Guru Honorer ini tidak akan gajian 3 bulan

Guru Honorer ini tidak akan gajian 3 bulan - Malang betul nasib guru honorer di wilayah Kalimantan Selatan, sudah gaji yang didapatkan tidak begitu besar, ditambah lagi mereka tidak akan mendapatkan honor selama 3 bulan kedepan. Lantas bagaimana bisa mereka mengajar muridnya dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab! Bagaimana anak didiknya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan pendidikannya bisa maju, kalau gurunya aja tidak mendapatkan haknya sebagai guru! Eits, tapi jangan berpikir negatif dulu sebelum menyimak informasi dibawah ini sampai tuntas. 

Guru honorer tidak akan gajian selama 3 bulan
ilustrasi: seorang guru yang sedang mengajar muridnya

Guru Honorer Tidak Gajian - Nasib sial tersebut ternyata dialami oleh para guru honorer di SMPN 35 Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sebenarnya itu bukan nasib sial, namun hal yang sangat miris bagi dunia pendidikan di negara kita (Indonesia). Mana ada orang bekerja tidak mendapatkan gaji. Apalagi seorang guru, sosok yang penuh wibawa yang setiap perkataanya dipercaya dan ditiru oleh para murid-muridnya. 

Ternyata, alasan utama guru-guru honorer tersebut tidak akan digaji lantaran sekolah tersebut belum mendapatkan kucuran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). sedangkan jumlah guru yang mengajar di SMP tersebut berjumlah 21 guru. 

Dari jumlah total 21 guru yang mengajar di SMPN 35 Banjarmasin Kalimantan Selatan, ternyata hanya ada 3 (tiga) guru yang berasal dari Aparatul Sipil Negara (ASN), untuk yang lainnya (18 guru) adalah berstatus guru Honorer. Selama ini mereka menggaji para guru dari 10 persen anggaran yang didapat dari dana BOS. 

Penjelasan mengenai penggunaan dana BOS yaitu, dari APBN para siswa mendapatkan Rp. 1 Juta per siswa tiap tahunnya dan Rp. 600 ribu dari APBD. Dana BOS dari APBN biasanya diajukan di bulan Desember, dan pengajuan ini dilakukan dengan harapan pencairan dana bisa dilakukan di tahun berikutnya. 

Realita yang sesungguhnya...

Berhubung SMPN 35 ini adalah sekolah yang baru berdiri, otomatis pengajuan dana BOS belum bisa dilakukan, alias masih dalam proses. Jadi para guru honorernya pun juga harus bersabar. Mereka harus siap bekerja tanpa mendapatkan gaji yang sesuai sampai bulan oktober nanti. 

Namun, dibulan oktober nanti dana BOS sudah bisa dicairkan, karena sekolah baru saja mengajukan dana BOS APBN untuk triwulan ketiga dan keempat. meskipun begitu ada salah seorang guru yang bernama Juwita mengaku bahwa dirinya tidak masalah jika belum mendapatkan gaji. Sungguh luar biasa, sikap seperti ini yang harus diacungi dua jempol.

Menurut Dia, yang penting siswa di SMPN 35 bisa belajar dengan normal. Guru yang mengajar mata pelajaran IPS ini sebelumnya pernah pernah menjadi guru di SMP swasta dengan bayaran Rp. 300ribu per bulannya. 

Saat di SMPN 35 Banjarmasih, ternyata di hanya dibayar Rp. 10ribu per jam dengan total jam mengajar 4 jam per pekan. Berarti dalam sebulan dia mendapatkan gaji sebesar Rp. 160ribu. "Ya namanya juga pengabdian. Tak masalah bagi kami," ujarnya di radar banjarmasin, seperti yang dilansir JPNN (1/8/16).

Berkaitan dengan guru honorer yang tidak akan mendapatkan gaji selama 3 bulan kedepan ini, para guru yang berada di SMPN 35 Banjarmasin sudah bisa menerima keadaan ini, sebab Kepala SMPN Aminsyah mengatakan bahwa sejak awal penerimaan guru honorer pihaknya sudah memberikan penjelasan bahwa pembayaran gaji akan tertunda. 

Jadi, semua masalah sudah clear, dan tidak ada yang perlu di perdebatkan lagi... 

Guru Honorer ini tidak akan gajian 3 bulan Guru Honorer ini tidak akan gajian 3 bulan Reviewed by Niko Arisandi on 13:08:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si
    No Hp 0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.