Pendaftaran Belajar Bersama Maestro 2018 sampai 2 Juni

Pendaftaran Belajar Bersama Maestro 2018 - Pada tahun 2018 ini Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan KEbudayaan (Kemendikbud) telah membuka kesempatan kepada pelajar SMA/SMK yang saat ini sedang duduk di kelas X dan XI untuk ikut belajar dan tinggal bersama sang Maestro Kebudayaan selama liburan sekolah tahun 2018 ini. Pendaftaran calon peserta sudah dibuka semenjak tanggal 1 Mei 2018 kemaren sampai batas terakhir tanggal 2 Juni 2018.

Belajar Bersama Maestro adalah sebuah program yang merupakan sebuah upaya pelestarian kebudayaan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan para 'Maestro Kebudayaan' untuk menyiapkan pendidikan kebudayaan yang memberikan pengetahuan budaya, keterampilan budaya, dan pembangunan karakter kepada masyarakat terutama generasi muda Indonesia. Diinisiasi pada tahun 2015, Belajar Bersama Maestro yang kemudian disingkat menjadi BBM memberikan kesempatan kepada peserta didik (siswa) melalui pendidikan kebudayaan dengan magang pada 'Maestro Kebudayaan' selama liburan sekolah.


Pendaftaran Belajar Bersama Maestro 

Syarat & Ketentuan Menjadi Peserta BBM
Peserta didik (siswa) yang dapat mendaftar menjadi Calon Peserta BBM adalah:
  1. Peserta adalah siswa/siswi kelas X dan XI SMA dan SMK swasta dan negeri di seluruh Indonesia yang memiliki NISN.
  2. Menggunakan media sosial secara aktif (facebook/instagram/twitter);
  3. Menunggah foto dan menautkan video hasil karya 
  4. Mengunggah sertifikat
  5. Pengalaman dalam mengikuti kegiatan kesenian (berperan aktif di bidang kesenian). 
  6. Bersedia ditempatkan ke maestro disesuaikan dengan kompetensi.
  7. Mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah yang bersangkutan.
  8. Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter dan surat bebas narkoba.
  9. Melampirkan surat pernyataan persetujuan dari orang tua.
  10. Peserta belum pernah mengikuti kegiatan BBM.
Alur Pendaftaran BBM
  1. Peserta didik bisa mendaftar melalui website http://bbm.kemdikbud.go.id
  2. Setelah itu peserta didik memasukkan NISN di sekolah 
  3. Mengupload Video keterampilan yang sesuai dengan pilihan magang ke Youtube
  4. Melampirkan sertifikat prestasi, surat keterangan sehat dan bebas narkoba serta surat rekomendasi dari sekolah
  5. Pendaftaran dimulai tanggal 15 Mei - 2 Juni 2018
Jadwal Kegiatan 

Pendaftaran Peserta : 15 Mei - 2 Juni 2018.
Seleksi Peserta : l 4 - 8 Juni 2018.
Pengumuman Peserta Lolos Seleksi :  13 Juni 2018.
Daftar Ulang Peserta : 18 - 22 Juni 2018.


Maestro-Maestro Kebudayaan yang akan diikuti antara lain adalah:
AMAQ RAYA adalah seorang maestro Tari dengan karya tari: Tari Pidata, Tari Pakon Tari Kembang Jagung, Gending Semar Geger, Gending Pemban Selaparang.

NI KETUT ARINI adalah seorang maestro Tari dari pulau Dewata Bali, dengan Karya tari: Tari Dharma Putri, Tari Galang Kasih, Tari Legong Kreasi Suprabha Duta.

TEMU MISTI adalah seorang maestro tari dai banyuwangi yang terkenal dengan tarian Gandrung. 

TOM IBNUR adalah seorang maestro tari yang lahir di Padang Sumatera Barat adalah seorang penata tari (kreografer) Indonesia. 

SIRAJUL HUDA adalah seorang maestro seni pertunjukan. Beliau lahir di Banjarmasin dan juga telah menjadi Ketua PEPADI Prov. Kalimantan Selatan dan Ketua Harian Dewan Kesenian Kota BanjarBaru

NANO RIANTIARNO adalah seorang maestro seni Pertunjukkan. Nano adalah seorang aktor, penulis, sutradara, wartawan dan tokoh teater Indonesia, pendiri Teater Koma (1997).

DJADUK FERIANTO adalah seorang maestro seni musik. Beliau adalah seorang aktor, sutradara dan musikus. 

PUTU SUTAWIJAYA adalah seorang maestro seni rupa. Salah satu karyanya yang cukup terkenal adalah ilustrasi pada novel Anak Bajang Mengiringi Angin Karya Sindhunata. Beliau juga telah mendapatkan beberapa penghargaan dari Departemen Seni Rupa, ISI , Yogyakarta. 

I MADE SIDIA adalah seorang maestro seni pertunjukan. Beliau menjadi Direktur Paripurna Art Company, Bona, Gianyar dan pada tahun 2002 menjadi Direktur Produksi Teater Dept Arts Institute Denpasar. 

SUNDARI SOEKOTJO adalah seorang maestro seni musik. Beliau adalah seorang penyanyi keroncong dari Indonesia. Pernah mengajar sebagai guru kesenian di SMA 38 Jakarta. Saat ini Sundari menjabat sebagai Ketua Hamkri (Himpunan Musik Keroncong Indonesia) DPD DKI dan Ketua Yayasan Keroncong Indonesia (Yakin). 

Itulah tadi beberapa nama sang maestro yang akan memberikan ilmu dan pengalaman kepada peserta magang bersama sang maestro pada tahun 2018 ini. Jika Anda mencintai seni dan kebudayaan Indonesia dan ingin mengembangkan bakat, silahkan daftar saja dan mempersiapkan beberapa syarat dan ketentuan dalam pendaftaran, salah satunya adalah Anda harus mempunyai salah satu contoh video yang nantinya akan diunggah di Youtube. Video tersebut juga sebagai acuan dalam proses seleksi penerimaan calon Peserta BBM tahun 2018 ini. 

Cukup sekian dari kami, mudah-mudahan informasi mengenai Pendaftaran Belajar Bersama Maestro tahun 2018 ini bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan pernah takut untuk mencoba, Berdo'alah di setiap usaha yang kalian lakukan. Selamat Mencoba dan semoga berhasil...
Pendaftaran Belajar Bersama Maestro 2018 sampai 2 Juni Pendaftaran Belajar Bersama Maestro 2018 sampai 2 Juni Reviewed by Niko Arisandi on 19:49:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.