Guru Garis Depan Mendapatkan Pelatihan TIK

Guru Garis Depan Mendapatkan Pelatihan TIK - Fasilitas Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru di daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T) atau yang biasa disebut Guru Garis depan diberikan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Fasilitas pelatihan tersebut diberikan kepada sekitar 75 Guru yang bertujuan untuk mengupdate skill mereka supaya tidak gaptek, dan lebih mudah untuk menambah wawasan. 

Guru Garis Depan Mendapatkan Pelatihan TIK

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, seorang guru dituntut dapat mahir menguasai peralatan teknologi yang berhubungan dengan TIK. Untuk dapat mengupgrade ilmunya, guru wajib bisa menggunakan peratalan teknologi untuk mencari informasi dengan cepat. Jangankan seorang guru, seorang murid saja bisa mencari informasi di internet dengan cepat, lha masak gurunya kalah. Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan para guru, Falisitas pelatihan TIK ini diberikan kepada guru-guru di daerah 3T di 34 Provinsi seluruh Indonesia. 

Bapak Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa pembelajaran dalam pemanfaatan TIK ini adalah hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi bagi guru di daerah 3T, mereka wajib bisa menguasainya. 

"Karena pemanfaatan teknologi ini dapat membanu Bapak dan Ibu Guru untuk semakin membua wawasan dunia, dan mengajak anak-anak aktif sebagai salah satu bagian dari masyarakat dunia," kata Bapak Anies seperti yang dilansir beberapa media online seperti jpnn dan okezone. 

"Yang Bapak dan Ibu lakukan saat ini adalah membuka wawasan dan cakrawala untuk anak-anak kita, dan menjadi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak kita," Imbuhnya. 

Dalam penggunaan TIK, Bapak Anies juga berpesan kepada para guru-guru supaya tetap mengawasi dan mendampingi anak-anaknya dalam menggunakan fasilitas TIK tersebut, karena bisa saja disalah gunakan jika tanpa diawasi. 

"Yang perlu diperhatikan penting bagi penggunaan TIK, yakni adanya pendampingan-pendampingan ataupun larangan kepada anak dalam mengakses situs yang berbau pornografi dan kekerasan," jelasnya. 
Baca Juga: Cara Daftar menjadi Guru Garis Depan
Pelatihan guru garis depan dalam memanfaatkan TIK ini merupakan rangkaian dari implementasi Universal Service Obligation (USO0 atau Kontribusi Kewajiban Pelayanan Uniserval (KKPU). Pelayanan ini meliputi daerah yang tergolong 3T yang belum terjangkau dengan layanan telekomunikasi. 

Di dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 32 Tahun 2008, secara komprehensif, menjelaskan program ini merupakan kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dibayar oleh penyelenggara telekomunikasi dan dikelola oleh Ditjen Pos dan Telekomunikasi Kemenkominfo. 
loading...
Guru Garis Depan Mendapatkan Pelatihan TIK Guru Garis Depan Mendapatkan Pelatihan TIK Reviewed by Niko Arisandi on 01:58:00 Rating: 5

2 comments:

  1. Wah. Enak ya jadi guru garis depan, kaya pengalaman dan banyak tantangan

    ReplyDelete
  2. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si
    No Hp 0812-4263-6841

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya,
    jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si atau ingin melihat Profil Beliau silahkan lihat disini http://www.bkn.go.id/unit_kerja/warli ,no HP Beliau: 0812-4263-6841 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 06 April kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

loading...
Powered by Blogger.