Pemangkasan Anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) sebesar Rp. 23,4 triliun

Permasalahan Pemangkasan Anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) sebesar Rp. 23,4 triliun makin serius -- Ini adalah kabar serius karena berita yang didapatkan dari Ketua Komisi X DPR Teuku Riefky mengenai informasi terbaru mengenai pemangkasan anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang merupakan kebijakan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tak tanggung-tanggung pemangkasan ini mencapai Rp. 23,4 triliun yang bukan jumlah sedikit, sedangkan tunjangan ini adalah harapan bagi para pendidik untuk bisa mendapatkan kehidupan lebih layak setelah melakukan sertifikasi.

Permasalahan Pemangkasan Anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) sebesar Rp. 23,4 triliun makin serius

Penurunan jumlah guru bersertifikat yang berhak memperoleh TPG yang sebelumnya berjumlah 1.300.758 orang menjadi 1.221.947 orang karena pensiun adalah sebab utama bagi Sri Mulyani mengambil kebijakan pemangkasan Anggaran Tunjangan Profesi Guru ini.

Pada APBN-P 2016, total alokasi anggaran TPG sebesar Rp 69,7 triliun, sehingga dengan adanya rencana penundaan penyaluran TPG ini, anggaran TPG akan menjadi Rp 46,3 triliun. seperti yang dilansir dari harian jppn bahwa "Menyikapi kebijakan ini tidak sekedar dengan alasan salah hitung. Ada persoalan lebih serius yang harus di jelaskan dahulu oleh pemerintah. Pertama, ada perbedaan data jumlah guru antara Kemenkeu dengan Kemendikbud," kata Riefky di Jakarta, Minggu (28/8/16).
Baca Juga : Tunjangan Guru Telah Ditransfer ke Pemda
Kedua, kalaupun ada pemotongan nantinya, bagaimana posisi APBNP 2016 terhadap pemenuhan amanat konstitusi tentang anggaran pendidikan yang mewajibkan minimal 20 persen?

Soal perbedaan data menurutnya perlu diklarifikasi, mengingat antara jumlah guru dengan anggaran yang akan ditunda tidak rasional dan perlu dikaji ulang agar tidak merugikan pihak manapun. Data yang dikemukakan terjadi kurang lebih 78.811 guru, tetapi anggaran TPG yang ditunda sebesar Rp 23,4 triliun. Artinya alokasi anggaran per guru Rp 296,9 juta/tahun atau Rp 24,7 juta/bulan.
Baca Juga : Calon Guru SM-3T Diterima Menyebar Di 56 Kabupaten Di Indonesia
Ketiga, data guru yang bersertifikat yang dikemukakan Menkeu sebanyak 1.300.758 orang (sebelum dikoreksi menjadi 1.221.947 orang), sementara data total guru menurut Kemendikbud yang disampaikan pada saat Raker dengan Komisi X pada tanggal 16 Juni 2016 menunjukkan bahwa guru yang diangkat sampai dengan tahun 2015 sebanyak 1.755.010 orang (tersertifikasi 1.638.240 orang). Ada perbedaan signifikan sejumlah 337.482 guru. Hal ini lah yang harus dipastikan dan diklarifikasi ulang, jangan sampai banyak guru yang tidak bisa mendapatkan haknya, kesalahpahaman dari dua Kementrian ini cepat lambat harus diselesaikan agar menteri baru yang di tunjuk presiden Jokowi bisa membuktikan kinerjanya.

loading...
Pemangkasan Anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) sebesar Rp. 23,4 triliun Pemangkasan Anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) sebesar Rp. 23,4 triliun Reviewed by King Movie Stream on 01:50:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si
    No Hp 0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.