Pendaftaran Program SM-3T 2016 Tingkat Nasional

Pendaftaran Program SM-3T 2016

Pendaftaran Program SM-3T 2016 Tingkat Nasional - Pendaftaran program SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal) ini adalah salah satu rangkaian untuk menjadi Guru Garis depan. Dengan mengikuti program SM-3T ini langkah untuk menjadi Guru dengan status Pegawai Negeri Sipil akan terbuka lebar. Program ini merupakan bagian dari program Kemenristekdikti dalam menyiapkan guru profesioal lewat LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan program keprofesian Guru.

Pendaftaran Program SM-3T. Pada tahun 2016 ini Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktoral Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan telah meberikan pengumuman terkait Rekrutmen, Seleksi, Penempatan Program SM-3T Tingkat Nasional tahun 2016 yang akan dimulai pendaftarannya pada hari Senin, 6 Juni 2016 pukul 07:00 WIB s.d 4 Juli 2016 pukul 23:59 WIB. 
Apabila Anda adalah seorang guru yang memiliki jiwa mengajar dan ingin mengabdikan seluruh hidup demi kemajuan pendidikan di negara Indonesia. Buruan daftar dan siapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar pada program SM-3T pada tahun 2016 ini. Adapun beberapa persyaratan pendaftarannya adalah sebagai berikut:

PERSYARATAN PENDAFTARAN PROGRAM SM-3T 2016


  1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP / SIM yang masih berlaku.
  2. Sarjana dari program studi kependidikan minimal S-1 lulusan tiga tahun terakhir (2014, 2015, 2016) dari program studi  terakreditasi minimal B yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran dan atau bidang keahlian yang dibutuhkan; pas foto berwarna, soft copy ijazah dan transkrip nilai di up load bersama borang pendaftaran dari sistem informasi yang ada.
  3. Usia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2016.
  4. IPK minimal 3,00; dibuktikan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi).
  5. Berbadan sehat; dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari klinik terdaftar / Puskesmas.
  6. Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza)dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) serta Miras dari pejabat yang berwenang.
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta.
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah.
  9. Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya, dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Pada saat wawancara peserta juga diminta membawa contoh RPP yang dibuat sendiri (berdasar topik tertentu yang dipilih). Khusus lulusan tahun 2016 yang belum memiliki ijazah, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah dan transkrip nilai asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.

NAMA PROGRAM STUDI YANG DIBUTUHKAN

  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Sejarah
  3. Pendidikan Ekonomi
  4. Pendidikan Geografi
  5. Pendidikan IPS
  6. Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  7. Pendidikan Bahasa Indonesia
  8. Pendidikan Bahasa Inggris
  9. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  10. Pendidikan Biologi
  11. Pendidikan Matematika
  12. Pendidikan Fisika
  13. Pendidikan Kimia
  14. Pendidikan IPA
  15. Pendidikan Teknik Bangunan
  16. Pendidikan Teknik Mesin
  17. Pendidikan Teknik Otomotif
  18. Pendidikan Teknik Elektro/Ketenagalistrikan
  19. Pendidikan Teknik Elektronika
  20. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga
  21. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana
  22. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias
  23. Pendidikan Luar Biasa
  24. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  25. Pendidikan Guru Anak Usia Dini
  26. Bimbingan dan Konseling
  27. Pendidikan Seni Budaya (Drama, Tari, Musik)
  28. Pendidikan Seni Rupa

JADWAL REKRUTMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN PROGRAM SM-3T TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016


NOKEGIATANWAKTU
1
Pendaftaran Peserta secara on-Line
(Pengisian Borang, up load ijazah dan Foto)
6 Juni  pukul 07:00 WIB – 4 Juli 2016 pukul 23:59 WIB
2
Pengumuman hasil seleksi administrasi online dan
Pengumuman jadwal tes online
13 Juli 2016
3
Tes Seleksi online(serentak di 12 LPTK selama 1 hari)21 Juli 2016
4
Pengumuman Hasil Tes Seleksi online dan undangan  wawancara di LPTK25 Juli 2016
5
Wawancara Seleksi di LPTK1-3 Agustus 2016
6
Koordinasi Penetapan Kelulusan dan penempatan berdasar pemetaan.3-5 Agustus 2016
7
Pengumuman pemanggilan peserta untuk Prakondisi, Pelatihan5 Agustus 2016
8
Prakondisi, Pelatihan15 Agustus – 31 Agustus 2016
9
Pemberangkatan dan Penempatan1 September 2016

Demikianlah tadi pengumuman mengenai Pendaftaran, seleksi dan penempatan program SM-3T Tingkat Nasional tahun 2016. Apabila termasuk orang memenuhi persyaratan untuk mendaftar, segera persiapkan segala berkas yang dibutuhkan. Jangan pernah takut untuk mencoba mendaftar, berdo'alah semoga Anda bisa diterima dan bisa ikut memajukan pendidikan di negeri Indonesia tercinta ini. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

Pendaftaran online bisa langsung ke website: http://seleksi.dikti.go.id/

Selamat Berjuang kawan...
Pendaftaran Program SM-3T 2016 Tingkat Nasional Pendaftaran Program SM-3T 2016 Tingkat Nasional Reviewed by Niko Arisandi on 23:56:00 Rating: 5

6 comments:

  1. link pendaftaran online nya mana min?

    ReplyDelete
  2. Bisa cek, di beberapa Universitas Yang biasa dapat jatah pendaftaran SM-3T atau cek disini: http://seleksi.dikti.go.id/

    ReplyDelete
  3. Py mas niko da ditutup ne
    yang up date ada ga yah...

    ReplyDelete
  4. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si
    No Hp 0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.