Mengenali Kekuatan Diri dan Cara Menemukannya

Mengenali Kekuatan Diri dan Cara Menemukan Kekuatan Diri - Manusia sesungguhnya mempunyai kekuatan yang tersembunyi dalam dirinya. Namun, kebanyakan orang dan anak-anak kita terutama tidak mengetahui dimana kekuatan dirinya dan bagaimana seharusnya menemukannya. Dalam mengarahkan anak-anak, jika mereka dapat mengenali kekuatan diri mereka sendiri, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mendidik dan mengarahkannya ke jalan yang baik sehingga mereka bisa menjadi orang yang sukses. 

Mengenali kekuatan diri dan menemukannya

Menurut pengalamand ari Steven R. Covey dalam mengarahkan anaknya adalah contoh nyata, bahwa mengembangkan diri pada yang bukan menjadi kekuatannya, adalah seringkali menjumpai kegagalan. Mungkin upaya itu bisa berasil, tapi akan membutuhkan upaya yang sangat berat dan seringkali ketika berhasil kurang bisa dinikmati. Sebaiknya jika pengembangan diri dilakukan pada sisi kekuatan diri, maka upayanya akan lebih ringan untuk mencapai keberhasilan dan yang lebih penting adalah akan dilaksanakan dengan senang hati. 


Cara Menemukan Kekuatan Diri

Ada beberapa cara untuk bisa mengenali kekuatan diri, yaitu: 

Melalui Test Talent Mapping (Pemetaan Bakat)
Cara ini mungkin yang paing obyektif dan akurat diantara cara-cara lainnya, yaitu dengan cara mengikuti test untuk mengetahui dimana kekuatan diri kita. Test dilakukan oleh tenaga-tenaga ahli dan profesional di bidang talent mapping. Test ini tidak menilai baik buruknya kelebihan atau kekuatan kita, tapi untuk mengetahui dimana potensi kekuatan kita. Namun, test ini membutuhkan biaya. 

Meminta Penilaian dari Orang Lain
Cara ini mungkin kurang akurat karena yang melakukan penilaian belum tentu orang yang ahli di bidang ini, tapi lebih obyektif daripada dilakukan oleh dirinya sendiri. Untuk menjaga akurasinya, maka sebaiknya penilaian dilakukan oleh sebanyak mungkin orang lain. Semakin banyak orang yang memberikan masukan, maka akan semakin baik. 

Membaca kekuatan diri sendiri
Kekuatan diri sebenarnya bisa diamati oleh diri sendiri walaupun cara ini agak subyektif. Beberpa indikasi untuk mengenali kekuatan diri adalah sebagai berikut:
  1. Ketika mendapatkan suatu tugas, karena asyik mengerjakannya sampai lupa waktu, lupa makan
  2. Ketika mendapatkan suatu tugas, serasa dengan mudah bisa mengerjakannya
  3. Ketika mendapatkan tugas, hasilnya mendapatkan penilaian bagus
Jika anda mengalami hal-hal tersebut di atas, maka kemungkinan jenis pekerjaan itulah sisi kekuatan diri Anda. walaupun cara ini tidak menunjukkan hasil yang detail, tapi merupakan cara termudah untuk mengetahui kekuatan diri sejak dini. 


Menyusun Target dengan kreatif
Setelah menemukan kekuatan diri kita, maka kita bisa memulai merencanakan/menyusun target-target yang ingin dicapai sesuai dengan kekuatan diri kita. Dalam menusun target (goal setting), janganlah segan-segan untuk mencari mentor (pembimbing) untuk mendapatkan penyusunan yang lebih akurat dan terencana.

Merealisasikan Target
Dalam merealisasikan target perlu adanya pemahaman bahwa; 
  1. semua pekerjaan itu penting, jadi perlu kemampuan menghargai pekerjaan
  2. melaksanakan tujuan dalam rangkaian goal setting adalah sebagai proses aktualisasi diri
  3. jangan segan-segan untuk mencari mentor untuk memudahkan sukses dalam target yang telah ditetapkan dalam goal setting
  4. agar banyak belajar praktek, evaluasi dan sharing
  5. komitmen dengan time management (pengelolaan waktu) yang telah disusun dan berupaya mampu untuk mendayagunakan waktu menjadi suatu output yang terkait dengan goal setting.
  6. membangun mentalitas surplus; surplus waktu, surplus relasional, surplus tugas dan surplus finansial
  7. lakukanlah hal sekecil apapun untuk mencapai goal setting sekarang juga. 

loading...
Mengenali Kekuatan Diri dan Cara Menemukannya Mengenali Kekuatan Diri dan Cara Menemukannya Reviewed by Niko Arisandi on 01:39:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.