Penyebab Indonesia Sulit Menjadi Negara Maju

Anak-Anak Bermain Usai sekolah

Salah Satu Penyebab Indonesia Sulit Menjadi Negara Maju -  Negara Indonesian adalah negara kepulauan dengan luas wilayah yang lumayan lebar dan jumlah penduduknya sangat besar, tercatat negara Indonesia menempati urutan terbesar keempat di dunia.  Dengan jumlah penduduk penduduk yang begitu besar dan didukung dengan jumlah kekayaan alam yang melimpah, seharusnya negara Indonesia menjadi negara besar yang maju dan berkembang. Namun kenyataanya berbanding terbalik, Sampai saat ini, masih banyak hal-hal yang harus dibenahi untuk memajukan bangsa Indonesia ini. 

Pendidikan adalah modal dasar utama untuk membangun sebuah bangsa di suatu negara. Kualitas pendidikan di negara Indonesia semakin tahun semakin meningkat, namun kebiasaan siswa di sekolah untuk membaca buku pengetahuan dan pelajaran tidaklah bertambah meningkat. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kebanyakan siswa di negara Indonesia lebih suka bermain-main dengan teman dan gadget mereka. Seharusnya fasilitas dan kemudahan yang didapatkan dalam memperoleh ilmu pengetahuan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

Selain kualitas pendidikan yang perlu diperbaiki lagi dan kesadaran membaca siswa-siswi di negara Indonesia yang perlu ditumbuhkan lebih besar lagi, ada beberapa faktor lagi yang perlu diperhatikan dalam memajukan kualitas pendidikan di negara Indonesia, yaitu ketersediaan dan kemudahan untuk mendapatkan buku mengenai pelajaran dan ilmu pengetahuan sangatlah penting. Karena untuk menumbuhkan minat baca siswa dibutuhkan ketersediaan dan kemudahan dalam mendapatkan buku bacaan. 

Bahkan, Wakil Ketua Komite III DPD, Fahira Idris juga mengungkapkan, bahwa perbukuan yang baik menjadi salah satu kunci kemajuan bangsa. Sebab, semua negara-negara maju di dunia ini seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Prancis, dan Jerman juga menjadi negara yang mendominasi penerbitan buku dunia.
Baru-baru ini, di negara India harga buku dari penerbit internasional dan ternama sangatlah murah karena tidak kena pajak untuk penerbitan buku. Alhasil, negara India dapat menjelma menjadi salah satu kekuatan dunia yang diperhitungkan. 
"Buku menjadikan mereka menguasai Ilmu pengetahuan. Sedangkan merujuk pada hasil Survei UNESCO pada tahun 2011, indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia harnya 0,001 persen. Artinya, hanya ada satu orang dari 1.000 penduduk yang masih 'mau' membaca buku secara serius," ungkapnya seperti yang dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (1/5/16).

Maret 2016 lalu, Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara pada Most Literate Nations in the World. Sedangkan pada World Education Forum yang berada di bawah naungan PBB, negara Indonesia menempati urutan ke-69 dari 76 negara. Sungguh sangat memprihatinkan, Sudah saatnya kita sebagai warga negara Indonesia untuk bangkit dan memperbaiki kualitas pendidikan bangsa ini.


Minat baca siswa di sekolah maupun diluar sekolah sangat berkaitan erat dengan kualitas pendidikan di negara Indonesia. Rendahnya minat baca di Indonesia juga disebabkan karena sulitnya untuk mendapatkan buku dan harga buku yang tergolong menjadi faktor utama anak-anak didik indonesia malas untuk mempunyai buku dan membacanya.

Sedangkan di negara-negara maju seperti China dan India mereka menyediakan buku murah dalam jumlah banyak bagi warganya sehingga kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan sadar akan ilmu pengetahuan semakin merata.

Tentunya, harapan kita semua sebagai bangsa Indonesia yaitu Pemerintah dapat menyediakan buku murah dalam jumlah banyak sehigga pendidikan di Indonesia yang belum terlalu baik ini dapat diperbaiki lagi kualitas peserta didiknya dengan tersedianya buku murah dalam jumlah banyak. Namun, bukan hanya pemerintah saja yang mengupayakan buku murah sebanyak-banyaknya. Akan tetapi sebagai siswa maupun masyarakat luas, harus dibiasakan dan dididik untuk gemar membaca.

Sekian Terimakasih....
loading...
Penyebab Indonesia Sulit Menjadi Negara Maju Penyebab Indonesia Sulit Menjadi Negara Maju Reviewed by Niko Arisandi on 08:51:00 Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.