Trik Mendapatkan Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Trik Mendapatkan Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah - Mencari Kerja adalah hal tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. Setiap tahun di negara kita terdapat banyak sekali orang yang mencari pekerjaan mulai dari tingkat lulusan SD, SMP, SMA, hingga Kuliah. Setiap tahunnya SMA sederajat dan beberapa universitas di wilayah indonesia telah meluluskan peserta didiknya, dan kesemuanya ingin mendapatkan kerja yang sesuai dengan keahlian yang didapat saat sekolah/ kuliah. Namun, kenyataan ternyata berbanding terbalik dan bahkan sangat jauh dari angan-angan, bahwa untuk mencari kerja ternyata tidak semudah yang dibayangkan saat belajar.

Trik Mendapatkan Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Tips Dapat Kerja Meski Tidak Sesuai Jurusan Kuliah - Harapan kebanyakan orang yaitu mendapatkan kerja yang enak dan sesuai dengan keahlian atau jurusan yang ditempuh semasa belajar di bangku pendidikan. Namun, karena lowongan kerja yang tersedia tidaklah banyak sehingga memaksa mereka untuk memilih pekerjaan yang terkadang tidak sesuai dengan keahlian ataupun jurusan saat belajar di bangku pendidikan. 

Apabila Anda menginginkan dapat bekerja pada suatu bidang yang berbeda dengan jurusan saat kuliah, maka perhatikan beberapa hal dibawah ini yang mungkin dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang baik dan juga dapat meraih kesuksesan pada pekerjaan tersebut.

Menjadi Sukarelawan

Menjadi Sukarelawan pada suatu bidang akan mempermudah Anda dalam mendapatkan pengalaman dan pengetahuan mengenai bidang kerja yang Anda inginkan. Dan dari situlah Anda bisa menjadikan pengalamanmu itu untuk bekal dalam menghadapi setiap lowongan dan wawancara kerja. 

Bangun Jaringan (Network)

Informasi mengenai lowongan kerja juga bisa didapatkan dari anggota dalam sebuah jaringan, entah itu jaringan teman Anda di kegiatan sosial masyarakat ataupun organisasi lain. Dengan memiliki banyak jaringan, berarti kesempatan Anda untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan juga terbuka lebar. Anda juga bisa mengikuti setiap kegiatan atau seminar yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang diinginkan dan berbeda dengan jurusan Anda. Dengan begitu, Anda memperluas jaringan teman untuk bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

Sertifikasi 

Kebanyakan perusahaan mencari tenaga kerja yang mempunyai sertifikat keahlian pada bidang yang dicarinya. Jadi, Ada baiknya jika Anda mencoba mempelajari bidang keahlian yang ingin Anda dapatkan dalam bekerja dan raihlah sertifikat di bidang tersebut. 

Misalnya saja, Anda ingin bekerja dalam bidang IT, sedangkan jurusan kuliah Anda adalah ekonomi. Maka, carilah sertifikat dibidang komputer dengan cara mengikuti pelatihan di suatu lembaga yang mengeluarkan sertifikat tersebut. Karena sertifikat tersebut dapat menjadi bekal Anda dalam bekerja di bidang yang Anda inginkan tersebut. 

Sesuaikan CV Ketika Melamar Kerja

CV atau dokumen mengenai biodata diri dan beberapa kemampuan yang dicantum guna untuk menyakinkan perusahaan supaya dapat diterima dalam sebuah perusahaan. CV ini merupakan dokumen yang sangat penting dan utama dalam melamar sebuah kerja. Dari CV inilah dapat diketahui riwayat pendidikan seorang pelamar dan juga keahliannya dibidang apa saja. Maka dari itu, cantumkan kehalian Anda yang sudah dimiliki sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Buktikan Diri dengan Kemampuan Berkomunikasi

Pada saat Anda dipanggil untuk melakukan wawancara, gunakan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Buktikan bahwa diri Anda mampu untuk melakukan pekerjaan tersebut meskipun bidang tersebut berbeda dengan jurusan yang Anda ambil saat kuliah. Untuk dapat menyakinkan pihak pewawancara, kemampuan berkomunikasi sangatlah berperan dalam tahapan ini. Dengan gaya komunikasi yang bagus dan menyakinkan Anda dapat menunjukkan bahwa Anda memang pantas untuk diterima. 

Trik Mendapatkan Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah Trik Mendapatkan Kerja yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah Reviewed by Niko Arisandi on 12:34:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.