Revisi Kurikulum 2013 (K13) Terbaru, Guru Lebih Dimudahkan


Revisi Kurikulum 2013 (K13) Terbaru, Guru Lebih Dimudahkan. Kurikulum 2013 telah mengalami berbagai perubahan dari beberapa waktu. Perubahan tersebut dibuat supaya kurikulum ini mendekati sempurna, karena kurikulum yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Anies Baswedan ini masih tergolong baru dan memiliki berbagai kekurangan serta perlu adanya penyempurnaan dengan Revisi secara berkala. Meskipun begitu, masih banyak yang mengeluhkan penerapan K13 ini mulai dari guru hingga murid yang diajar.

Namun, Dalam Dialog Pendidikan yang membahas Implementasi K13 di Kuta - Bali, Sabtu (11/6/16) diharapkan para guru lebih mudah mengimplementasikan K-13 setelah dokumen K13 direvisi pada tahun 2016 ini. Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud Tjipto Sumadi dalam acara dialog pendidikan yang diadakan di Hotel Grand Inna tersebut. 

Tjipto mengatakan, " Kalau sebelumnya guru matematika harus menilai sikap spiritual dan sikap sosial semua siswa, sekarang tidak. Tugas itu dilakukan guru Agama dan Budi Pekerti serta Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) secara langsung. Namun guru Matematika tetap berkewajiban menumbuhkembangkan karakter anak, agar anak-anak tidak tercerabut dari akar budaya bangsa kita".

Guru memiliki tugas untuk menumbuhkan karakter positif siswa, tidak terbatas pada guru yang mengajarkan ilmu sosial dan kewarganegaraan saja, namun guru matematika pun juga memiliki tanggung jawab yang sama. "Guru matematika jika melihat ketidakjujuran anak, tidak bisa mengatakan itu tugas guru Agama dan Guru PPKn saja. Itu tetap menjadi tanggung jawab semua," ujarnya. 

Tjipto juga mengatakan bahwa Kemendikbud telah melaksanakan pelatihan instruktur secara berjenjang. Pelatihan instruktur dimulai dari pelatihan narasumber nasional, kemduian dilanjutkan dengan pelatihan instruktur provinsi dan selanjutnya ke pelatihan instruktur daerah. "Guru setelah dilatih, nanti mulai bulan Agustus atau September paling lambat akan didampingi tim pendamping," Ujarnya. 

"Kita dorong agar tim pendamping kurikulum yang terdiri atas pengawas dan tim yang sudah terbentuk selama ini dari tiap daerah sebagai tokoh sentral. Jadi daerah tidak tergantung dari pusat namun daerah terus berkembang sesuai batas kemampuan masing-masing dan sesuai nilai-nilai yang berkembang di daerah tersebut," kata Tjipto yang juga dosen UNJ.

"Kita dorong agar tim pendamping kurikulum yang terdiri atas pengawas dan tim yang sudah terbentuk selama ini dari tiap daerah sebagai tokoh sentral. Jadi daerah tidak tergantung dari pusat namun daerah terus berkembang sesuai batas kemampuan masing-masing dan sesuai nilai-nilai yang berkembang di daerah tersebut," kata Tjipto yang juga dosen Universitas Negeri Jakarta(UNJ). 

"Sebelumnya sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 sebanyak 6%, lalu sekarang tambah 19% menjadi 25%. Nanti kita naikkan lagi 35% menjadi 60%. Sehingga pada tahun 2018/2019 implementasinya ditargetkan sudah 100%," tutupnya.
Revisi Kurikulum 2013 (K13) Terbaru, Guru Lebih Dimudahkan Revisi Kurikulum 2013 (K13) Terbaru, Guru Lebih Dimudahkan Reviewed by Niko Arisandi on 21:47:00 Rating: 5

1 comment:

  1. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si
    No Hp 0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.