Tips Sukses Adaptasi di Sekolah / Kampus Baru

Tips Sukses Adaptasi di Sekolah Baru / Kampus Baru - Tahun ajaran baru sebentar lagi sudah mulai, beberapa siswa yang telah lulus dari satuan pendidikan akan menlanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal baru yang akan mereka rasakan ketika masuk di lingkungan pendidikan yang baru (Sekolah baru atau Kampus Baru) adalah merasa asing dan belum memiliki banyak teman. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara supaya kalian bisa beradabtasi dengan cepat di lingkungan pendidikan yang baru, sehingga lebih mudah dalam mencari teman.


Adaptasi Sekolah / Kampus Baru - Jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat akan memulai aktivitas pembelajaran terlebih dahulu dan disusul oleh para pelajar di Perguruan Tinggi atau biasa disebut Mahasiswa. Para siswa dan mahasiswa yang baru pastinya akan merasa masih asing dengan mekanisme belajar mereka saat ini, selain itu kehidupan sosial mereka juga akan mendapatkan banyak tantangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatiakan supaya kalian bisa sukses menjadi siswa baru atau Mahasiswa Baru. 

Tips Sukses Adaptasi di Sekolah / Kampus Baru

Adaptasi dengan Lingkungan Baru

Pada saat memasuki lingkungan sekolah atau kampus baru, lebih baik kamu memperhatikan lingkungan sekitar terlebih dahulu, tempat-tempat penting, aturan-aturan yang ada dan juga teman-teman baru yang kamu ketahui. Karena dengan begitu, kamu dapat mengetahui dan bisa belajar banyak tentang lingkungan sekitar, Jadi, akan lebih mudah menyesuaikan diri dan lingkungan sekolah/kampus dan teman-teman. Akan tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu kamu harus menjadi seseorang yang menyenangkan dan tidak sombong, supaya cepat dapat teman yang baik-baik. 

Menempatkan Diri

Dengan menjadi seseorang yang memiliki pribadi menyenangkan, belum tentu kita bisa menempatkan diri dengan baik di lingkungan sekolah/kampus baru. Karena tidak semua teman yang kita jumpai di sekolah/kampus baru tersebut bersifat baik. Dan kita juga tidak harus tampil dengan gaya yang keren agar selalu diperhatikan teman, selalu ceriwis dan sok akrab agar mempunyai lebih banyak teman lagi. Jika kamu dapat menempatkan dirimu dengan baik, maka hal tersebut akan berguna dengan baik dalam membina hubungan dengan teman. 


Pergaulan

Kehidupan sosial dalam sekolah atau kuliah memang tidak bisa dihindari, apalagi saat kita menjadi siswa baru atau mahasiswa baru. Sejatinya manusia tidak bisa hidup sendiri di muka bumi ini. Kita semua tetap membutuhkan seorang teman. Jangan menutup dirimu terlalu dalam saat hari pertama masuk. Carilah teman sebanyak-banyaknya, buatlah kehidupanmu menjadi menyenangkan sehingga kamu dapat betah dan senang di sekolah/kampus tersebut. Karena jika dihari pertama kamu sudah tidak merasa nyaman, maka hal tersebut bisa mempengarusi minat dan semangat belajarmu ke depan. 

Konsentrasi 

Konsentrasi di saat hari-hari pertama juga sangatlah penting, karena dibutuhkan sebuah konsentrasi yang bagus untuk tetap memperhatikan lingkungan sekitar kamu, sehingga bisa memilih mana yang baik buat kamu dan mana yang tidak. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan dengan baik mengenai jadwal sekolah atau kuliah kamu, aturan/tata tertib yang ada. Karena hal tersebut sangat berpengaruh buat prestasimu ke depan. 


Menjadi Aktif

Jadilah siswa/mahasiswa yang aktif bertanya di kelas atau dalam forum diskusi. Karena anak yang aktif akan menjadi sorotan guru atau dosen di tempat kuliah. Selain itu, jadilah mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi. Karena hal tersebut juga menjadi salah satu persyaratan jika kamu ingin mengajukan program beasiswa prestasi. 

loading...
Tips Sukses Adaptasi di Sekolah / Kampus Baru Tips Sukses Adaptasi di Sekolah / Kampus Baru Reviewed by Niko Arisandi on 21:26:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.