa diterima pada program beasiswa. Namunm, yang perlu diketahui adalah untuk mendapatkan program beasiswa kuliah di kampus top, apalagi kuliah di luar negeri, bermodal pintar saja tidaklah cukup. Lantas, apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa? Simak informasi dibawah ini sampai tuntas untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Syarat Beasiswa
Suasana seleksi penerima beasiswa di JX Internasional Surabaya. (sumber: JPNN)

Syarat Mendapatkan Beasiswa - Banyak keunggulan yang akan didapatkan oleh seseorang yang diterima pada sebuah program beasiswa, apalagi program beasiswa tersebut sangat populer seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa LPDP, Beasiswa Djarum, dan lain sebagainya. bahkan yang lebih istimewa lagi mereka dapat diterima pada program beasiswa ke luar negeri. Sungguh sebuah prestasi yang sangat membanggakan apabila ada peserta didik yang dapat diterima pada program beasiswa-beasiswa tersebut. Karena jumlah peserta didik yang diterima pada program beasiswa tersebut tentunya jumlahnya tidaklah banyak, dan harus melalui beberapa tahapan test dan penyaringan sehingga muncul beberapa nama yang akhirnya mendapatkan sebuah beasiswa tersebut. 

Jenis Beasiswa - Beasiswa terbagi menjadi dua, yaitu beasiswa bagi peserta didik yang tergolong dari keluarga yang kurang mampu dan dia memiliki prestasi yang sungguh membanggakan hingga akhirnya mereka bisa diterima kuliah pada suatu Kampus Ternama. Sedangkan beasiswa yang kedua yaitu beasiswa bagi pelajar yang memiliki prestasi yang sangat luar biasa ketika mereka kuliah pada suatu Universitas tertentu. 

Keunggulan Beasiswa - Banyak Sekali Keunggulan yang akan didapatkan jika Kalian dapat belajar dan mendapatkan program beasiswa. Salah satunya yaitu, dapat kuliah gratis tanpa biaya, mendapatkan subsidi biaya kuliah, mendapatkan uang saku untuk kebutuhan hidup sehari-hari (biaya hidup), mendapatkan pelatihan softskill, dan masih banyak yang lainnya. 

Namun, Untuk dapat diterima atau mendapatkan beasiswa itu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan, dibutuhkan semangat belajar yang kuat, dibutuhkan kerja keras dalam proses seleksinya, dibutuhkan mental yang kuat dan pantang menyerah, karena biasanya pendaftar program beasiswa jumlahnya tidak sedikit dan berasal dari Seluruh Wilayah di Indonesia, bahkan pada program beasiswa Internasional pesertanya berasal dari beberapa negara di seluruh Indonesia.
Baca Juga: Cara Menulis Esay untuk Beasiswa ke Luar Negeri
Syarat Mendapatkan Beasiswa - Banyak sekali syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa, bukan hanya sekedar pintar. Namun, pelajar harus jeli dalam mendapatkan sebuah informasi tentang keberadaan dari program beasiswa itu sendiri. Hal pertama yang harus dilakukan setelah mendapatkan informasi mengenai beasiswa adalah menyiapkan beberapa dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar program beasiswa. Selain itu, pelajar juga harus pandai menulis sebuah esay sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri. 

Baca Juga: Dokumen yang harus disiapkan untuk Beasiswa

Berikut ini adalah penuturan dari salah seorang pelajar Indonesia yaitu Laksmi Lestari, Program Associate Bakti Pendidika Djarum Foundation. Menurut dia, ada 2 (dua) hal yang harus dimiliki oleh pelajar untuk meraih beasiswa. Selain Dia harus pintar, dua hal tersebut adalah dia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan untuk terus berinovasi. 

Dengan dua hal tersebut, akan lahir sosok pelajar yang mampu memadukan kecerdasan emosional dan intelektualnya. "Sehingga mereka akan sukses baik dalam karir maupun hubungan sosial," ujar Laksmi Lestari saat menjelaskan tentang program Seleksi Djarum Beasiswa Plus. Dan belum lama ini, Djarum Foundation telah mengadakan seleksi penerimaan peserta beasiswa yang bertempat di JX International Surabaya dan telah diikuti oleh sekitar 900 pelajar dari Surabaya. Sedangkan untuk pendaftarnya pada tahun ini mencapai 18 ribu orang dari seluruh wilayah di Indonesia.

Syarat Mendapatkan Beasiswa, Pintar Saja Tidak Cukup Syarat Mendapatkan Beasiswa, Pintar Saja Tidak Cukup Reviewed by Niko Arisandi on 16:21:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.