Ini Dia Jam Sekolah Siswa di Beberapa Negara

Jam Sekolah Siswa di Beberapa Negara - Setiap siswa di sekolah memiliki jam belajar yang berbeda-beda, tergantung dari tingkatan sekolahnya. Antara siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA atau sederajat) pastinya mempunyai jumlah yang berbeda-beda, semakin tinggi tingkatan sekolahnya maka semakin banyak jumlah jam belajarnya, belum lagi ditambah dengan beberapa ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut. Untuk Siswa SD biasanya pulang Sekolah sekitar jam 12.00 sedangkan Siswa SMP pulang jam 13.00. Kira-kira bagaimana dengan negara lain untuk jam sekolah siswanya ya? simak informasinya dibawah ini. 

Jam berangkat dan pulang sekolah siswa di beberapa negara
Siswa SD berangkat sekolah. (Dok JPNN.com)

Jumlah Jam Sekolah Siswa di beberapa negara - Setiap negara tentunya memiliki patokan jam belajar yang berbeda-beda. Ada yang masuk sekolah jam 6.30, 07.00 bahkan ada juga yang masuk sekolah pada jam 08.00. Di negara Indonesia kebanyakan siswa masuk ke sekolah pada jam 07.00. Meskipun pada tingkat Sekolah Dasar, siswanya tetap masuk ke sekolah pada jam 07.00 dan pulangnya sekitar jam 12.00 hal tersebut sudah menjadi patokan bagi SD di seluruh Indonesia, misalnya ada yang pulangnya melebihi jam tersebut, biasanya ada kelas/ materi tambahan seperti ekstrakurikuler, les bahasa asing dan lain sebagainya.

Akhir-akhir ini di berbagai media sedang ramai-ramainya diberitakan mengenai Full Day School. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru yaitu Muhadjir Effendy telah membuat sebuah gebrakan yang memang terbukti menggebrak seluruh rakyat Indonesia, Beliau akan membuat jam belajar siswa di Indonesia menjadi Full Day, dikarenakan pengaruh di lingkungan sekitar tempat tinggalnya kurang begitu bagus, dan anak-anak bisa menjadi terpengaruh. Dengan adanya full day school diharapkan siswa tidak terlalu terpengaruh dengan lingkungan sekitar tempat mereka tinggal, jadi selama mereka di sekolah dan masih dalam pengawasan para guru, perubahan sikap dan perilaku masih bisa tetap terjaga dan diarahkan. Itulah harapan dari Bapak Menteri terkait ide atau gagasan akan diadakannya jam sekolah menjadi Full Day. 
Baca Juga: Full Day School? Apa tidak Bosan?
Terkait dengan gagasan yang diberikan Bapak Muhadjir Effendy tersebut, masyarakat ada yang menilainya bagus dan ada pula yang kurang setuju dengan gagasannya, dan terlihat mayoritas dari masyarakat menolak gagasan tersebut. 

Kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa dengan diberlakukannya jam sekolah menjadi Full Day, berarti kebersamaan siswa dengan keluarganya menjadi berkurang atau tambah sedikit. Namun, meskipun mendapatkan respon yang kurang bagus mengenai ide atau gagasan yang sempat di berikan, Bapak Muhadjir Effendy menanggapinya dengan tenang-tenang saja. 

"Saya itu baju jualan ide. Ingin tahu respon masyarkat seperti apa. Kritik itu bagus. Pandangan Masyarakat akan kita tampung", kata Bapak Muhadjir Effendy seperti yang dilansir media JPNN (10/8).

Bapak Menteri juga menilai bahwa respon yang diberikan oleh masyarakat kepada ide sekolah Full Day tersebut dianggapnya sebagai hal yang positif. "Ya tidak apa-apa. Lebih baik rame di awal. Ketimbangan setelah kebijakan keluar, saya nanti di-bully," imbuhnya. 

Mungkin sebagai bahan pengetahuan tambahan saja, bahwa ternyata kebijakan pemerintah di berbagai negara mengenai jam sekolah ada juga yang jumlahnya bisa dianggap sama dengan sekolah Full Day. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari lihat daftar Jam sekolah di Beberapa Negara di bawah ini; 

JAM SEKOLAH DI BERBAGAI NEGARA

Indonesia
SD : 07.00–12.00
SMP : 07.00–13.00

Singapura
SD : 07.30–13.00
SMP : 07.30–15.00

Korea Selatan
SD : 08.00–13.00
SMP : 08.00–16.30

Tiongkok
SD : 06.30–15.00
SMP : 06.30–17.00

Jepang
SD : 08.30–13.00
SMP : 08.30–15.30

Inggris
First school (Umur 4–9) : 09.00–15.00
Middle school (Umur 9–13) : 08.40–15.30
Upper school (Umur 13–16 ke atas) : 08.30–15.15

Amerika Serikat
SD : 08.40–15.15
SMP : 07.50–14.50
SMA : 08.15–15.15

Finlandia
SD–SMP : 4–5 jam per hari. Terdiri atas 45 menit belajar dan 15 menit istirahat per jamnya. 

SMA : Sistem pelajarannya sama dengan kuliah. Siswa hanya datang pada mata pelajaran yang mereka pilih sesuai dengan kemampuan dan bakat.

Itulah tadi beberapa daftar jam masuk dan pulang siswa di sekolah, kira-kira jika dibandingkan dengan jumlah jam belajar siswa di sekolah Indonesia bagaimana ya?...

loading...
Ini Dia Jam Sekolah Siswa di Beberapa Negara  Ini Dia Jam Sekolah Siswa di Beberapa Negara Reviewed by Niko Arisandi on 20:34:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.