Full DayScholl? Apa tidak bosan?

Peserta didik rencananya akan masuk Full Day

Rencana Sekolah  Full Day - Pendidikan memang hal yang sangat vital bagi berkembangnya jiwa serta pikiran dari anak-anak, namun apakah anda mengetahui mengenai berita terbaru dari dunia pendidikan bahwa akan ada konsep Full Day Scholl? apabila ditelah mentah-mentah artiannya memah mengandung makna belajar seharian disekolah, tapi apabila kita kaji lebih dalam dari pernyataan yang keluar dari Bapak Presiden kita Joko Widodo ini adalah perubahan yang mendasar dari sistem pendidikan yaitu ingin menambah wawasan pendidikan karakter dan pengetahuan umum disekolah.

Namun jika ditinjau dari sisi Siswa atau siswi maka hal ini menimbulkan banyak tanggapan, positif dan negatif lengkap mewarnai, penulis sendiri yang merupakan mahasiswa cukup paham terhadap kegiatan dan jam sekolah yang selama ini sudah dirasakan selama kurang lebih 12 tahun. "melelahkan memang, tapi saya setuju" tutur seorang ibu dari siswi SD daerah Jember, Jawa timur.
Muhadjir Effendy yang sekarang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) berujar "Merujuk arahan Presiden Joko Widodo, kami akan memastikan bahwa memperkuat pendidikan karakter peserta didik, menjadi rujukan dalam menentukan sistem belajar mengajar di sekolah," yang dilansir dari harian okezone.

Penjelasan terperinci mengenai waktu dan mata pelajaran tambahan memang belum jelas ada, namun bukan berati waktu seharian siswa tersita di sekolah dengan pelajaran-pelajaran umum, kegiatan Ekstrakurikulerlah yang direncanakan berjalan sebagai pelengkap Full Day School. Kegiatan kepramukaaan, Muatan Lokal daerah, dan ekstrakurikuler lain contohnya. Jadi siswa bisa merasakan bagaimana berorganisasi sejak dini.

Menurut saya sebagai penulis dan juga pengamat pendidikan, rencana pemerintah ini tujuan khusunya adalah menumbuhkan rasa nasionalis dalam diri masing-masing siswa, jadi semoga saja disambut baik oleh semua kalangan. Meskipun rencana petisi penolakan Full Day Scholl kini makin ramai yang memperbincangkan, namun ini bukan alat pemati gaya dari rencana Presiden Jokowi, penyuluhan serta pemberihan informasi yang baik tentunya akan sambut baik oleh masyarakat indonesia. 

Yah, tetap bagaimanapun keputusan akhir dari sistem pendidikan di Indonesia ini harusnya menimbulkan efek yang positif saja, anak-anak diharapkan mempunyai karakter disiplin, wawasan luas, serta pengetahuan umum yang makin baik dari diadakannya Full Day Scholl ini.
Full DayScholl? Apa tidak bosan? Full DayScholl? Apa tidak bosan? Reviewed by Neem21 Com on 01:31:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.