Proyek Palapa Ring Barat Resmi Diluncurkan

Proyek Palapa Ring Barat Diluncurkan. Dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Proyek Palapa Ring Barat Resmi diluncurkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika. Hal tersebut telah disampaikan oleh Menkominfo, Rudiantar, Rabu (15/6). Rudi Mengatakan, "Pemerintah kerja cepat untuk menghubungkan kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan jaringan serat optik ". Proyek ini sendiri telah menjangkau beberapa wilayah barat Indonesia diantaranya adalah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau den jaringan serat optik sepanjang 1.980 kilo meter. 

Proyek Palapa Ring Barat Resmi Diluncurkan

Proyek Palapa Ring adalah sebuah proyek pembangunan infrastruktur bidang telekomunikasi di berbagai daerah di Indonesia. Proyek pembangunan jaringan serat optik nasional ini telah menjangkau 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh wilayah Indonesia yang kurang lebihnya pajang kabel mencapai 35.280 km, dan kabel di darat sejauh 21.807 km.

Proyek tersebut menjadi tanggung jawab Menkominfo dan juga PT Palapa Ring Barat. PT Palapa Ring Barat sendiri merupakan Badan Usaha Pelaksana (Bup) bentukan dari Konsorsium Mora Telematika Indonesia - Ketrosden Triasmitra selaku pemenang lelang Proyek Palapa Ring Barat. 

Terlaksananya Proyek Palapa Ring Barat ini adalah bentuk keseriusan pemerintah Indonesia dalam menjalin kerasama dengan badan usaha (investor) dalam pembangunan infrastruktur di negar ini. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) juga mengapresiasi mega proyek ini. Karena hal itu sudah selaras dengan 3 (tiga) strategi utama Kemendikbud yang terangkum di dalam Renstra Kemendikbud tahun 2015 - 2019. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Memperkuat pelaku pendidikan dan kebudayaan;
  2. Meningkatkan mutu dan akses pendidikan;
  3. Meningkatkan efektivitas birokrasi melalui perbaikan tata kelola dan pelibatan publik;
“Hadirnya teknologi informasi dan komunikasi hendaknya dapat membuat guru mengajar dengan lebih baik", kata Mendikbud. Dengan terciptanya proyek tersebut diharapkan para guru dan peserta didik dapat memanfaatkan fasilitas TIK tersebut sebagai alat pembelajaran untuk membuka wawasan dan pengetahuan tentang luasnya dunia. 

Sejauh ini, pemanfaatan TIK yang baik dapat membantu meningkatkan mutu pembelajaran. Karena sumber ilmu tidak melulu dari seorang guru yang bisa jadi kemampuan tiap guru berbeda-beda. Selain itu, para guru juga bisa meningkatkan kemampuannya dalam mengajar ataupun membuat metode belajar yang menarik, menggunakan media Internet sehingga para siswa dapat tertarik untuk belajar. 

Pada akhir-akhir ini, TIK telah berperan penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya ialah suksesnya Ujian Nasional Berbasis komputer yang diselenggarakan serentak di beberapa wilayah. Dengan demikian, dapat mengurangi resiko terjadinya kebocoran soal dan perilaku curang saat ujian. Jelas, ini adalah perubahan positif yang besar bagi dunia pendidikan di negara kita. 

Diharapkan suksesnya ujian nasional berbasis komputer ini dapat dinikmati oleh seluruh wilayah di Indonesia tanpa terkecuali. Dengan adanya proyek palapa ring barat ini, diharapkan semua daerah sudah tidak ketinggalan informasi atau kudet (kurang update).
Peta Proyek Palapa Ring

loading...
Proyek Palapa Ring Barat Resmi Diluncurkan Proyek Palapa Ring Barat Resmi Diluncurkan Reviewed by Niko Arisandi on 02:34:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.