Pengumuman Peserta Calon Guru SILN 2016 yang Lolos Kualifikasi

Pengumuman Peserta Calon Guru SILN yang Lolos Kualifikasi

Pengumuman Peserta Calon Guru SILN 2016 yang Lolos Kualifikasi - Pengumuman hasil kualifikasi peserta pendaftar program Guru dan Tenaga kependidikan yang akan dikirim ke luar negeri dalam program Sekolah Indonesia di Luar Negeri tahun 2016. Tepatnya pada bulan April - Mei 2016 bulan kemaren Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran untuk calon Guru dan Tenaga Kependidikan SILN yang rencana akan dikirim ke luar negeri. Dan pada tanggal 26 Mei ini pengumuman hasil seleksinya sudah resmi dikeluarkan.

Latar belakang dibukanya lowongan guru SILN ini yaitu dalam rangka mempersiapkan calon pengganti Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN), salah satunya di; Sekolah Indonesia Cairo, Jeddah, Kota Kinabalu, Makkah, Moscow, Singapura, Yangon yang akan berakhir masa tugasnya. 
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah berhasil menyeleksi 1041 pendaftar yang telah melakukan pendaftaran online pada tanggal 25 April s.d 22 Mei 2016 kemaren. dari jumlah tersebut, terdapat 198 Guru dan Tenaga Kependidikan yang lolos kualifikasi dan telah ditetapkan sebagai pendaftar definitif calon pelamar GTK SILN, adalah sebagai berikut;

Daftar Nama Pendaftar Definitif

Calon Pelamar Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di Luar Negeri yang memenuhi kualifikasi untuk melakukan pemberkasan dokumen Administrasi Tahun Anggaran 2016.


Untuk nama-nama yang lulus selengkapnya bisa dilihat di SINI.

Rencana Kegiatan Seleksi selanjutnya yaitu adalah pada tanggal 25 Mei s.d 10 Juni 2016 akan dilakukan pemberkasan dokumen Administrasi setelah itu pada Minggu ketiga Juni 2016 akan diadakan Seleksi uji kompetensi dan kemampuan bahasa asing dan pada Minggu keempat bulan juni 2016 akan diumumkan hasil finalnya.

Tata Cara Pemberkasan Dokumen Administrasi

1. Calon Pelamar wajib menempatkan semua dokumen berformat PDF yang menjadi syarat kelengkapn berkas ke dalam 1 (satu) folder dengan penamaan, sebagai berikut; [nomor urut pada pengumuman].[nama pelamar]-[NUPTK]-[jenis guru], contohnya pada gambar dibawah ini;

2. Kelengkapan berkas persyaratan yang wajib dipindai ke dalam format PDF, meliputi, antara lain:

  • Surat lamaran yang ditujukan kepada sekretaris jenderal kementrian pendidikan dan kebudayaan RI up. Kepala biro perencanaan dan kerja sama luar neger, kementrian pendidikan dan kebudayaan RI (dengan format PDF);
  • Daftar Riwayat Hidup (format PDF);
  • Pas foto berwarna (pakaian formal) dengan latar belakang (baground) putih, dengan ukuran foto 4x6 (format PDF);
  • KTP dan Akte lahir(format PDF);
  • Ijazah pendidikan terakhir an Transkrip nilai yang dilegalisir (format PDF);
  • NUTK dan Sertifikat profesi pendidikan yang dilegalisir(format PDF);
  • Surat keterangan mengajar dari sekolah/yayasan yang menunjukkan pengalaman mengajar sesuai dengan Mata pelajaran yang diampu minimal 5 tahun (format PDF);
  • Surat rekomendasi berkelakuan baik dari pimpinan institusi sekolah (format PDF);
  • Surat izin dari pimpinan institusi asal untuk mengikuti proses seleksi (format PDF);
  • Sertifikat TOEFL atau IELTS yang masih berlaku (format PDF);
  • Esai tentang deskripsi diri, potensi dan motivasi menjadi Guru sekolah indonesia di luar negeri dalam bahasa inggris sepanjang 2-3 halmaan (font: calibri ukuran:12), kertas A4 (format PDF);
  • Esai tentang deskripsi diri, potensi dan motivasi menjadi guru SILN dalam bahasa Inggris sepanjang 2-3 halaman sepanjang 2-3 halmaan (font: calibri ukuran:12), kertas A4 (format PDF);
  • Salah satu sertifikat/penghargaan keterampilan tambahan pada tingkat nasional selain mengajar (format PDF);
  • SKCK (format PDF);
  • Apabila pelamar telah dinyatakan lulus tetapi tidak menyampaikan kelengkapan berkas untuk penetapan sebagai Guru SILN sampai batas waktu yang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan dinyatkaan batal dan/atau yang bersangkutan dianggap MENGUNDURKAN DIRI.

3. Semua berkas dimasukkan/ditempatkan ke dalam folder sebagaimana dimaksud pada butir C.2, kemudian folder berkas dikompres menjadi seperti contoh berikut:

4. Compressed (zipped) folder yang berisikan kelengkapan berkas calon pelamar wajib diunggah ke dalam dropbox melalui URL Dropbox yang akan didistribusikan kepada para pendaftar melalui alamat email masing-masing, setelah pengumuman ini diunggah di portal kemendikbu.

5. Bagi pendaftar yang dinyatakan telah memenuhi kualifikasi Calon Pelamar Guru SILN Non-PNS, namun belum menerima informasi URL melalui email, dipersilahkan menghubungi Sekertariat panitia seleksi melalui no.Telp 021 5707244 atau 021 5711144 # 2610. Pelamar dimohon tidak mengirimkan berkas fisik apapun pada tahapan ini kepada Kemendikbud.

6. PELAMAR TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN. Pelamar dimohon tidak terpancing oleh tawaran dari oknum manapun yang mengaku dapat membantu pelamar dapat diterima sebagai Guru SILN. 


KETENTUAN LAIN
  • Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan
  • Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuai dengan fakta atau melakkan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi Guru SILN maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai Guru SILN.
  • Apabila pelamar telah dinyatakan lulus tetapi tidak menyampaikan kelengkapan berkas untuk penetapan sebagai Guru SILN sampai batas waktu yang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.
  • Panitia seleksi tidak melayani komunikan dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada portal resmi Kemendikbud RI. 

Pengumuman Peserta Calon Guru SILN 2016 yang Lolos Kualifikasi  Pengumuman Peserta Calon Guru SILN 2016 yang Lolos Kualifikasi Reviewed by Niko Arisandi on 03:58:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.