Mendikbud Dukung Literasi Digital dan Internet Sehat

Mendikbud Dukung Literasi Digital dan Internet Sehat

Mendikbud Dukung Literasi Digital dan Internet Sehat - Memang Tidak dapat dipungkiri, di zaman yang serba digital seperti ini anak-anak lebih sering berinteraksi dengan dunia digital dan koneksi internet. Dengan melihat fenomena seperti itu, alangkah baiknya jika anak-anak kita diarahkan kepada dunia digital berbasis e-learning dan menggunakan Internet Sehat. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bapak Anies Baswedan bersama Mentri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bapak Rudiantara yang telah diundang sebagai pembicara dalam Seminat Literasi Digital yang bertemakan "Bersama Anak Berteman dengan Dunia Online. Keduanya mengisi sesi sesuai dengan masing-masing materi, yaitu "Literasi Digital dalam Konteks Pendidikan Nasional" dan "Kebijakan dan Implementasi TIK bagi Generasi Digital". 

Bapak Anies Baswedan juga menyampaikan mengenai tata cara mengelola literasi digital bagi anak-anak baik di rumah dan di sekolah mereka. Menurut beliau, tantangan terbesarnya adalah bagaimana caranya mendidik orang tua dan guru dalam menerapkan literasi digital tersebut kepada anaknya, supaya anaknya bisa terkontrol dalam penggunaan dunia maya. 

"Untuk melatih guru, kita lakukan sekarang dengan 3 pendekatan, pertama dengan tatap muka, kedua dengan metode daring atau online, dan yang ketiga adalah kombinasi (tatap muka dan daring)," kata Bapak Anies di Seminar Literasi Digital di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (4/516).

Memasuki era digital, orang tua tidak perlu khawatir mengenai dampak yang akan muncul terhadap anak-anaknya, hanya saja para orang tua harus bisa mengarahkan ana-anaknya ke hal yang positif dari era digitalisasi pada saat ini. 

Hal tersebut juga disampaikan oleh Menkominfo Rudiantara, Beliau mengatakan bahwa orang tua dan guru tidak perlu merasa khawatir dan cemas akan digitalisasi. Justru mereka sebaiknya bisa memilah apa yang positif dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama pada bidang pendidikan. Oleh karena itu, Menkominfo juga mendukung literasi digital melalui pembangunan infrastruktur.

Rudiantara jua menjelaskan mengenai proyek "Palapa Ring". Proyek Palapa Ring adalah proyek pemerintah yang bertujuan untuk menghubungkan jaringan telekomunikasi di 440 kota/kabupaten di seluruh wilayah Indonesia. "Targetnya tahun 2019, semua ibu kota, kabupaten, kotamadya harus sudah terhubung dengan broadband. Nah, kita nanti tinggal memetakan sekolah yang di manage leh Pak Anies dengan infrastruktur yang ada," ujar Beliau.

Dalam acara seminar tersebut, Kedua Menteri Baik Bpak Anies dan Rudiantara sama-sama sepakat bahwa masyarakat harus bisa menerapkan internet sehat, dan mengenalkan literasi digital yang positif kepada anak-anaknya. 

Sumber: Kemendikbud
loading...
Mendikbud Dukung Literasi Digital dan Internet Sehat Mendikbud Dukung Literasi Digital dan Internet Sehat Reviewed by Niko Arisandi on 20:27:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.